Rekomendasi Liburan di Gorontalo Yang Paling Kece Dan Hits

  • Whatsapp
Foto: @gustins_04

Apabila Serambi Mekah julukan untuk Aceh, maka julukan Serambi Madinah diberikan untuk Gorontalo. Salah satu provinsi yang berada di pulau Sulawesi ini memang asyik untuk dikunjungi. Walaupun jarang terekspos, nyatanya Gorontalo memiliki banyak keindahan alam dan objek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Bagi kamu yang berkunjung ke Gorontalo, wajib mengunjungi beberapa destinasi berikut.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Tempat Kuliner di Gorontalo

Bacaan Lainnya

Merasakan romansa Maldives di Pulo Cinta

Foto: @fajarnasution

Wisata yang satu ini memang sedang booming di media sosial. Pasalnya, di sini kamu akan menjumpai resort mewah ala Maldives. Tak perlu jauh – jauh ke Maldives untuk berbulan madu, di Pulo Cinta yang berada di Teluk Tomini kamu bisa merasakan romansa Maldives. Pulo Cinta memiliki hamparan pasir putih yang luas. Selain itu, ada banyak eco-resort yang dibangun di tepian pantai. Sayang sekali kalau kamu tak berkunjung ke sini.

Menyusuri hamparan hijau Pulau Diyonumo

Foto: @ttreasureggorontalo

Pulau hijau yang terletak di deme II ini hanya membutuhkan waktu 3 jam dari pusat kota Gorontalo. Tetapi kamu akan disambut dengan hamparan bukit hijau dan kesunyian pulau layaknya pulau tak berpenghuni. Belum lagi, birunya air laut berpadu dengan pasir putihnya membuat tempat ini semakin bikin kamu jatuh hati. Pulau ini masih jarang ada yang mengunjunginya sehingga masih sangat alami dan asri. Kamu bisa menaiki Bukit Diyonumo dam menyusuri hamparan hijau dengan pemandangan yang mempesona.

Bermeditasi di sunyinya Pulau Saronde

Foto: @pulausaronde

Pulau Saronde merupakan pulau kecil tak berpenghuni. Pulau ini memiliki keindahan alam yang memukau. Belum lagi, dengan pasir putihnya yang aduhai. Di sini, kamu akan menemukan pulau dengan daratan yang bisa digunakan untuk berjemur dan berkemah. Selain itu, ada juga tradisi unik yang sayang untuk dilewatkan. Kegiatan lain yang tak kalah seru adalah snorkeling, naik banana boat, berenang, berselancar dan belanja oleh – oleh khas Gorontalo.

Berkunjung ke benteng di atas bukit, Benteng Otonaha

Foto: @bang_jenggot92

Walaupun hanya masih tersisa dinding dasar, namun Benteng Otanaha menawarkan keunikan tersendiri. Pasalnya, benteng ini berada di atas puncak bukit. Selain itu, Benteng Otanaha juga memiliki keindahan arsitektur yang luar biasa unik. Untuk bisa mencapai puncak benteng, kamu harus menaiki 351 anak tangga dengan kemiringan 60 derajat.

Rasa lelah dan letih memang akan kamu rasakan. Namun sesampainya di atas bukit, rasa lelah akan hilang dengan indahnya kemegahan Benteng Otanaha yang berpadu dengan panorama alama Gorontalo yang cantik. Dari puncak kamu bisa menikmati Danau Limboto dan Teluk Tomini.

Menyaksikan keindahan bawah laut Taman Laut Olele

Foto: :@ivansamanjaya

Sama seperti namanya, aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini adalah diving dan snorkeling. Nikmati keindahan bawah laut Taman Laut Olele. Ikan berwarna – warna dengan karang yang indah akan menemani waktu menyelam kamu. Tak ketinggalan, kamu akan menjumpai karang yang mirip dengan lukisan Salvador Dali. Tidak hanya menyelam saja, kamu juga bisa bersantai di Pantai Olele yang berpasir putih yang berpadu dengan birunya laut yang apik.

Bercengkerama dengan hiu paus di Pantai Botubarani

Foto: :@marischkaprue

Masih dalam kegiatan menyelam, di Pantai Botubarani kamu juga bisa melakukan aktivitas diving. Uniknya, kegiatan menyelam di sini akan menantang adrenalin kamu. Pasalnya, kamu bisa menyelam dan menemui hiu paus yang memang sedang berada di kawasan perairan Gorontalo. Wisata yang satu ini bisa dikatakan masih baru, tapi tak ada salahnya mencoba untuk menambah pengalaman. Selain itu, menikmati deburan ombak dan angin pantai nan menyejukan dan membuat kamu terlena.

Menyaksikan kearifan lokal desa terapung Suku Bajo

Foto: @wakatobiframe

Untuk mengunjungi desa ini memang membutuhkan waktu tempuh yang lama, yakni 7 jam dari pusat kota Gorontalo. Namun, saat ke Gorontalo sangat sayang melewatkan desa yang satu ini. Pasalnya, desa Suku Bajo ini merupakan desa terapung yang ada di atas pantai. Rumah – rumahnya pun sangat sederhana hanya dengan material kayu saja. Kamu bisa merasakan keramahtamahan Suku Bajo dan aktivitas melaut mereka yang masih dijaga hingga sekarang.

Romantisnya sunset di Danau Limboto

Foto: @ronald_bidjuni

Danau Limboto merupakan salah satu danau terkenal di Sulawesi. Danau ini merupakan muara dari lima sungai di Gorontalo. Di sini, kamu bisa menyaksikan aktivitas nelayan tradisional. Jangan lupa untuk mencoba hidangan khas Gorontalo yang tiada dua nya. Waktu terbaik adalah menyaksikan sunset di Danau Limboto yang romantis.

Pos terkait

Loading...