Kota Gede Jogja

  • Whatsapp
Kota Gede Jogja
Foto:@in.prwt

Kota Gede adalah salah satu area di Yogyakarta yang sangat populer.  Kira – kira daya tarik apa sajakah yang ada di Kota Gede Jogja ini?

Baca Juga: Candi Borobudur, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Bacaan Lainnya

Kota Gede,  Menyimpan Banyak Daya Tarik Wisata

Yogyakarta memiliki banyak sekali area yang kaya akan tempat wisata.  Masing – masing area di Yogyakarta ini menawarkan keunikan dan ciri khas tersendiri. Ketika membicarakan Kota Gede Jogja tentunya akan identik dengan perak.  Namun sebenarnya Kota Gede ini juga menawarkan banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Baca Juga: Malioboro, Pusat Belanja dan Kuliner Legendaris di Jogjakarta

Ketika memasuki kawasan Kota Gede ini anda akan disuguhkan dengan pemandangan tempo dulu yang khas.  Seperti yang diketahui bahwa Kota Gede dulunya merupakan pusat pemerintahan pada jaman Kerajaan Mataram Islam.  Hal inilah yang menyebabkan Kota Gede memiliki berbagai bangunan dengan arsitektur kolonial namun dengan paduan Islam dan Hindu.

Pemukiman Kota Gede tergolong padat dengan jalan – jalan yang sempit.  Jalan dan gang sempit tak menghalangi para pejalan kaki untuk menelusuri tiap sudut Kota Gede ini. Suasana vintage atau kuno sangat kental disini sehingga sangat cocok bagi anda yang hobi berburu lokasi berfoto.

Baca Juga: Liburan di Gunung Kidul, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Kotagede juga merupakan pusat kerajinan perak.  Perak di Kota Gede ini dikenal menggunakan perak murni yang mana dibuat menjadi perhiasan seperti gelang,  kalung,  cincin serta bisa pula diubah menjadi tea set.

Kawasan Kota Gede merupakan pusatnya bangunan – bangunan kuno yang tak hanya menyimpan sejarah namun juga misteri yang menyeramkan namun juga justru menjadi daya tarik wisata tersendiri. Meskipun kesan kuno sangat kental namun justru hal inilah yang membuat Kota Gede semakin populer di kalangan wisatawan. Tak hanya wisatawan lokal namun juga mancanegara.

tiket masuk kota gede jogja
Foto: @putra_anang7

Rekomendasi Tempat Wisata Kotagede yang Wajib Dikunjungi 

Berkunjung ke Yogyakarta tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Kota Gede. Kota Gede menawarkan pesona eksotis yang menjadi magnet tersendiri.  Kepopuleran Kota Gede semakin luas,  sehingga makin banyak pula wisatawan yang berkunjung ke Kota Gede

Bagi anda yang berencana untuk mengunjungi Kota Gede maka beberapa tempat berikut ini wajib untuk dikunjungi.

  • Makam Raja Mataram

Makam raja – raja Mataram identik di Imogiri,  namun ternyata makan raja Mataram juga ada di Kota Gede.  Bagi para pengunjung diwajibkan untuk mengenakan pakaian adat Jawa.

  • Masjid Gede Mataram

Kota Gede juga menawarkan wisata religi yaitu Masjid Gedhe Mataram. Masjid yang satu ini merupakan masjid tertua yang ada di Yogyakarta. Jika dilihat dari luar,  sekilas tampak seperti sebuah pura.

Namun ketika sudah masuk kedalam,  anda akan menjumpai sebuah bangunan masjid berarsitektur joglo. Jika anda menginginkan kesan klasik sebagai background maka lokasi ini sangat cocok.

  • Masjid Perak

Masjid Perak Kotagede memang tidak terlalu terlihat dari jalan besar karena letaknya berada di gang yang sempit. Arsitektur masjid ini bergaya Mediterania Spanyol namun dengan hiasan perak yang berasal dari para pengrajin perak setempat.

  • Rumah Pesik

Rumah Pesik merupakan rumah bergaya Jawa dengan paduan gaya Eropa. Cat warna hijau terang ditambah dengan arsitektur yang khas membuat tampilan rumah ini sangat menarik.

  • Tembok Ijo

Setiap bangunan yang ada di Kota Gede adalah bergaya vintage,  kuno khas tempo dulu. Namun justru inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk berkunjung ke Kota Gede ini.  Khususnya bagi anda yang hobi hunting foto.

Salah satu spot foto yang wajib dikunjungi adalah Tembok Ijo.  Sebenarnya tempat ini hanyalah sebuah pintu tua dengan hiasan pohon rambat pada pintu.  Meskipun terlihat sederhana,  namun justru menimbulkan kesan vintage dan cocok sebagai background berfoto.

  • Gang Sempit Pemukiman Warga

Membicarakan gang sempit pastinya akan identik dengan pemandangan yang kumuh.  Namun jangan salah jika gang sempit yang dimaksud adalah Kota Gede maka itu adalah sebaliknya. Karena meskipun pemukiman Kotagede terbilang padat,  namun segi eksotis dan vintage nya makin terlihat. Sangat cocok bagi anda yang hobi hunting lokasi.

Sebenarnya banyak sekali lokasi wisata menarik yang bisa dikunjungi.  Contohnya adalah toko – toko perak yang bisa anda jadikan sebagai lokasi hunting oleh – oleh khas perak dari Kota Gede.

Pos terkait