Liburan di Jogja, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

  • Whatsapp
Foto: @shantie_syifa

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak sekali destinasi wisata. Tiap pulau nya pasti memiliki tempat yang menarik untuk dikunjungi, Salah satu nya adalah Yogyakarta atau Jogja. Kota yang kental dengan sejarah seni dan kebudayaannya ini sudah tentu merupakan destinasi wisata yang sangat wajib untuk dikunjungi. Jika anda sedang berkunjung ke Yogyakarta maka pastikan anda mengunjungi beberapa tempat di bawah ini:

Baca Juga: Liburan di Gunung Kidul, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Muat Lebih

  • Candi Prambanan
Foto: @febiasilviani

Indonesia memang memiliki banyak candi yang tersebar di berbagai daerah, namun salah satu candi yang terkenal dengan keindahan dan kemegahannya adalah Candi Rara Jonggrang atau Prambanan. Candi  hindu ini dibangun pada abad ke 9 untuk Trimurti. Candi Prambanan juga termasuk ke dalam salah satu situs warisan dunia UNESCO. Untuk tiket masuk, Anda hanya perlu membayar sebesar 10.000 hingga 40.000 rupiah untuk dewasa.

  • Candi Sewu
Foto: @adi_mrizal

Tidak jauh dari Candi Prambanan, hanya dengan berjalan selama 10 – 15 menit, pastikan anda mengunjungi Candi Sewu. Candi Sewu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat peristirahatan sejenak setelah melihat keramaian di Candi Prambanan.

  • Jalan Malioboro dan Pasar Beringharjo
Foto: @dhian_hardjodisastro

Bagi anda yang senang berbelanja, maka pastikan anda mengunjungi Jalan Malioboro dan Pasar Beringharjo. Disini, anda akan menemukan banyak sekali kios berjajar yang menawarkan barang – barang dengan harga yang murah, mulai dari tas, baju, sepatu, kerajinan – kerajinan dan berbagai perhiasan. Selain itu, anda juga bisa menemukan banyak sekali kios makanan yang menawarkan makanan khas di Indonesia.

  • Gunung Merapi
Foto: @arundina_putriayu

Jika anda lebih menyukai menikmati pemandangan alam, maka pastikan anda menuju ke Gunung merapi, namun bagi anda yang seorang pendaki pemula, anda bisa mencoba pendakian pendek ke Gunung Merapi. Disini anda bisa melihat reruntuhan dan sisa rumah yang ditinggalkan setelah letusan gunung Merapi.

  • Taman Sari
Foto: @allaboutwanderlust_

Taman sari merupakan komplek besar yang dulu digunakan sebagai taman dan tempat pemandian sultan, ratu, selir dan putri Kerajaan Kesultanan Yogyakarta. Disini anda bisa melihat berbagai ruangan, kebun dan kolam – kolam yang sangat indah dan dikelilingi oleh bangunan berwarna pink. Disini anda akan merasakan nuansa romantis yang sangat kental, sehingga pastikan anda mengunjungi Taman Sari ini.

  • Kraton Yogyakarta
Foto: @aryawijaya7

Bisa dibilang, tempat ini merupakan tempat yang sangat wajib anda kunjungi ketika sedang di Yogyakarta. Disini anda akan melihat keindahan arsitektur dan berbagai pusaka yang dibuat ketika masa kejayaan Yogya. Berbagai elemen yang terdapat disini dirawat dengan baik. Ketika masuk anda juga akan dipandu oleh pemandu yang mampu berbicara berbagai bahasa. Anda akan mendengarkan berbagai cerita, mitos, dan berbagai hal lainnya bahkan humor yang berhubungan dengan Keraton Yogyakarta sambil mengelilingi Istana.

  • Alun – Alun Kidul Yogyakarta

Berbeda dengan alun – alun lainnya, terdapat mitos populer di Alun – Alun kidul Yogyakarta ini. Disini, tumbuh dua pohon beringin besar yang berdampingan di tengah alun – alun. Katanya, jika anda berhasil berjalan diantara dua pohon beringin tersebut, maka keinginan anda akan terpenuhi. Namun selain mitos ini juga Alun – Alun Kidul Yogyakarta memang harus anda kunjungi karena banyak juga pedagang – pedagang yang menjajakan makanan.

  • Candi Borobudur
Foto: @arrozylens

Candi Borobudur merupakan candi termegah dan termasuk kedalam 7 keajaiban dunia dan menjadi Situs Warisan UNESCO. Bukan hanya wisatawan lokal saja, wisatawan dari berbagai negara pun banyak yang berdatangan kemari untuk melihat kemegahan nya. Kebanyakan para wisatawan mendatangi Borobudur ketika siang hari, namun jika anda sedang berwisata selama beberapa hari di Yogyakarta, maka anda bisa mengunjungi Yogyakarta pada jam 08.00. Ini merupakan waktu yang paling tenang dan anda hanya melihat beberapa wisatawan saja. Dibangun pada abad ke 9, didalamnya terdapat 6 platform persegi  dengan 2.672 panel relief dan 504 patung budha.

Itulah beberapa tempat destinasi – destinasi wisata yang wajib anda kunjungi ketika sedang liburan Yogyakarta, masih banyak destinasi wisata di Jogja yang bisa anda kunjungi. Selain itu juga terdapat banyak spot tempat makan di Jogja yang bisa anda kunjungi ketika sudah lelah berkeliling di Yogyakarta namun pastikan jika anda sedang liburan di Yogyakarta untuk menyewa penginapan, untuk penginapannya sendiri kebanyakan harganya 200.000 rupiah. Selamat berlibur di Jogjakarta

Pos terkait

Loading...