Berlibur ke Pulau Alor, Keindahan Salah Satu Garis Terluar Indonesia

              611 Views

(sumber foto:flickr.com)

Pulau Alor adalah titik perbatasan paling Selatan antara Indonesia dengan Timor Timur. Di salah satu pulau terluar Indonesia ini, kamu bisa melihat betapa Tuhan menciptakan alam Pulau Alor dengan indahnya.

Meski tempatnya berada di perbatasan, namun untuk menuju Pulau Alor tidaklah sulit. Sebelum menuju Alor, kamu harus naik pesawat Nam Air ke Kupang dulu, baru melanjutkan perjalanan ke Pulau Alor. Cara cari tiket pesawat Nam Air gampang banget, klik https://www.traveloka.com/nam-air dan temukan rute tujuan dengan mudah.

Dari sini, ikuti beberapa tips biar liburanmu ke Alor tidak berantakan. Apa saja?

Cek Jadwal Transportasi Kupang – Pulau Alor

Tidak setiap saat tersedia kapan laut atau pesawat kecil menuju Pulau Alor. Dan moda transportasi apapun masih juga ditentukan oleh bagaimana cuaca di lokasi saat itu.

Sebelum berangkat, pastikan sudah cek jadwal keberangkatan pesawat dan kapal menuju Alor. Pastikan pesawat Nam Air sampai di Bandara El Tari beberapa jam sebelum jadwal keberangkatan menuju Alor. Karena kalau sampai ketinggalan jadwal, kamu harus menunggu hingga keesokan harinya.

 

(sumber foto:indonesiaituindah.com)

Snorkeling dan Diving

Alor punya banyak spot indah untuk diving, dan hampir semua tempat memiliki pemandu yang profesional. Salah satu spot yang paling terkenal adalah Coconut Groove, yang memiliki air laut super jernih dengan pemandangan bawah laut yang sangat indah. Kalau sedang beruntung, kamu bisa bertemu dengan ikan mola-mola di sini.

Kalau tidak memiliki izin menyelam, kamu masih bisa menikmati bawah laut Alor dengan snorkeling. Atau sekedar berjemur di pantai pun sudah cukup menyenangkan, terlebih ketika matahari mulai terbenam dan laut berubah warna jadi jingga keemasan.

Merasakan Tidur di Rumah Adat

Bukan di rumah adat yang sebenarnya, melainkan resort yang dibangun dengan bentuk mirip rumah adat Alor. Untuk menikmatinya, kamu bisa menuju Pulau Alor Kecil yang penyeberangannya dari Alor Besar tidak memakan waktu lama.

Resort ini bersih, dengan pemandangan pantai dan kebun kelapa yang menghampar luas dengan cantiknya. Suasananya pun lebih tenang dibanding dengan Alor Besar yang sudah ramai dan lebih modern.

 

(sumber foto:otonomi.co.id)

Melihat Kehidupan Adat di Alor

Pulau Alor memiliki banyak desa adat yang masih terjaga sampai sekarang. Di beberapa desa kamu bisa menemui para perajin kain tradisional yang ditenun dengan cara manual. Harganya memang cukup mahal, tapi sepadan dengan indahnya kain-kain itu.

Selain itu, kamu juga bisa belanja oleh-oleh berbagai makanan dan hasil bumi khas Pulau Alor. Salah satunya adalah buah kenari yang menjadi komoditas utama di Alor. Pulau ini juga dikenal dengan madu hitamnya, yang asli diambil dari lebah hutan.

Waktu Terbaik Liburan ke Alor

Untuk mendapatkan momen yang paling pas dan acara jalan-jalan tidak terhalang cuaca, pastikan kamu liburan ke Pulau Alor ketika musim kemarau. Setelah bulan Maret dan sebelum bulan November adalah waktu yang paling pas untuk menuju ke sana.

Selain menghindari hujan yang tiada henti, liburan di musim kemarau juga memperbesar kemungkinan untuk bertemu dengan biota-biota laut yang cantik dan beragam. Mereka semua akan hilang ketika badai menghantam lautan Pulau Alor.

Dengan banyaknya penerbangan ke Kupang, liburan ke Pulau Alor sudah bukan hal yang sangat sulit lagi. Namun pastikan jadwalmu tepat dan selalu cek cuaca di lokasi tujuan sebelum memutuskan untuk berangkat. Happy holiday…

loading...
Tags: