Mendaki Puncak Jaas, Cara Lain Menimati Indahnya Kabupaten Trenggalek

  • Whatsapp
Foto: @satria_biru

Gunung Jaas merupakan salah satu destinasi wisata andalan di kota Trenggalek Jawa Timur yang cukup favorit dan mesti dikunjungi, utamanya bagi kamu yang suka pemandangan alam yang indah. Apa saja yang bisa menjadi alasan dan bagaimana cara agar dapat ke sana? Berikut ini adalah ulasannya.

Baca Juga: Pantai Karanggongso Trenggalek, Rute lokasi dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Muat Lebih

Informasi umum Gunung Jaas

Puncak Gunung Jaas merupakan satu dari sekian banyak pilihan tempat wisata yang ada di Kabupaten Trenggalek, Jawa timur, Indonesia. Wisata Gunung Jaas sendiri terletak di Kelurahan Ngantru, Kota Trenggalek dan berada sekitar 1,5 kilometer dari pusat kota (hutan kota). Lokasi ini menjadi tempat populer bagi backpacker atau wisatawan, khususnya yang menyukai olahraga hiking atau pendakian. Mengapa Gunung Jaas begitu disukai banyak orang? Tentu saja letaknya yang sangat strategis dan biaya yang sangat terjangkau. Bukan tanpa alasan, dikarenakan letaknya yang tidak jauh dari jalan utama antara kota Trenggalek dan Ponorogo sehingga lokasinya sangat mudah diakses calon wisatawan.

Baca Juga: 32 Tempat Wisata di Trenggalek Yang Mebuat Anda Tercengang

Daya Tarik yang Ada di Gunung Jaas

Dikarenakan titiknya yang sangat dekat dengan pusat kota atau hutan kota yang juga menjadi salah satu primadona kota Trenggalek—membuat puncak Gunung Jaas menjadi titik yang cukup pas untuk menyaksikan pemandangan alam dan kota Trenggalek dengan cara yang spektakuler dan menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu bersama teman, sahabat, ataupun keluarga. Namun tidak disarankan untuk membawa anak-anak, orangtua yang tidak memiliki fisik prima dikarenakan untuk menuju puncak Gunung Jaas adalah dengan cara berjalan dan mendaki. Nah, ketika tiba di puncak Gunung Jaas, kamu akan disapa oleh dinginnya kabut yang menyelimuti puncak atau di sekitar Gunung Jaas. Tapi patut diingat bahwa hal tersebut tidak selamanya berlaku, atau di waktu tertentu saja kalau kamu beruntung. Pemandangan alam yang indah akan tampak jelas, gugusan hijau yang bersumber dari jejeran pohon-pohon sekitar yang tumbuh subur menambah kesan sejuk, menambah kenyamanan kamu menyaksikan lukisan, apalagi ketika kamu mendapati momen matahari terbit—bisa dipastikan kamu akan takjub tak berhenti memandang, ditemani angin menerbangkan rambutmu. Sangat pas bagi kamu penggemar fotografi dengan objek sunset yang spektakuler.

Tiket Masuk di Puncak Gunung Jaas

Bagi kamu yang tertarik datang menikmati keindahan Puncak Gunung Jaas, penting kiranya untuk kamu tahu berapa harga tiket masuk di lokasi tersebut? Umumnya harga tiket sebuah tempat wisata berbeda antara hari kerja dan akhir pekan (hari libur) dan yang terpenting biasanya harga bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan. Namun untuk wisata Gunung Jaas, harga tiket masuk di lokasi ini hanya Rp. 4000/orang, sangat terjangkau.

Transportasi dan Rute ke Puncak Gunung Jaas

Untuk transportasi ke Gunung Jaas, sangat tidaklah sulit. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil. Untuk jalur atau rutenya sendiri, sama mudahnya. Jika kamu dari arah alun-alun kota Trenggalek, ambil jalan menuju kabupaten Ponorogo sampai bertemu jembatan dan belok kanan sampai ke Hutan Kota ditandai dengan gerbang. Dari sini, kamu akan berjalan kaki hingga sampai ke puncak Gunung Jaas.

Meskipun jalur pendakian ke Gunung Jaas tidak masuk ke dalam perjalanan ekstrim, tetap disarankan untuk tetap berhati-hati, dengan lebih mengutamakan keselamatan dan yang paling penting prosedur standar untuk mendaki. Perhatikan cuaca, khususnya angin karena faktor tersebut sangat berpengaruh bagi kesuksesan dan keselamatan para wisatawan.Terlepas dari itu, patut diperhatikan bahwa tetap menjaga kelestarian dan kebersihan rute atau jalan ke Gunung Jaas, jangan membuang sampah sembarangan, merusak segala hal yang ada di sana.

Pos terkait

Loading...