Batik Day

              3038 Views

image

Hari Batik Nasional memasuki tahun kelima. Rakyat Indonesia kebanyakan merayakan Hari Batik ini dengan mengenakan pakaian bernuansa batik.

Jajaran pemerintah juga diharuskan memakai batik untuk hari ini untuk memeringati batik nasional.dari pemerintahan pusat sampai daerah hal ini di ungkapkan oleh pemimpin rapat paripurna semalem di gedung DPR MPR.

Tak mau kalah, Google pun ikut memeriahkan Batik Day tahun ini dengan membuat Doodle khusus di halaman mesin pencari Google Indonesia (google.co.id).

image

Google Doodle, hari ini Kamis (2/10/2014), menampilkan gambar enam orang yang mengenakan pakaian dengan berbagai corak batik. Enam orang berbatik tersebut menggantikan logo atau tulisan Google yang biasa dipajang di situs Google Indonesia.

Tak hanya tampilan bernuansa berbatik, saat Doodle diklik, pengguna akan menemukan hasil pencarian terkait dengan informasi terbaru Hari Batik Nasional.

Tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional, setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 17 November 2009 menerbitkan Keputusan Presiden No. 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional.

UNESCO mengakui batik sebagai “Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009, lewat keputusan komite 24 negara yang bersidang di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Jadi hari ini hari batik nasional plus internasional karena sejak 2009 batik di akui oleh dunia dengan ketetapan yang di bicarakan oleh badan UNESCO di Abu Dhabi (2-10-2009).

“Selamat hari batik” semoga dengan hari batik yang setiap tahun di peringati ini membawa dampak baik ke perekonomian nasional.

Rate this article!
Batik Day,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: