Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Gringsing Tegalombo

  • Whatsapp

Pernah mendengar air terjun Gringsing? Air terjun Gringsing biasanya lebih dikenal dengan nama jurug Gringsing ( dalam bahasa Jawa, jurug artinya air terjun ). Air terjun Gringsing sendiri berada di desa Ploso, kecamatan Tegalombo, kabupaten Pacitan di Jawa Timur.

Baca Juga: 23 Air Terjun di Wonogiri, Siap Untuk di Explore

Muat Lebih

Air terjun dengan ketinggian sekitar 20 meter ini, sangat mempesona dan menarik perhatian wisatawan. Hal ini dapat dibuktikan dari banyaknya pengunjung yang berkunjung ke lokasi air terjun ini. Selain itu, walaupun air terjun Gringsing baru resmi dibuka tahun 2018. Namun air terjun Gringsing telah menjadi salah satu wisata unggulan di daerah Tegalombo, Pacitan.

Akses dan Tiket Masuk

Akses masuk ke wisata air terjun Gringsing cukup mudah. Hal ini dikarenakan letak air terjun yang tidak jauh dari tepi jalan utama desa Ploso. Namun karena letak desa Ploso yang berada di perbatasan Pacitan – Ponorogo, maka tak heran jika wisata air terjun berada jauh dari pusat kota Pacitan.

Jarak air terjun dari pusat kota sekitar 51 kilometer, atau dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai di lokasi air terjun Gringsing berada. Tapi kamu tidak perlu khawatir. Walaupun harus menempuh perjalanan yang cukup jauh, kamu bisa menggunakan berbagai transportasi umum untuk menuju air terjun. Beberapa transportasi umum yang bisa kamu gunakan, yaitu bis dan travel.

Namun jika kamu kurang nyaman bepergian dengan transportasi umum, menggunakan kendaraan pribadi pun tidak menjadi masalah yang besar. Hal ini dikarenakan biaya parkir di daerah air terjun Gringsing masih tergolong ramah di kantong. Untuk parkir sepeda motor, kamu cukup membayar 2 ribu rupiah per motor. Sedangkan untuk parkir mobil, kamu cukup membayar 5 ribu rupiah per mobil. Bagaimana? Murah meriah kan?

Selain harga parkir yang masih ramah di kantong, harga tiket masuk ke dalam wisata air terjun pun cukup bersahabat. Untuk masuk ke wisata air terjun Gringsing ini, kamu cukup merogoh kocek sebesar 5 ribu rupiah per orang ketika weekday. Sedangkan untuk weekend kamu cukup membayar sebesar 10 ribu rupiah per orang.

Penginapan di sekitar

Bagi para traveler maupun wisatawan yang berasal dari luar daerah Pacitan, pasti penginapan menjadi salah satu hal yang sangat krusial. Namun bagi kamu yang akan berkunjung maupun berwisata ke air terjun Gringsing, jangan khawatir dan jangan bimbang tentang penginapan lagi. Hal ini karena banyak sekali ditemukan penginapan di daerah sekitar air terjun Gringsing.

Ada berbagai macam jenis penginapan yang dapat kamu jumpai. Ada penginapan yang tergolong kelas biasa saja namun nyaman dan aman. Ada pula hotel berbintang yang memiliki fasilitas super lengkap dan mewah. Sehingga kamu bisa lebih leluasa memilih penginapan yang sesuai dengan kehendakmu.

Rentang harga yang ditawarkan oleh penginapan maupun hotel di sekitar tempat wisata ini, cukup beragam. Ada penginapan yang memberikan harga sewa sebesar 150 ribu sampai 450 ribu per malam. Bahkan ada beberapa hotel berbintang tinggi yang memberikan sewa kamar sebesar 500 ribu ke atas untuk semalam.

Namun bagi kamu yang memiliki budget pas-pasan jangan khawatir. Hal ini dikarenakan ada beberapa penginapan yang memberikan harga di bawah 100 ribu per malam. Bagaimana? Cukup menarik bukan? Harga yang ditawarkan tersebut, tentunya telah disesuaikan dengan fasilitas dan kenyamanan yang diperoleh. Namun jangan khawatir karena harga penginapan dan hotel di sekitar objek wisata tidak akan menguras kantong.

 

Pos terkait

Loading...