Tempat Wisata di Sukabumi Paling Hits & Populer

  • Whatsapp
Foto: Dadang Sucipta Sastradinata

Destinasi wisata di Sukabumi memang terus mengalami kemajuan salah satu yang paling hist akhir-akhir ini adalah jembatan gantung situ gunung dan keberadaan Geopark Ciletuh.  Banyak tujuan wisata di Sukabumi yang menarik berakibat minat wisatawan untuk berkunjung ke SMI datang dari belahan wilayah Indonesia.

Baca Juga: Liburan di Bogor, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Bacaan Lainnya

Kota Sukabumi menawarkan panorama yang menajubkan sehingga wisatawan akan mendapatkan pengalaman berwisata tidak terlupakan dibenaka hatinya baik secara bertraveling personal maupun rombongan. Banyak tempat wisata alam maupun spot foto mulai dari pegunungan, pantai, goa, air terjun hingga kulinernya bahkan ada waterpark yang cukup terkenal di kawasan Jabar yaitu Santa Sea Sukabumi.

Sekilas tentang tempat wisata di Sukabumi , menimbang lokasi yang memang terbilang lumayan dekat dengan ibu kota Jakarta, maka tak heran jika banyak masyarakat Jakarta atau wilayah lain sekitar Bogor, Tanggerang, Bandung bahkan mengunjungi kota ini. Terlebih disaat akhir pekan atau hari libur SMI makin diburu oleh para kaula muda khususnya yang haus akan tempat liburan yang tentunya murah dan terjangkau. Sobat Triper jika berencana liburan ke Sukabumi kamu dapat menikmati keindahan akan alamnya yang mempesona seperti yang pernah kita ulas diawal bahwa jembatan gantung sukabumi masih menjadi destinasi wajib yang harus dikunjugi wisatawan jika liburan ke SMI selain itu primadona berikutnya adalah Geopark Ciletuh. Disamping itu tempat kuliner di Sukabumi juga menggoda untuk dicoba banyak sekali wisata kuliner yang rekomended di kawasan pelabuhan ratu contohnya tinggal pilih sesuaikan dengan kantong kalian.

Disamping SMI terkenal akan wisata pantainya yang sudah tidak diragukan lagi serta sejumlah tempat wisata yang lainnya yang mendunia yaitu keberadaan Geopark, maka tidak salah kamu menjatuhkan liburan akhir pekan kamu ke Sukabumi tentunya akan sangat menyenangkan. Untuk melengkap beriwisata ke SMI, berikut tempat wisata di Sukabumi yang bisa kamu kunjungi selama bertraveling ke SMI :

  • Geopark Ciletuh
by @yuriparinduri

Geopark ciletuh mulai tenar pada awal tahun 2014 hingga kini keberadaan wisata ini semakin mendunia bahkan masuk sebagai Taman Internasional dari UNESCO di tahun 2017. Jadi buat kamu yang liburan ke SMI gak kesini sepertinya kurang lengkap.

  • Jembatan Gantung Situ Gunung

Jembatan gantung ini awal pembangunan menuai pro kontra namun sekarang seperti menjadi icon wisata SMI di akhir pekan kunjungan wisata di lokasi ini mencapai angka yang fantastis. Jembatan gantu situ gunung memang mempermudah akses ke curug sawer khususnya kalo dulu harus berjalan puluhan ribu meter kini cuma nyebrang lewat jembatan ini langsung sampai menghemat waktu hingga 30 menit broo. Untuk tiket masuk jembatan sebesar 50k belum termasuk masuk kawasan situ gunung ia sobat Triper.

  • Danau Bacan
By @deananda92

Danau Bacan adalah danau yang lokasinya di Bojong, Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat. Untuk bisa masuk ke lokasi wisata ini biayanya sangat murah. bahkan tidak ada biaya retribusi yang akan dikenakan pada wisatawan sobat Triper jadi cocok ini buat selfie-selfie an. Jika sobat Triper berniat keisini kamu hanya perlu membayar biaya parkir dari Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk parkir mobil.

  • Situ Sukarame
By @tempatwisata_id

Untuk masuk ke Situ Sukarame ini anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp 5.000 saja sangat murah bukan? Sobat Triper juga bisa datang ke Situ Sukarame ini dari jam 8 pagi hingga jam 9 malam. Dengan menggunakan kendaraan pribadi atau dengan menggunakan kendaraan umum, Lokasi persinya berada di Parakan Salak, Sukabumi.

  • Sumber Air Panas Cikundul
Sumber Air Panas Cikundul , foto by Apip

Sumber Air Panas Cikundul berlokasi di Cikundul, Lembursitu, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Buka dari pukul 08.00 – 23.55 dari hari Senin hingga hari Minggu.

  • Mata Air Panas Cisolok
By @sukabumiupdate

Lokasi dari Mata Air Panas Cisolok ini ada di Cikahuripan, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat. Untuk sobat Triper yang ingin datang ke sini, maka kamu sebaiknya datang dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore dan membayar tiket masuk sebesar Rp 30.000

  • Goa Buniayu
Foto: @buniayucave

Goa Buniayu berlokasi di Cipicung, Kertaangsana, Nyalindung, Cimerang, Purabaya, Sukabumi dan merupakan salah satu tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi yang lebih suka wisata ekstrim. Untuk tiket masuk bervariasi karena cukup banyak wisata goa disini mulai dari 5k -15k.

  • Goa Lalay Pelabuhan Ratu
By @tempatwisata_id

Goa Lalay Pelabuhan Ratu berlokasi di Jalan Pelita – Cipatuguran, Citarik, Pelabuhan Ratu, Citarik, Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Untuk anda yang penasaran dengan indahnya gua ini, anda bisa datang ke gua dari jam 08.00 hingga 17.00 setiap hari dari Senin hingga Minggu. Untuk masuk ke dalam gua ini anda bisa tidak perlu membayar biaya masuk hanya saja sobat Triper akan membayar biaya untuk parkir kendara jika sobat menggunakan kendaraan pribadi.

  • Taman Selabintana
Foto: @rfkyw

Salah stau pintu masuk puncak gunung gede ia lewat Salabintana ini, Untuk lokasinya Taman Selabintana ini berlokasi di Jalan Selabintana KM. 7, Sundajaya Girang, Kecamatan Sukabumi, Sukabumi.

  • Kampung Ciptagelar
By @wisataSMI

Kampung Ciptagelar merupakan sebuah desa tradisional Sunda yang berada di Sirnaresmi, Cilosok, Sukabumi, Jawa Barat. Desa yang menjunjung tinggi adat kesepuhan ini telah menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang dimiliki Sukabumi.

  • Kawah Ratu Sukabumi
Foto: @yuniratnai

Kawah Ratu Sukabumi merupakan salah satu objek wisata populer yang ada di Sukabumi, dan tentu saja sangat layak dikunjungi dengan pesona keindahannya yang tidak ada duanya. Objek wisata yang satu ini berada di Sukamaju, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat.

  • Bukit Karang Numpang
Foto: @allmedash__

Kawasan Bukit Karang Numpang merupakan sebuah objek wisata Sukabumi yang berlokasi di Kampung Legok Nyenang, Cikujang, Kec. Gunung Guruh, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

  • Curug Cikaso
Foto: @rizal_marwanto

Objek wisata ini tepat berada di Kampung Ciniti, Desa  Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat. Sebelum masuk ke kawasan wisata Curug Cikaso, Anda diharuskan membayar sejumlah uang tiket terlebih dahulu. Untuk tiket masuk ke Curug Cikaso, harganya sangat terjangkau lho, yaitu sekitar Rp27.000 per mobil dan uang parkir Rp6.000. Untuk menyewa perahu, biaya yang harus Anda keluarkan ialah sekitar Rp 60.000 per perahu yang bisa menampung hingga 10 orang. Bagaimana, siap berlibur ke Curug Cikaso?

  • Curug Batu Tapak
By@Eksploresukabumi

Curug batu tapak atau Air terjun di kaki Gunung Salak ini terletak di daerah Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat. Sudah sejak lama kawasan ini dikenal sebagai kawasan perkemahan yang sejuk dan asri. Selain itu, sangat cocok untuk berbagai kegiatan outdoor.

  • Curug Sawer
Foto: @kimono_lisa

Untuk curug sawer masih satu lokasi dengan jembatan gantung situ gunung dan kawasan camping situ gunung bila mana kamu beriwisata ke jembatan pasti ke curug sawer satu paket wisata.

  • Curug Sentral Kabandungan
Curug Sentral by @mulki_maliq

Wisata Curug Sentral Kabandungan ini merupakan salah satu wisata curug ( air terjun ) yang letaknya sesuai dengan namanya, yaitu di daerah Kabandungan di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat

  • Curug Cirajeg
Foto: @irfan_nofiansyah

Curug Cirajeg ini terdapat di sebuah dusun bernama dusun Cirajeg yang terdapat di Desa Neglasari, di kecamatan Purabaya, Sukabumi, di Jawa Barat.

  • Curug Gentong
Curug Gentong by @budi_ryan

Lokasinya masih di dalam kawasan Geopark Ciletuh dan perkiraan jarak dari jalan utama menuju Curug Gentong hanya sekitar 150 meter. Bagaimana tidak terlalu jauh kan? Anda dapat dengan mudah untuk mengakses jalan dan datang berkunjung ke Curug Gentong ini dengan waktu yang singkat juga dengan persiapan yang tidak terlalu banyak.

  • Curug Cikanteh
Curug Cikanteh kawasan Geopark Ciletuh by @robi_junians

Curug ini berlokasi di kawasan wisata Geopark Ciletuh

  • Curug Puncak Manik
Curug Puncak Manik by @anggapermadi
  • Curug Awang
Curug Awang salah satu spot foto keren di kawasan Geopark Ciletuh by : @canro.simarmata
  • Curug Cimarinjung
Curug Cimarinjung by @hens4m
  • Curug Sodong
Curug Song by @popeye.70
  • Puncak Dharma
Puncak Dharma salah satu spot favorit by @poto_koto

Salah satu spot wisata di Geopark yang paling hits salah satunya puncak dharma ini serta curug cikanteh, sodong, cimarunjung dkk juga satu lokasi di kawasan Ciletuh.

  • Pantai Pelabuhan Ratu
Pantai Pelabuhan ratu dari puncak Habibie by @fajarnr28

Pantai Pelabuhan Ratu ada di Kecamatan Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Provinsi Jawa Barat sekitar 60 km ke selatan dari Kota Sukabumi. Untuk tiket masuk wisata ini cukup murah hanya 3k saja karena area wisata ini juga dijadikan rest para biker sehingga selalu ramai kawasan pantai pelabuhan ratu.

  • Pantai Ujung Genteng
Foto: @zcscrt

Dulu pantai ujung genteng ini sangat favorit bagi para biker namun sekarang kalah tenar sama pantai sawarna, bila beriwata kesini paketannya adalah curug cikaso.

  • Pantai Karang Hawu
Foto : @hyukaze7

Untuk kamu yang suka mengumpulkan foto berbagai destinasi mungkin pantai karang hawu bisa menjadi agenda selanjutnya sobat Triper.

  • Pantai Ombak Tujuh

 

Foto by @aditia.putra.21

Pantai Ombak Tujuh ada di bagian ujung sebelah barat Kabupaten Sukabumi, tepatnya ada di kawasan Ujung Genteng. Akses untuk menuju ke Pantai Ombak Tujuh terbilang sulit karena jalan yang tersedia hanya setapak, berpasir dan berbatu serta dikelilingi dengan semak-semak.

  • Pantai Pangumbahan
Sudut Pantai Pangumbahan via @aditia.putra.21

Pantai Pangumbahan ada di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Sukabumi. Sobat Triper bisa sampai ke Pantai Pangumbahan dengan mengikuti jalan ke Ujung Genteng. Untuk yang berangkat dari Jakarta misalnya maka rute yang diambil adalah Ciawi – Cicurug – Cibadak – Jampang – Surade – Ujung Genteng. Sedangkan jika Anda berangkat dari Bandung maka rute yang bisa diambil adalah Cianjur – Sukabumi – Jampang – Surade – Ujung Genteng. Ada kendaraan umum yang bisa sampai ke Ujung Genteng dengan menggunakan bus kemudian disambung dengan angkutan antar desa. Tapi akan jauh lebih praktis dan mudah jika Anda menggunakan kendaraan pribadi apalagi jika sudah malam akan sulit untuk mencari kendaraan umum kecuali jika menginap di penginapan sekitar pantai.

Bagaimana ulasan sedikit perihal tempat wisata di Sukabumi diatas?  semoga informasi yang kita berikan bisa bermanfaat buat sobat Triper untuk berjelajah selamat traveling di Sukabumi, ingat ia selalu buang sampah pada tempat dan selalu jaga kelestarian alam Indonesia. Selamat Jalan Jalan Sobat Triper.

Pos terkait

Loading...