Bukit Banyon, Negeri Atas Awannya Trenggalek

  • Whatsapp
Foto: @arie_ardie

Menyaksikan matahari terbit adalah pengalaman yang benar-benar luar biasa bagi hampir semua orang. Salah satu tempat yang alami dan menakjubkan untuk menyaksikan keindahan matahari terbit adalah di Bukit Banyon, Trenggalek, Jawa Timur.

Baca Juga: Pantai Prigi Trenggalek, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Muat Lebih

Gunung yang memiliki ketinggian 653 MDPL ini tergolong kategori rendah. Namun suasana yang menawan di sini tidak bisa dipungkiri. Selain indahnya pemandangan matahari terbit, pemandangan jajaran bukit juga menambah keindahan Bukit Banyon. Jadi, tidak mengherankan jika gunung ini disebut miniatur Gunung Semeru, yang juga memiliki kegembiraan alam dan pesona alam yang luar biasa.

Akses ke Bukit Banyon dapat dicapai melalui rute hiking dari Desa Widoro, Gandusari, Trenggalek. Pengunjung didorong untuk terus menyiapkan stamina dan logistik yang cukup, meskipun medannya tidak terlalu sulit untuk mengakses sampai puncak banyon. Sementara untuk mencapai puncaknya, dibutuhkan sekitar 1 hingga 2 jam. Ada lima pos yang bisa dijadikan tempat istirahat.

Kelelahan setelah tiba di puncak Bukit Banyon atau Gunung Pawitra tampaknya terbayar. Karena pengunjung dapat menikmati matahari terbit atau terbenam, dengan pemandangan Gunung Arjuno dan Gunung Welirang tepat di sisi Bukit Banyon.

Baca Juga: Eloknya 30 Tempat Wisata di Blitar yang Perlu Kamu Kunjungi

Persiapan untuk Pendakian Bukit

Bukit Banyon bukanlah pendakian yang sangat sulit, namun Anda harus cukup fit untuk mencoba pendakian. Dibutuhkan sekitar satu jam hingga satu setengah jam untuk mencapai puncak Bukit Banyon. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pikirkan ketika Anda mempersiapkan perjalanan Bukit Banyon Anda.

  • Membawa Senter: Senter yang baik membuat tangan Anda bebas untuk menikmati bukit.
  • Pakai Baju Hangat: Anda tidak akan kedinginan saat mendaki Gunung Agung, tetapi dingin di puncak gunung berapi. Pastikan untuk membawa mantel atau jaket hangat untuk bagian atas saat Anda menunggu matahari terbit.
  • Kenakan Sepatu yang Baik: Anda tidak perlu sepatu pendakian khusus (sepatu lari / sport) untuk melakukan perjalanan ke puncak Bukit Banyon, pastikan Anda tidak membawa sandal jepit.
  • Membawa Snack: Membawa snack / energi bar atau air untuk pendakian. Ini akan memberi Anda energi ketika Anda sampai di puncak. Jika Anda tidak membawa camilan, Anda selalu dapat membeli makanan di puncak bukit (hati-hati dengan harganya!).

Bukit Banyon memiliki Asosiasi Trekking resmi. Untuk mendaki Bukit Banyon Anda tidak perlu menyewa pemandu wisata melalui Asosiasi Trekking. Asosiasi Trekking memiliki kantor di kaki Bukit Banyon. Pada dasarnya, bukit ini hanyalah tempat wisata biasa, hanya saja lokasinya memang lebih tinggi dari wisata alam lainnya. Jadi, jangan terlalu takut dan khawatir. Anda tidak membutuhkan pemandu untuk mendaki Bukit Banyon

Harga Tiket Masuk Pendakian Bukit Banyon

Biaya untuk panduan untuk Bukit Banyon adalah sekitar Rp 30.000. Rasio untuk pemandu untuk wisatawan kira-kira 1 pemandu untuk setiap 3 wisatawan. Meskipun dimungkinkan untuk mendaki Bukit Banyon tanpa pemandu, saya pasti akan merekomendasikan Anda untuk berjalan kaki ke puncak bukit banyon, terutama jika Anda mendaki Bukit Banyon untuk menikmati matahari terbit.

Akses Transportasi

Nah, bagamana? Anda tertarik untuk berkunjung ke Trenggalek? Akses transportasinya pun mudah, lho. Jika Anda sudah tiba di terminal Trenggalek, Anda bisa naik angkutan kota jurusan Widoro. Dari sana, Anda tinggal naik ojek ke lokasi wisatanya. Total biaya transportasi dari Terminal Trenggalek ke lokasi wisata hanya sekitar 25 ribu saja, lho. Murah, kan?

Demikian informasi tentang bukit banyon, tempat wisata di Trenggalek memang cukup banyak bila kamu penyuka sunset atau sunrise bukit banyon memang menajdi pilihan tepat buat kamu sobat Triper.

Pos terkait

Loading...