Liburan di Semarang, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

  • Whatsapp
Foto: @purwedi.kurniawan

Semarang ibukota Jawa Tengah dan kota terbesar kelima di Indonesia menawarkan banyak sekali keragaman budaya dan objek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Bagi kamu yang sedang berlibur ke Semarang, wajib hukumnya datang ke beberapa tempat berikut ini.

Baca Juga: 38 Rekomendasi Tempat Kuliner di Semarang

Muat Lebih

  • Uji nyali di Lawang Sewu
Foto: @dyaharumningtyas

Lawang Sewu menjadi bangunana bersejarah dan menjadi tujuan wisata utama di Semarang. Bahkan tempat ini merupakan landmark kota Semarang. Konon bangunan ini merupakan pusat dari Perusahaan Kereta Api. Namun sekarang lebih dimanfaatkan sebagai cagar budaya dan objek wisata. Dikarenakan bangunan tua, Lawang Sewu dikenal akan kisah mistisnya, terlebih lagi penampakan Noni Belanda di lantai tiga.

Baca Juga: Kampung Warna-Warni Ada Di Semarang Loh, Udah Kesini? Indah Banget

Bahkan, ada banyak acara televisi yang menayangkan uji nyali di Lawang Sewu. Kalau kamu berani, coba aja datang ke Lawang Sewu di malam hari. Lagipula, kamu hanya bayar 10 ribu saja buat menantang nyali kamu.

  • Menyusuri jalanan Belanda tempo dulu di Kota Lama
Foto: @martanto

Menyusuri jalanan di Kota Lama Semarang seakan – akan membawa kamu ke masa lalu. Tempat ini merupakan pusat perdagangan di abad 19 hingga 20. Di sini, kamu bisa menjumpai berbagai bangunan kuno yang masih digunakan hingga saat ini. Selain itu, ada kanal – kanal yang masih digunakan sebagai sarana transportasi.

Baca Juga: Deretan Kolam Renang di Semarang Beserta Tiket Masuknya

Tak ketinggalan ada, Gereja Blenuk yang usianya lebih dari 250 tahun dan masih difungsikan sebagai tempat ibadah saat ini. Selain itu, kamu juga bisa menemukan Pabrik Rokok Praoe Lajar, Stasiun Tawang, gedung Kantor Pos Pusat dan masih banyak lagi.

  • Napak tilas jejak Cheng Ho di Klenteng Sam Poo Kong
Foto: @aprtod

Siapa yang tak kenal dengan laksamana Cheng Ho dari Tiongkok yang sangat terkenal. Salah satu yang menjadi tempat persinggahannya adalah kawasan pesisir Semarang. Dikarenakan banyak awak kapalnya yang sakit, dirinya memutuskan untuk di pantai utara Semarang.

Baca Juga: Curug Gondoriyo, Wisata Baru di Semarang Yang Hist dan Populer

Laksamana Cheng Ho merupakan laksamana China yang beragama islam. Oleh karena itu, dirinya memutuskan untuk membangun masjid yang saat ini dikenal dengan Klenteng Sam Poo Kong. Tidak hanya menikmati pemandangan klenteng saja, kamu juga bisa berfoto di Klenteng Sam Poo Kong dengan baju tradisional Tionghoa.

  • Wisata alam di Umbul Sidomukti
Foto: @mazayagalva

Umbul Sidomukti menjadi kawasan wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Objek wisata yang satu ini merupakan wisata andalan keluarga karena didukung dengan fasilitas yang lengkap. Belum lagi, udara pegunungan yang menyejukan. Cukup menyenangkan untuk melepaskan penat di Umbul Sidomukti setelah penatnya aktivitas.

Bukan hanya kolam renang alami saja yang bisa kamu nikmati di sini. Kamu juga bisa menikmati panorama lereng Gunung Ungaran. Selain itu, kamu juga bisa menantang adrenalin dengan meluncur menyeberangi lembah dengan wahana flying fox. Selain itu, coba berkeliling menggunakan ATV.

  • Menjelajah Brown Canyon
Foto: @dhef.eb

Sekilas kamu akan mengingat destinasi yang ada di luar negeri. Panorama alam yang disuguhkan oleh Brown Canyon memang sangat menarik. Wajar saja, kalau tempat ini menjadi tempat berburu foto. Di Brown Canyon kamu akan nampak tebing – tebing tinggi yang ditumbuhi dengan pepohonan di atas puncaknya. Saat berkunjung di jam kerja kamu akan menyaksikan para penambang batu. Keindahan Brown Canyon akan semakin terasa di sore hari.

  • Menikmati sunset di Rawa Pening
Foto: @den_dayat25

Rawa Pening merupakan danau yang menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Panoramanya sangat asri dan udaranya juga sejuk. Belum lagi, dengan pemandangan area persawahan dan pegunungan yang ada disekelilingnya. Kamu bisa mengelilingi rawa dengan menggunakan perahu.

Selain itu, ada wahana permainan yang menyenangkan dan sayang untuk dilewatkan, seperti bebek air, becak mini, ATV dan perahu karet. Kamu bisa menyewa dengan hitungan biasa per 15 menit. Untuk harga sewanya juga sangat murah. Mengunjungi Rawa Pening memang paling menyenangkan di sore hari. Nikmati keindahan Rawa Pening sembari menunggu sunset tiba.

  • Berkunjung ke Pagoda Buddhagaya

Bangunan bersejarah di Semarang ini merupakan tempat ibadah umat budha di Semarang. Tidak hanya itu saja, tempat ini juga menjadi destinasi wisata karena arsitekturnya yang sangat unik. Dengan tinggi hingga 45 meter, Pagoda Buddhagaya menawarkan pesona yang membuat siapapun berdecak kagum.

Vihara ini dibangun guna menghormati dan tempat persembahan Dewi Kwan In. Pagoda ini juga memiliki artian sebagai pagoda cinta dan kasih sayang. Dengan tujuh tingkat, Pagoda Buddhagaya menjadi pagoda tertinggi di Indonesia.

Pos terkait

Loading...