Gila Bahasa Jawa Mendunia Broo!!! Bandara Dubai Gunain Jawa Halus Untuk Informasi Penerbangan

              1015 Views

Ada kabar baik untuk bangsa Indonesia bahwasanya bahasa jawa digunakan oleh negara Dubai untuk informasi penerbangan tujuan Jakarta, sobat triper bisa kalian melihat story instagram @wahyupratomo atas kejadian itu wahyu merasa kaget karena informasi penerbangan menggunakan bahasa jawa sehingga wahyu menggungah ke story instagramnya atau bisa di acount Youtube

Via: BBC Indonesia

Gambar diatas menunjukkan ekspresi wahyu saat mendengar informasi penerbangan tujuan Jakarta menggunakan bahasa jawa. Bahasa jawa sendiri sekarang sudah mulai pudar diterkam kemajuan zaman banyak orang tua yang menyarankan berbahsa Ingrris misalnya dibanding untuk belajar bahasa jawa. Bahasa jawa alus sendiri memang agak sulit dipelajari karena menggunakan tata krama dan penyampain yang halus dan mengerti tandak tunduknya. Bahasa jawa juga terdiri dari beberapa golongan dan setiap golongan juga beda cara penyampainnya semisal yang paling halus adalah Solo dan Yogyakarta di dua kota besar ini bahasa jawa sangat halus, kalo ora percoyo monggo tumindak meyang solo karo Yogya ngeh ben weruh dewe. Untuk daerah lain semisal perbatasan jawa tengah jawa barat juga sudah beda ini tergolong bahasa jawa kasar.

Dari kejadian ini kita bisa menangkap hikmahnya kita sebagai warga Indonesia harus menjaga budaya yang telah di wariskan oleh nenek moyang kita, negara lain saja peduli masak kita tidak sebagai orang pribumi.

Tags: