Air Terjun Curup Tujuh, Wisata Eksotis di Lampung

  • Whatsapp
Foto:@atte_niea_septia

Bumi Sumatera termasuk provinsi Lampung memiliki kekayaan alam yang luar biasa indahnya, dan lengkap sekali wisata alam yang ada di Lampung itu, mulai dari pantai dan pulau-pulau kecilnya, aneka koleksi hewan dan tanamannya, juga dengan sungai dan air terjunnya yang tak kalah indahnya. Banyak dari kekayaan alam nan indah itu yang belum dikelola dengan secara maksimal sehingga banyak para wisatawan yang bahkan belum tahu dengan keberadaannya. Salah satunya ialah Air Terjun Curup Tujuh.

Baca Juga: Liburan di Lampung, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Bacaan Lainnya

Lokasi Air Terjun Curup Tujuh, Lampung

Air terjun Curup Tujuh lokasinya berada di Marga Jaya, Selagai Lingga, di Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Kode pos 34176, Indonesia.

Destinasi Wisata alam Air Terjun Curup Tujuh ini adanya di kawasan hutan lindung yang ada di Desa Margajaya Kecamatan Padangratu, Kabupaten Lampung Tengah, Untuk harga tiket masuk wisata Air Terjun Curup Tujuh sebesar Rp.5.000 dan bila kamu mengendari sepeda motor maka akan dikenakan parkir sebesar Rp.5.000. Jadi toal kesini kamu harus merogoh kocek sebesar Rp.10.000 belum termasuk uang jajan dan transportasi ia sobat Triper

Rute Menuju Air Terjun Curug Tujuh, Lampung

Air Terjun Curug Tujuh jaraknya cukup jauh jika dari Kota Bandar Lampung yakni diperkirakan jaraknya sekitar 120 km hingga 140 km, dengan waktu tempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam hingga 4 jam. Jaraknya sekitar 135 kilometer kalau dari bandara Radin Intan, bisa dicapai dengan menggunakan mobil pribadi lalu perjalanan selanjutnya bisa menggunakan motor trail sewaaan guna menuju batas hutan lindung dimana air terjun tersebut berada. Kemudian sesudah menempuh perjalanan jungle track dengan waktu tempuh selama sekitar 15 menit dari Curug Satu, maka lalu perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki hingga sampai di Curug Tujuh.  Suatu perjalanan yang unik dan memicu adrenalin.

Fasilitas di Air Terjun Curug Tujuh, Lampung

Fasilitas yang ada di destinasi Wisata Air Terjun Curup Tujuh di Lampung Tengah, Lampung ini dapat dikatakan sudah cukup memadai, yakni antara lain karena sudah ada area untuk Parkir kendaraan, juga tersedia mushola serta dengan toilet atau Kamar mandi tempat bilas. Termasuk juga telah tersedianya persewaan motor trail guna menuju ke tempat ini. Kalau mau camping juga tersedia lahan perkemahan. Hanya saja alat atau tenda kemahnya belum ada yang menyediakan persewaannya  jadi harus membawa sendiri  juga dengan bekal makanannya, harus bersiap untuk membawanya sendiri.

Hal Menarik di Air Terjun Curug Tujuh, Lampung

Setelah menempuh perjalanan cukup panjang maka akan segera terbayarkan dengan adanya pemandangan berupa terjunan air setinggi sekitar 30 meter yang terlihat di depan mata  dengan suara menenangkan percikan airnya. Masih belum banyak yang tahu dengan adanya air terjun yang indah ini  jadi masih bisa dengan secara leluasa menikmati keindahan wisata alam yang masih alami ini. Sumber mata air dari Air Terjun Curup Tujuh ini asalnya dari sumber mata air dari tujuh aliran air yang ada di Lampung Tengah, yakni tepatnya ialah yang berasal dari hulu Sungai Way Seputih.

Air terjun Curup Tujuh ini terdiri dari tujuh tingkatan air terjun dengan ketinggian total sekitar 75 meter. Sejak dari awal perjalanannya saja sudah unik dan menarik, merasakan menjelajahi hutan dengan menggunakan motor trail lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri alam yang masih natural dengan udaranya yang masih sejuk alami, segar dan menyehatkan. Benar-benar bisa membuat hilang rasa kebosanan dari aktivitas sehari-hari. Air terjun ini berada di kawasan hutan lindung jadi sebaiknya turut dijaga kelestarian serta kebersihannya dengan tidak membuang dan meninggalkan sampah di tempat yang asri ini, dan tak perlu membawa hal-hal yang bisa merusak keindahan alamnya  cukup bawa saja sebanyak-banyaknya foto koleksi untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan yang bisa disimpan hingga seumur hidup. Berwisata ke Air terjun Curup Tujuh ini bisa disebut sebagai jenis wisata anti mainstream, keunikannya sudah dimulai sejak mengawali perjalanannya menuju ke tempat ini, apalagi jika dilanjutkan dengan berenang di dalam airnya yang jernih, serta bermalam di tengah hutan lindung yang asri ini selain menyantap bekal makanan yang dibawa  yang akan terasa sangat nikmat sekali  dalam nuansa yang berbeda dari biasanya, di tengah alam yang masih natural sekali.

Begitu banyak destinasi wisata alam yang masih natural, belum banyak tersentuh modernisasi di Lampung ini yang menarik untuk dieksplore, sangat sayang jika dilewatkan begitu saja pada saat mengunjungi provinsi Lampung, di pulau Sumatera ini. Apalagi sebenarnya jaraknya cukup dekat dengan ibukota Jakarta, tapi suasananya bisa terasa begitu berbeda.

Pos terkait