Rekomendasi Tempat Kuliner di Padang Panjang

  • Whatsapp

Rekomendasi tempat kuliner di Padang Panjang untuk setiap pelancong yang sedang berkunjung ke kota bersejarah yang kaya akan adat istiadat ini. Nyatanya bukan hanya adatnya yang masih kental namun makanannya juga legendaris akan rasanya. Dimana saja tempat itu?

Sate Mak Sukur

Bacaan Lainnya

Berada di urutan teratas dari daftar rekomendasi tempat kuliner di Padangpanjang adalah sate Mak Sukur. Siapapun yang sedang berkunjung ke Padang pasti sayang jika melewatkan nikmatnya sate di kedai ini. Berlokasi di Jalan Syahrir No 250 ini tidak pernah sepi dari pelanggan. Hal ini tak lepas dari rasa sate yang begitu nikmat dengan siraman bumbu khasnya. Tempat ini begitu legendaris karena sudah dibuka mulai tahun 1941.

Satu porsi sate Mak Sukur terdiri dari 7 tusuk sate dengan irisan sate yang besar lengkap dengan ketupatnya yang membuat siapapun merasa kenyang mengonsumsinya. Bukan tanpa alasan mengapa sate di sini begitu favorit karena pemilihan dagingnya juga melalui standar yang tinggi hingga terpilih daging yang benar-benar empuk dan bumbu yang merasuk ke dalam irisannya. Daging yang dipilih merupakan daging dari punuk sapi yang memiliki sedikit lemak di dalamnya. Sebelum dibakar, daging direbus terlebih dahulu dengan bumbu rempah kemudian air rebusannya inilah yang nantinya digunakan untuk kuahnya.

Bubur Kampiun

Satu lagi wisata kuliner legendaris dari Padangpanjang yaitu bubur Kampiun yang sudah berkembang lebih dari 20 tahun. Bubur kampiun merupakan gabungan dari beberapa kolak atau bubur yang dipadukan dengan gula aren murni. Hal ini tampak dari isiannya yang lengkap mulai dari pisang, ubi, labu, ketan hitam, bubur delima, dan bubur candil. Sampai saat ini bubur Kampiun tetap menjadi favorit dengan menjual lebih dari 500 porsi setiap harinya. Bahkan ketika akhir pekan jumlah tersebut bisa bertambah.

Bagaimana dengan rasanya? Sudah tentu kenikmatan alami khas Padang yang kuat akan rasanya. Apalagi untuk rasa manis muncul dari bahan pemanis alami yakni gula aren semakin menambah kenikmatan bubur ini. Kedai kuliner ini semakin ramai dikunjungi ketika berada pada bulan Ramadhan sebagai menu buka puasa.

Teh Kawa Daun

Teh kawa daun merupakan keunikan yang hanya bisa ditemukan di Padangpanjang. Teh ini tidak dibuat dari bahan daun teh seperti biasanya melainkan terbuat dari daun kopi yang telah dikeringkan. Lantas jangan khawatir dengan rasanya karena tidak ada rasa kopi sama sekali. Rasanya cenderung ke teh yang lekat dengan aroma nikmat. Inilah yang membuat banyak orang menyebutnya dengan istilah teh bukan kopi. Uniknya lagi adalah penyajian dari teh ini yang tidak menggunakan gelas seperti biasanya akan tetapi menggunakan batok kelapa.

Dinginnya hawa Padangpanjang membuat sajian ini banyak dicari untuk menemani menikmati keindahan alam Padang. Teh kawa daun umumnya disajikan dengan lemang yang dilengkapi dengan tape ketan atau durian. Apalagi seiring perkembangan, teh ini sudah banyak dimodifikasi dengan memvariasikannya menggunakan bahan lainnya seperti susu dan telor. Jadi jangan sampai lupa untuk menikmati teh kawa daun sebagai rekomendasi tempat kuliner di Padangpanjang.

Pos terkait