Liburan di Palopo, Berikut Rekomendasi Tempat Wisata Hits dan Populer

  • Whatsapp
Pulau Libukang palopo
Foto: @juliet_yuly

Palopo menjadi salah satu kota terbesar di Sulawesi Selatan. Hanya saja, Palopo memang tidak terlalu terkenal seperti kota lainnya, yakni Makassar atau Pare-Pare. Walaupun begitu, Palopo juga memiliki daya tarik tersendiri, khususnya di berbagai tempat wisata yang mempesona. Keindahan alam Palopo memang wajib untuk di eksplore. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi destinasi wajib saat kamu di Palopo.

Baca Juga: Deretan Tempat Kuliner di Palopo Yang Rekomended

Bacaan Lainnya

  • Air Terjun Latuppa
Air Terjun Latuppa
Fto: @hao_noah

Mengunjungi air terjun menjadi salah satu list wajib saat di Palopo. Kamu bisa pergi ke Air Terjun Latuppa yang merupakan air terjun kebanggaan kota Palopo. Air terjun Latuppa berada di Kelurahan Latuppa, Kecamatan Wara. Untuk bisa bisa kesini, kamu cukup menempuh perjalanan selama 15 menit. Karena, alamnya yang masih asri, kamu harus melalui medan yang ekstrim.

Baca Juga: Liburan di Makassar, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Namun sesampainya di sini kamu akan disambut dengan kerennya air terjun yang berpadu indah dengan alam yang ada disekelilingnya. Bagi masyarakat Palopo, Air terjun Latuppa merupakan sumber air mereka dengan airnya yang jernih. Buat kamu yang memiliki banyak waktu bisa menikmati arum jeram yang memacu adrenalin.

  • Bukit Sampoddo 
Bukit Sampoddo 
Foto: @tenricacca

Bukit Sampoddo menjadi destinasi wajib bagi kamu yang berburu keindahan alam Palopo. Dari puncak bukit kamu akan menyaksikan hamparan hijau Palopo yang luas. Pegunungan, pusat kota yang ramai dan wilayah pesisir pantai bisa kamu saksikan dari atas bukit Sampoddo.

Di sini, kamu bisa merasakan sejuknya udara. Ditemani dengan semilir angin, keindahan Palopo memang layak untuk diabadikan. Tak ketinggalan, nikmati jagung rebus atau jagung bakar berbagai rasa untuk menikmati keindahan alam Palopo.

  • Pulau Libukang
Pulau Libukang
Foto: @rismaasyarifff

Tidak hanya berkeliling kota saja, Palopo juga memiliki keindahan alam berupa pantai dan lautnya. Keeksotisan pulau di Palopo tak kalah dengan kota lainnya. Salah satunya adalah Pulau Libukang yang berada 2 km dari pusat kota. Untuk bisa ke Pulau Libukang, kamu bisa menyewa motor perahu.

Hamparan pasir putih dan birunya laut akan menyambut kamu sesampainya di Pulau Libukang. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menjumpai makam yang dikeramatkan oleh masyarakat Palopo, yakni makam Nenek Hawang dan Nenek Poko’. Konon katanya, keduanya merupakan penghuni pertama yang ada di  Pulau Libukang.

  • Pantai Labombo
Pantai Labombo
Foto: @itsanaa_

Bisa dikatakan Pantai Labombo merupakan pantai kebanggaan masyarakat Palopo. Pasalnya, pantai ini menawarkan pesona bahari yang tiada duanya. Tidak hanya berisikan hamparan pasir putih yang luas dengan birunya air laut yang cantik, disini, rindangnya pohon kelapa yang ada di dekat bibir pantai menambah keindahan tersendiri.

Kamu bisa bersantai di gazebo yang sudah disediakan. Untuk bisa sampai ke sini, kamu cukup menempuh jarak 2 km saja dari pusat kota.

  • Bukit Kambo
Bukit Kambo
Foto: @imhaabuhera

Wisata yang ada di Palopo ini sedang booming saat ini. Bukit Kambo merupakan pemandian yang memiliki suasana yang masih saat alami. Walaupun begitu, pemandian ini dirancang dengan sangat apik dan membuat tampilannya sangat instagramable.

  • Bukit 513
Bukit 513
Foto: @ikiwahyunita

Wisata wajib lainnya adalah Bukit 513 yang menyuguhkan panorama nan memukau. Bukit ini merupakan salah satu bukit yang cukup populer di Palopo karena dijadikan sebagai objek fotografi. Di sini, kamu akan mendapatkan keindahan alam Palopo. Suasananya yang sejuk dan masih asri dengan pepohonan nan rindang membuat kamu tak ingin beranjak.

  • Istana Kedatuan Luwu
Istana Kedatuan Luwu
Foto: @kadafisika

Istana Kedatuan Luwu menjadi destinasi wajib bagi kamu yang memang tertarik dengan wisata sejarah Palopo. Istana ini memiliki arsitektur yang sangat menarik sebagai salah satu kerajaan tertua di Sulawesi Selatan. Selain itu, ada berbagai nilai sejarah dan kebudayaan masyarakat Palopo yang bisa kamu pelajari di tempat ini.

  • Goa Kallo Dewata
Goa Kallo Dewata
Foto: @ingriddt

Goa yang satu ini merupakan benteng pertahanan para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia. Di dalam goa ini, kamu bisa menjumpai berbagai perabotan kuno yang terbuat dari batu. Uniknya, lorong goa ini sangat panjang dan saling berhubungan dengan goa – goa lainnya yang ada di Palopo.

  • Museum Barara Guru
Museum Barara Guru
Foto: @nanik.wk

Museum ini menjadi destinasi wajib bagi kamu yang ingin mendalami sejarah Kesultanan Luwu. Di sini, kamu akan menjumpai berbagai koleksi bersejarah, seperti seni keramik, naskah kuno, foto, etnografi dan masih banyak lagi.

Demikian sedikit informasi perihal rekomendasi tempat wisata yang ada di Palapo dimana sonat Triper saat liburan bisa mencoba datang dilist yang kami review diatas. Selamat traveling

Pos terkait