Makanan Khas dan Tempat Kuliner di Cirebon

  • Whatsapp

Banyak sekali pilihan – pilihan tempat kuliner di Cirebon yang terkenal. Rasanya yang enak, menggoda, dan harganya yang terjangkau, baik ketika pagi, siang, bahkan malam hari. hal ini lah yang membuat kota Cirebon merupakan salah satu kota yang terkenal dengan wisata kulinernya. Selain dengan kulinernya yang terkenal, banyak tempat kuliner di Cirebon dan wisata menarik yang bisa anda kunjungi.

Baca Juga: 41 Rekomendasi Tempat Kuliner di Bandung

Muat Lebih

Lalu apa apa saja makanan yang terkenal dan tempat kuliener di Cirebon?, berikut ulasannya.

  1. Nasi Jamblang

Banyak sekali rumah makan yang menyediakan nasi jamblang di Cirebon, dan salah satu tempat yang paling terkenal adalah Nasi Jamblang Ibu Nur yang terletak Jl. Cangkring II yang tentu saja sangat ramai dikunjungi, apalagi pada saat pagi hari.

Nasi Jamblang merupakan makanan khas di Cirebon berupa nasi dengan bermacam – macam lauk seperti cumi – cumi, gorengan otak sapi, sate kentang,telur asin pepes dan menggunakan alas daun jati yang mengeluarkan aroma khas yang memikat.

  1. Nasi Lengko

Makanan Khas Lainnya di kota Cirebon adalah Nasi Lengko. Nasi Lengko memiliki ciri khasutama yaitu daun kucai yang diletakan di atas nasi, setelah itu ditambah juga kecap khas yang lokal, sehingga sangat dijamin nasi Lengko yang ada di kota Cirebon berbeda dengan nasi Lengko yang terdapa di kota lain.

Nasi Lengko pun dilengkapi dengan potongan goreng tahu, tempe dan timun dan semakin nikmat ketika ditambah sambal kacang dan kerupuk.

Salah satu tempat retoran yang menyediakan Nassi Lengko dan sudah terkenal adalah Nasi Lengko Haji Barno yang terletak di Jl. Pagongan nomor 15B. Ada juga di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo dengan harga yang yang relatif murah dari Rp. 10.000 hingga Rp. 30.000 rupiah jika ditambah sate kambing sebagai lauknya.

  1. Empal Gentong

Salah satu makan yang menyediakan Empal Gentong adalah Empal Gentong Haji Apud yang berada di Jl. Raya Ir. H Djuanda 24 Battembat, selain di restoran itu juga masih banyak restoran – restoran lain yang menyediakan Empal Gentong khas Cirebon.

Empal Gentong merupakan salah satu makanan khas yang didalamnya terdapat daging empuk dan kuah khusus yang sangat nikmat tentu nya. Harga yang ditawarkan pun relatif murah, hanya dengan harga Rp. 16.000 anda bisa menikmati makanan khas dari Cirebon ini.

  1. Bubur Toha

Bubur Toha merupakan salah satu kuliner khas murah yang terdapat di Cirebon, harga nya yang murah sekitar Rp. 6000 membuat makanan populer, selain itu juga dikarenakan tempat makan ini buka 24 jam, sehingga ketika anda sedang darurat lapar bisa berkunjung ke tempat makan ini.

Selain itu, tempat makan ini juga menyediakan bubur kacang hijau dan bubur ketan yang harganya Rp. 3000 rupiah, sehingga anda tidak perlu merogoh kocek uang yang banyak.

  1. Mie Koclok

Mie Koclok merupakan mie dengan kuah santan yang diberi sewiran ayam sebagai topping nya, selain itu juga ditambah dengan telur, togr dan bahan – bahan topping lainnya yang membuat makanan ini nikmat dan sangat cocok untuk makan siang, hanya perlu Rp.13.000, anda bisa menikmati kuliner khas dari Cirebon ini.

Rumah makan yang menyediakan menu makanan mie Koclok ini adalah Mie Koclok Jatimera yang tentu saja sudah terkenal dengan kenikmatannya. Berada di Jl Kartini dan buka dari jam 12 siang hingga jam 10 malam.

Selain makanan – makanan diatas, masih banyak kuliner – kuliner khas lain dari Cirebon seperti Tahu Gejrot dan menu makanan lainnya, jadi pastikan jika anda ke Cirebon untuk menyempatkan diri ke tempat – tempat kuliner di Cirebon yang terkenal ini.

Demkian deretan informasi makanan khas cirebon, makanan tersebut dapat kamu temui di tempat kuliner di cirebon yang berada di pusat kota tentunya yang menyediakan tempat makan kebanyakan.

Pos terkait

Loading...