Travel Smart Planner

              3015 Views

20140906_151552-picsay~2[1]

Jakarta, 16 september 2014 – Skyscanner, situs pencarian perjalanan global terkemuka hari ini mengadakan workshop “smart travel planning” untuk pertama kalinya dengan beberapa parner Skyscanner di Indonesia yaitu Garuda Indonesia dan Tiket.com dan di dukung oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonom Kreatif Republik Indonesia di hotel Pullman Jakarta Central Park. Acara ini terselenggara untuk mengedukasi mesyarakat Indonesia yang gemar liburan untuk bisa merencanakan liburan dengan cara pintar sehingga banyak mendapatkan keuntungan dari perencanaan perjalanan liburan itu sendiri.

“Trend Digital saat ini telah merubah cara wisatawan dalam merencanakan liburan mereka. Saat ini banyak wisatawan yang mengadalkan pencarian secara online untuk merencanakan liburan. Sekitar dua juta orang Indonesia melakukan pencarian mengenai travel di Google setiap harinya dan pencarian untuk penerbangan adalah yang terbanyak diikuti dengan pencarian hotel. Meningkatnya penetrasi internet di Indonesia (15% di tahun 2014) juga di dukung dengan penetrasi telepon gengam atau smarphone sebanyak 112% di tahun 2014 dan jumlah pengguna smarphone adalah 61 juta orang.Skyscanner juga dapat melihat dampaknya pada jumlah aplikasi mobile Skyscanner yang di unduh di Indonesia yang meningkat lebih dari 100% dari tahun ke tahun,” Kata”Tika Larasati Marketting Skyscanner Indonesia.

Berdasarkan kebutuhan wisatawan, factor lain bisa disediakan oleh skyscanner yang dapat membantu persiapan liburan mereka anatara lain fasilitas info harga untuk mendapatkan perkembangan perubahan harga tiket pesawat melalui email, fitur pencarian tiket untuk jumlah perhentian, lama perjalanan, lama keberangkatan dan pilihan maskapai, sehingga pengguna dapat memilih penerbangan terbaik sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain pencarian dan perbandingan tiket pesawat, wisatawan bisa mendapatkan informasi seputar hotel dan sewa mobil di tempat tujuan wisata yang semakin memudahkan dalam merencanakan liburan.

“Wisatawan telah pintar memilih penerbangan yang sesuai dengan kebutuhan , namun masih banyak juga yang memilih berdasarkan harga, padahal, harga bukanlah satu-satunya factor yang menentukkan sebuah penerbangan terbaik. Jam kenerangkatan dan kedatangan, lama waktu terbang, banyak dan lama perhentian, juga merupakan factor yang harus diperhatikan untuk mendapatkan pengalaman terbang terbaik, terutama untuk liburan jarak jauh yang singkat.” Kata Anna Evrida, Sr. Manager Digital marketing, garuda Indonesia.

“Skyscanner melihat bahwa trend wisata yang digemari generasi muda Indonesia adalah mengunjungi daerah yang belum banyak didatangi oleh wisatwan umum, sehingga mereka berkesempatan untuk menginspirasi orang lain dengan bergabagi di social media, seperti yang terlihat dalam pencarian tujuan wisata di Skyscanner di mana Timor Leste menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang mulai banyak digemari di tahun 2013. Hal inilah yang menjadikan situs Skyscanner dapat memeprmudah wisatawan dalam merencankan liburan terutama mencari pilihan pernerbangan ke tempat yang eksotis seperti dari Makasar ke Tna Toraja “ kata Tika.

“Walaupun penetrasi kartu kredit di Indonesia masih tergolong kecil, Yaitu sebesar 5% namun partner local seperti Tiket.com memberikan kemungkinan bagi pengguna Skyscanner untuk melakukan pembayaran online dengan metode kartu kredit seperti BCA,Transfer ATM atau e-banking yang lebih popular di kalangan masyarakat Indonesia.”Kata Dimas Surya Yaputra, Cofounder & Commercial Director Tiket.com.

Dengan Semakin bertambahnya pilihan pesawat bertarif rendah ke luar negeri, data Skyscanner dari tahun ke tahun terus menunjukkan bahwa 80% PENCARIAN di Indonesia adalah penerbangan domestic.”Indonesia adalah Negara kepulauan yang terdiri dari 17 ribu pulau sehingga kebutuhan untuk terbang sangat penting. Masih banyak destinasi local yang tak kalah cantiknya dengan destinasi di luar. Media social, penulis travel dan travel blogger juga berperan dalam memasarkan tempat-tempat ini selain Kemenparekraf RI. Situs Indonesia. Travel pun menyediakan beragam informasi yang di dapat menginspirasi explorasi nusantara.” Kata Ratna Suranti, Direktur Pencitraan Indonesia, Kementerian Parwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Dibawah Foto-Foto dari Peserta workshop Skysacnner :

skyscanner workshop

20140906_150430-picsay[1]

 

 

20140906_150320-picsay[1]

 

20140906_112030-picsay[1]

 

 

20140906_115515-picsay[1]

 

20140906_124254-picsay[1]

 

20140906_123307-picsay[1]

 

20140906_215544~2-picsay[1]

 Oleh-oleh dari workshope

Terima kasih kepada @SkyscannerID  @Indtravel  @indonesiagaruda  @tiket @DellIndonesia  yang telah mengundang kita di acara workshop Skyscanner ini.

Rate this article!
Travel Smart Planner,0 / 5 ( 0votes )
Tags:
author

Author: