Kebun Binatang Ragunan, Wahana dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
kebun binatang ragunan

Liburan akhir tahun segera tiba nih? Mau rencana liburan kemana nih? Kalau Anda ingin berlibur ke tempat yang dekat-dekat aja dan low budget, yuk ke Kebun Binatang Ragunan. Di sini gak hanya melihat koleksi hewan dari seluruh dunia, tapi ada beberapa wahana yang bisa Anda nikmati.

Baca Juga: 17 Pulau-Pulau Indah di Kawasan Pulau Seribu

Bacaan Lainnya

  • Informasi Umum Tentang Kebun Bintang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan menjadi salah satu objek wisata yang terkenal di kota  Jakarta. Kebun Binatang ini berada di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Area ini menempati lahan kurang lebih sekitar 140 hektar dan mempunyai banyak koleksi satwa. Ada sekitar 295 sampai 4040 spesies satwa yang ada di sini.

Baca Juga: Taman Mini Indonesia Indah, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Keunikan Kebun Binatang Ragunan

Selain menawarkan berbagai macam satwa yang bisa Anda nikmati, tempat wisata ini juga menawarkan berbagai macam wahana wisata yang menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan untuk datang ke sini. Berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Taman Refleksi

Tentunya tidak banyak orang yang tahu jika di kebun binatang Ragunan ada beberapa fasilitas atau tempat yang memang khusus disediakan untuk refleksi. Namanya adalah  Taman Refleksi. Tempat ini berada di Central Area Prinat Schmutzer yang berbentuk sebuah taman yang memiliki beragama batu-batuan yang sengaja dirancang khusus untuk refleksi. Ada banyak pengunjung yang datang kemari terutama pada pagi dan sore hari

Para pengunjung juga bisa menikmati Taman Refleksi ini sebagai sebuah area olahraga, relaksasi dan mengabadikan gambar ke dalam sebuah lensa kamera. Di bagian tengah kolam ini terdapat icon orang Iran dan patung gajah dan komodo dengan ukuran super duper besar.

  1. Taman Satwa Anak

Taman satwa anak merupakan sebuah jenis taman yang menampilkan berbagai macam satwa yang disukai anak-anak. Misalnya  saja, ikan Arapaima yang merupakan sebuah ikan raksasa yang besar tubuhnya mencapai 100 kg, burung kakaktua yang pintar bernyanyi dan berbicara, mini terarium dengan isi ular condrophytin yang memiliki warna seperti pelangi , beberapa jenis hewan satwa pengerat, jaring laba-laba dan sebagainya.

Semua hewan di tempat ini dipastikan sangat jinak dan akan membuat anak-anak akan semakin betah. Harga tiketnya murah terjangkau loh. Anda hanya cukup membayar Rp. 2500 saja untuk sekali masuk ke area ini.

  1. Aquarium Arapaima

Arapaima adalah jenis ikan raksasa yang berasal dari Amazon. Di Ragunan terdapat aquarium besar yang berisi ikan ini. Aquarius ini banyak menyedot minat para pengunjung untuk melihat keunikan yang dimiliki. Selain itu, tempat ini juga akan memberikan edukasi atau pendidikan tentang binatang air tawar..

  1. Gajah Tunggang

Apakah Anda pernah membayangkan bagaimana rasanya baik gajah? Wah, pasti  menyenangkan ya walaupun sedikit tegang. Nah, di margasatwa Ragunan ini Anda bisa mencoba deh untuk naik gajah berkeliling area Ragunan. Tentu saja tidak sendiri. Anda akan di dampingi oleh pawangnya langsung. Selain gajah, Anda juga bisa naik unta dan binatang lainnya.

  1. Penyewaan Sepeda

Malas jalan kaki keliling Ragunan? Nah, Anda bisa naik sepeda loh sembari berkeliling Ragunan. Di tempat ini menyediakan jasa penyewaan sepeda yang siap menemani Anda berkeliling Ragunan.  Pasti akan lebih seru ya.

  1. Taman Perahu Angsa

Taman perahu Angsa merupakan sebuah jenis danau buatan yang mempunyai luas kurang lebih  2000 meter persegi. Di tengah-tengahnya terdapat sebuah pulau buatan yang dinamakan sebagai Taman Perahu Angsa. Ini karena Anda bisa menyusuri kolam dengan menggunakan perahu Angsa.

  1. Pentas Satwa

Selain melihat beraneka ragam binatang, Anda juga melihat atraksi pentas Satra. Misalnya saja adalah pentas atraksi burung kakaktua yang pandai memainkan gelang warna dan juga atraksi beruang yang sangat pandai bermain sepeda.

Atraksi tersebut dikemas dengan sangat bagus sehingga sangat menghibur para pengunjung. Atraksi ini biasanya berlangsung mulai dari jam 10.00 – 15.00 dengan harga tiket sebesar Rp. 4000 rupiah saja.

  • Kegiatan di Wisata Kebun Bintang Ragunan

Selain melihat hewan, di kebun binatang ini  Anda juga bisa mengajak buah hati Anda untuk belajar edukasi mengenai hewan. Di setiap kandangnya sudah terdapat berbagai penjelasan yang lengkap mengenai deskripsi hewan tersebut. Selain itu, ada juga loh tempat outbound dan taman bermain anak. Sehingga, anak bisa bermain – main dengan aman di sini.

  • Harga Tiket ke Kebun Bintang Ragunan
tiket masuk kebun binatang ragunan
Foto:@vrntk

Untuk harga tiket masuk kebun binatang ragunan terbaru update pertanggal 14 Desember 2020 bisa sobat Triper lihat tabel dibawah ini:

NoKeteranganTarif
1DewasaRp.4.000/orang
2AnakRp.3.000/orang
3Tarif Penitipan Kendaraan/Parkir
4Bus Besar, Truk, Dan Mobil BoxRp.15.000/hari
5Bus Kecil, Truk Kecil, Mobil Box Kecil dan Pick UpRp.12.500/hari
6Mobil Sedan, Minibus/Sejenis,Rp.6.000/hari
7Sepeda Motor dan Kendaraan Roda TigaRp.3.000/hari
8Sepeda1.000/hari
9Pemakaian Fasilitas Wahana/Fauna
10Kuda TunggangRp.5.000/satu keliling
11Onta TunggangRp.7.500/satu keliling
12Taman Satwa AnakRp.2.5000/satu keliling
13Perahu AngsaRp.18.000/satu keliling
14Kereta KelilingRp.10.000/satu Keliling
15Sepeda TunggalRp.10.000/orang
16Sepeda GandaRp.15.000/Orang
17Kuda BendiRp.15.000/orang
18Tarif Masuk Pusat Primata Schmutzer
19Selasa – Jumat (Usia 3 Th ke Atas)Rp.6.000/orang
20Sabtu s.d Minggu/Libur Nasional (Usia 3 th Keatas)Rp.7.500/orang

Informasi tambahan bahwa untuk mempermudah kamu berwisata ke kebun binatang ragunan bisa memakai kartu jack card dari Bank DKI. Kartu Jakcard bisa kamu dapatkan di semua pintu masuk Taman Margasatwa Ragunan. Kartu ini juga bisa digunakan di Monas, Kota Tua dan Naik Transjakarta.


  • Rute ke Wisata Ragunan

Untuk ke kebun binatang Ragunan memang mempunyai beberapa alternatif transportasi. Akan tetapi, salah satu transportasi alternatif yang disarankan adalah dengan menggunakan Transjakarta.

Caranya adalah dengan mendatangi shelter Transjakarta di dekat Anda dan pilihlah Transjakarta yang menuju arah Ragunan. Anda akan datang tepat berada di depan Kebun Binatang Ragunan, karena halte khusus juga sudah tersedia ke arah Ragunan jadi tingga; jalan kaki menuju pintu masuk Ragunan dari halte transjakarta.

Nah, bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berwisata ke kebun margasatwa Ragunan? Yuk wisata kemari bersama keluarga. Di jamin deh liburan Anda akan menyenangkan.

Pos terkait