Pengesahan UU Kelautan NKRI

image

Negara Indonesia akhirnya memlilki UU kelautan.kerja keras pemerintah telah berhasil menancapkan tonggak sejarah dalam pengelolaan laut di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan disahkannya Undang-undang (UU) Kelautan oleh DPR, Senin (29/9/2014).

Bacaan Lainnya

“UU ini juga diharapkan dapat menegaskan identitas Indonesia sebagai negara kepulauan dan maritim,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo usai menghadiri Sidang Paripurna DPR RI di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa (29/9/21014).

Ini yang menjadi pertama kalinya Indonesia memiliki UU Kelautan setelah 69 tahun merdeka. Selain itu, UU Kelautan ini merupakan produk hukum pertama yang dihasilkan DPR RI bersama pemerintah dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Hal itu dinilai sebagai langkah maju bangsa Indonesia, sekaligus menandai dimulainya kebangkitan Indonesia sebagai bangsa bahari yang kini tengah bercita-cita menjadi Negara Maritim.

Hal tersebut juga menyalurkan akan misi presiden terpilih bpk jokowi yang akan membenahi transportasi laut serta perbaikan perekonomian kelautan RI.

Semoga dengan di tetapkan UU kelautan ini indonesia sebagai negara yang terdiri dari beribu pulau dapat memakmurkan rakyat serta kebijakan yang mengatur tentang hasil kelautan lebih bijak.

Indonesia sendiri dikutip dari departemen dalam negeri bahwa negara ini memliki 17.504 pulau dimana 7.870 sudah diberi nama sedangkan sisanya 9.634 belom dikasih nama(2004).

Jadi RI sekarang akn lebih tegas kepada orang-orang yang melanggar perihal kelautan apalagi tahu sendiri negara ini kurang dlm penegasan wilayah perbatasan dengan disahkan UU ini semoga kedaultan dan penjagaan,pembenahan pulau-pulau terluar lebih diperhatikan.

Pos terkait