Menikmati Kesejukan Air Terjun Kedung Pedut Jogja

  • Whatsapp
Air Terjun Kedung Pedut
Foto: @sharilacikal

Jika anda gemar berwisata alam, maka Jogja menjadi salah satu tempat yang layak anda kunjungi. Karena daerah yang dikenal juga sebagai kota pelajar ini memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik. salah satu wisata alam yang sangat menakjubkan di Jogja adalah Air Terjung Kedung Pedut. Air terjun ini tentu tak kalah indah dengan air terjun di tempat wisata lain. Jika anda penasaran dengan air terjun tersebut, simak artikel berikut ini agar bisa merasakan keindahan yang dihadirkan.

  • Mengenal Lebih Dekat Air Terjun Kedung Pedut

Kedung Pedut merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Yogyakarta. Kedung Pedut memiliki air terjun yang menjadi tujuan utama para wisatawan. Air terjun ini begitu istimewa karena menghadirkan dua warna air yang sangat menarik. Oleh karena itu banyak juga wisatawan yang menyebutnya sebagai air terjun dua warna. Kedung Pedut ini berada di perbukitan Menoreh, Dusun Kembang, Desa Jatimulyo. Air terjun ini dikelola dengan baik, sehingga anda bisa menikmati wisata di tempat ini tanpa kekurangan suatu apa pun.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Candi Borobudur, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Dua warna yang dihadirkan oleh air terjun di sini adalah warna putih jernih dan juga warna biru taksa. Air terjun ini sangat indah bisa difoto, oleh karena itu banyak juga wisatawan yang menjadikan tempat ini sebagai spot foto yang sangat instagramable. Pesona keindahan alam yang dihadirkan di tempat ini akan membuat pengalaman liburan anda semakin mengesankan.

  • Daya Tarik Kedung Pedut
Tiket masuk air terjun kedung pedut
Foto: @fendysapto

Salah satu hal yang akan membuat anda jatuh cinta saat berkunjung ke air terjun ini adalah airnya yang sangat jernih. Di Kedung Pedut ini anda bisa bermain air sepuasnya, karena di bawah air terjun tersebut telah terbentuk kolam alami, sehingga para wisatawan juga bisa berenang. Di tempat wisata ini terdapat 5 mata air atau masyarakat setempat menyebutnya sebagai Kedung. Kelima kedung tersebut adalah kedung Merak, Kedung Wedok, Kedung Lanang, Kedung Merang, dan juga kedung Anyes. Setiap mata air tersebut kedalamannya berbeda – beda, mulai dari 2 hingga 5 meter. Jadi jika anda tidak pandai berenang perlu berhati – hati dalam memilih mata airnya. Air terjun ini rasanya begitu sejuk dan segar. Oleh karena itu pastikan membawa pakaian ganti saat berkunjung agar bisa menikmati kesejukan airnya.

Di tempat ini pengelolaannya sudah cukup baik, sehingga berbagai fasilitas bermanfaat sudah bisa anda dapatkan. Fasilitas yang tersdia di tempat wisata ini seperti kamar mandi, tempat bermain air, toilet, mushola, kedai, tempat parkir dan yang lainnya. Walaupun fasilitas yang dihadirkan tergolong sederhana, tetapi cukup untuk membuat liburan anda semakin menyenangkan.

  • Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Kedung Pedut

Kegiatan utama yang bisa anda lakukan saat berkunjung ke tempat wisata ini tentu saja menikmati keindahan air terjun. Jika anda ingin bermain air, disediakan juga ban, dan fasilitas bermain air lainnya. tempat – tempat foto menarik juga disediakan, jadi anda pasti bisa mendapatkan foto bagus untuk diupload di media sosial. Warung makan yang berada di pinggir air terjun menyediakan berbagai makan ringan, seperti mie instan, berbagai jenis minuman dingin dan hangat, dan yang lainnya.  Berkunjung ke tempat wisata ini akan membuat anda dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat memikat.

  • Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Pedut

Jika anda ingin berwisata ke Kedung Pedut, anda cukup menyiapkan tiket masuk sebesar Rp 3.000,- saja per orangnya. Untuk tiket parkirnya sendiri sama dengan tiket parkir pada umumnya, yakni Rp 2000, untuk sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk mobil. Dengan tarif murah tersebut anda sudah bisa menikmati seluruh keindahan yang tersaji.

  • Cara Akses Air Terjun Kedung Pedut

Jika anda ingin berkunjung ke tempat Wisata Kedung Pedut, dari Kota Jogja arahkan kendaraan ke Jalan Godean. Nantinya dari Godean, arahkan kendaraan ke Nanggulan. Dari Nanggulan jalan terus hingga ke Goa Kiskendo. Kurang lebih 5 Km dari Gua Kiskendo tersebut akan adalah papan petunjuk ke Kedung Pedut. Jalanannya lumayan naik turun, oleh karena itu anda harus berhati – hati saat berkendara.

Pos terkait