Eloknya 30 Tempat Wisata di Blitar “Kota Proklamator”

  • Whatsapp
foto:eastjava.com

Tempat Wisata di Blitar, Kota Blitar mempunyai banyak sebutan yang paling identik dengan blitar adalah kota proklamtor dimana sang proklamtor yaitu Ir.Soekarno lahir di Kota Blitar. Selain dengan sebutan kota proklamator blitar juga mempunyai sebutan kota Patria, blitar juga disebut kota peta dan kota penghasil ikan Koi.

Secara Geografis Blitar terletak disebelah selatan Provinsi Jawa Timur berbatasan dengan tulungagung disisi barat, disisi utara dengan Kota Kediri, disisi timur dengan Kota Malang dan sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia. Sejarah dari kota blitar dimana pada zaman dahulu suku tatar dari Monggolia mengusasi blitar sang raja majapahit mengutus nilasuwarna mengusir suku tatar dari bumi blitar dan nilasuwarna berhasil mengusir suku tatar dari tanah blitar, kemudian di anugrahi Adipati Aryo Blitar oleh Majapahit.Nilasuwarna berhasil mengusir suku tatar kemudian memberikan nama balitar yang artinya kembalilah suku tatar, Nama Blitar ditetapkan oleh masa penjajahan Belanda dengan beberapa memorandum terkahir pada tahun 1999 resmi dinamakan kota Blitar.

Bacaan Lainnya

Transpotasi menuju Kota Blitar:

Dengan kereta bisa dari Surabaya -Blitar, jika dari Jakarta – Blitar (gajayana,majapahit,matarmaja)

Dengan menggunakan Bus Surabaya -Malang-Blitar, jika dari Jakarta dengan rute Jakarta-Semarang-Madiun-Blitar

Dengan menggunakan pesawat terbang bisa turun di Malang (Bandara Abdul Rachman Saleh) dilanjut dengan bus jurusan Malang-Blitar.

Blitar yang kawentar yang terletak di sisi selatan pulau jawa menawarkan pesona keindahan alam yang mempesona, blitar juga menawarkan wisata sejarah yang kental. Tripjalanjalan.com akan memberikan informasi mengenai Tempat Wisata di Blitar yang patut kalian kunjungi:

  • Tempat Wisata Terkenal di Blitar Candi Penataran
foto:eastjava.com
foto:eastjava.com

Candi Panataran adalah candi yang paling terkenal di Jawa Timur khususnya karena candi ini merupakan peninggalan dari Raja Sreangga (Kadiri) dimana nama asli dari candi panataran diperkirakan candi palah, candi panataran juga merupakan tempat sumpah palapa patih gajah mada waktu itu untuk menyatukan nusantara di bawah kerajaan Majapahit.

Akses menuju Candi Panataran

Blitar -Ngledok-Penataran

  • Obyek Wisata di Blitar Candi Cotes
foto:smpgandusari.blogspot.com
foto:smpgandusari.blogspot.com

Candi Cotes masih dalam satu cerita dengan Candi Penataran yang terkenal di Blitar bahkan candi cotes diperkirakan lebih dulu ada daripada Candi Penataran, lokasi candi ini berada di Gandusari, Cotes, Blitar. Candi cotes berdiri pada 1302 Masehi.Candi Cotes tidak sebesar candi penataran letanya disamping rumah warga akan tetapi candi ini sampai saat ini masih terawat karena warga sekitar bergotong royong untuk saling menjaga warisan budaya tanah leluhur jawa.

  • Obyek Wisata di Blitar Candi Sawentar
foto:mybikingdiary.blogspot.com
foto:mybikingdiary.blogspot.com

Suka belajar sejarah masa kerajaan harus datang ke blitar karena menyimpan keanekaragaman peninggalan kerajaan masa lampau salah satu peninggalan kerajaan masa lampau yaitu Candi Sawentar yang berlokasi kanigoro, desa sawentar, Blitar.

  • Obyek Wisata Candi Gambar Wetan
foto:warnainfi.blogspot.com
foto:warnainfi.blogspot.com

Candi Gambar Wetan ini lokasi di atas bukit dengan pemadangan yang menarik disikitar kawasan candi, udara yang sejuk serta semilir air sepoi membuat tempat bersejarah ini menjadi destinasi yang wajib kalian kunjungi saat pergi ke kota blitar. Lokasi candi ini masih satu kawasan dengan candi terkenal blitar yaitu candi Penataran di daerah Ngleglok. Candi ini berada di atas bukit kalian bisa melihat dari kejauhan gunung kelud yang berbatasan dengan kota kediri.

  • Obyek Wisata di Blitar Arca Warak
foto:blitarian.com
foto:blitarian.com

Candi-candi yang ada di Blitar menggambarkan kejayaan kerajaan masa lampau, seperti arca warak ini dimana araca ini menyurupai gajah kemungkinan ini ada sangkut pautnya dengan sang patih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit. Araca Warak berlokasi di Ngledok masih satu daerah dengan penataran akan tetapi beda dusun, arca warak berada di dusun Mondangan.

  • Obyek Wisata Sejarah Makam Bapak Proklamator “Ir.Soekarno”
foto:kekunaan.blogspot.com
foto:kekunaan.blogspot.com

Jika mendengar kata blitar yang identik dengan “Kota Proklamtor” nah ini yang menjadi sebutan kota tersebut, dimana almarhum pemimpin negara Indonesia pertama di makamkan di Kota Blitar makanya blitar dinamakan kota proklamator. Lokasi Makam Bapak Proklamator ini tidak jauh dari pusat kota Blitar hanya -+3km bisa sampai lokasi. Jika sobat trip sudah sampai alun-alun kota bisa berjalan kaki untuk sampai lokasi makam. Dalam museum ini terdapat banyak koleksi buku milik bung karno kalian bisa melihat dan belajar bagaimana dulu seorang pemimpin bangsa bisa menjaga kedaultan Indonesia.

  • Obyek Wisata Istana Gebang Saksi Lahirnya Bapak Proklamator

istana gebang blitar

Isntana Gebang adalah tempat dimana bung karno tumbuh kembang beliau lahir di blitar dan istana gebang adalah rumah kedua orang tua beliau. Lokasi isntana gebang tidak jauh dari museum bung karno kalian hanya cukup jalan kaki atau naik becak yang berjarak -+ 2km dari museum bung karno. Didalam istana gebang kalian bisa melihat seperti apa tempat tinggal bung karno dulu dan bagaiamana arsitektur bangunan istana gebang.

 

Setelah kita berwisata sejarah di blitar mari saatnya bermain air, karena Blitar berada dipesisi selatan pulau jawa bliat menawarkan seribu keindahan pantai yang mempesona untuk bisa kalian sambangi melepas kepenatan dikala jenuh bekerja, pantai adalah obat yang muajarab untuk merenggangkan otot serta otak kita.

Pantai yang terkenal di Blitar yaitu Pantai Tambakrejo

foto:infojalanjalan.com
foto:infojalanjalan.com

Transpotasi Menuju Pantai Tambakrejo Blitar:

Arahkan kendaraan kalian menuju selatan kota blitar sekiatar 30km dari pusat kota, jik kalian menggunkan angkot dimulai dari terminal kota bisa naik angkot dengan trayek terminal blitar-gawang sesampai di gawang kalian bisa ojek atau jalan kaki biar sehat untuk sampai di bibir pantai tambakrejo, untuk angkot menuju gawang hanya beroperasi sampai sore hari, jika kalian sampai di kota blitar pada sore hari di sarankan untuk menginapa terlebih dahulu di alun-alun kota:D.

Tiket Masuk Pantai tambakrejo Bitar:

Rp.20000

Pantai tabakrejo blitar mempunyai karakter berpasir putih mulus, jadi pengen bobo’an lihat pantai yang bersih nan asri seperti itu 😀 , di pantai tambakrejo setiap tahun ada prosesi larung yang diadakan pada tahun baru islam. Jika berkunjung kesini pilih waktu yang tepat seperti acara larungan agar mendapatkan moment yang spesial dan tahu bagaimana prosesi larung sejaji yang ada di pantai tambakrejo.

  • Obyek Wisata Pantai Jolosutro Blitar
foto.kabblitar.go.id
foto.kabblitar.go.id

Trasnpotari menuju Pantai Jolosutro Blitar:

Jika dari pusat kota berjarak -+40km ke arah selatan tepatnya di desa ringinrejo, Wates, kalian bisa aarahkan kendaraan kalian ke daerah wates tepatnya di desa ringinrejo perkiraaan menhabiskan waktu temmpug 30menit perjalanan dari kota blitar.

Tiket Masuk Pantai Jolosutro Blitar:

Free bayar parkir penduduk sekitar.

Pantai jolosutro terdiri dari pasir putih dan bebatuan, pantai yang sunyi sangat tepat buat kalian yang ingin melepas gundah gulana, kalian bisa membuka tenda dipinggiran pantai karena pantai ini masih sepi dan asri jadi cocok untuk aktifitas camcer.

  • Obyek Wisata Pantai Pangi
foto:zulfimaida.blogspot.com
foto:zulfimaida.blogspot.com

Transpotasi Menuju Pantai Pangi Blitar:

Dari pusat kota berjarak -+43km arahkan kendaraan kalian menuju daerah krajan selatan kota blitar, jika memaju kendaraan dengan kecepatan 60km/jam dibutuhkan waktu -+ 35menit untuk bisa sampai di pantai pangi.

Tiket Masuk Pantai Pangi Blitar:

Free

Pantai pangi berada diantara teluk otomatis pantai ini tidak begitu besar ombaknya kalian bisa bermain air dengan aman akan tetapi perlu kehatian serta tetap jaga jarak aman jangan terlalu ke arah dalam kalo main air di pantai pangi. Waktu yang cocok untuk berlibur ke pantai pangi adalah saat musim kemarau di antara bulan juni-oktober.

  • Obyek Wisata Pantai Serang Blitar
foto:travelerblitar.com
foto:travelerblitar.com

Transpotasi Menuju Pantai Serang Blitar:

Berjarak -+ 50km dari pusat kota arahkan kendaraan kalian ke panggungrejo, desa serang, waktu tempuh untuk bisa sampai pantai serang -+ 35menit jika kendaraan kalian berkecepatan 60km/jam.

Tiket Masuk Pantai Serang Blitar:

Free

Pantai serang ini memiliki bibir pantai yang luar serta menhgadap samudra hindia langsung tidak ada karang atau apapun yang ada di pinggiran pantai ini jadi ombak di pantai ini besar akan tetapi dengan bibir pantai yang luar serta lebar ombak terpotong oleh air dikawasan ini menjadi ombak di sini sampai ke bibir pantai tidak terlalu besar jadi aman untuk kalian bermain air.

  • Obyek Wisata Pantai Gondo Mayit

pantai gondo mayit blitar

Berlokasi di Tambakrejo,Wonotirto, pantai ini mempunyai pemandangan yang sangat bagus jika kalian menimatinya dari bukti sekitar kawasan pantai. Pantai Gondo mayit? nama ini terasa seram terdengar saat kita mendengar saja, apakah pantai seseram namanya? pada zaman dahulu kala ternyata pantai ini memang serem karena terdapat banyak mayat ditemukan di pantai ini. Pantai Gondo Mayit diamana terdiri dari dua suka kata Gondo yang artinya bau dan Mayit berarti mayat jika di gabung menjadi bau mayat, nah begitu cerita dari pantai gondo mayit serta asal muasal penamaan pantai Gondo Mayit Blitar.

  • Obyek Wisata Pantai Peh Pulo Blitar

Transpotasi Menuju Pantai Peh Pulo:

foto:islahagus.blogspot.com
foto:islahagus.blogspot.com

Arahkan kendaraan kalian ke daerah Panggungrejo sisi selatan kota Blitar dengan jarak tempuh -+ 45km dari pusat kota.

Tiket Masuk Pantai Peh Pulo:

Free

Pantai Peh Pulo memiliki view yang amaziang di lihat dari tebing sekitar kawasan pantai, kalian akan melihat pulau yang berada tidak jauh dari bibir pantai peh pulo. pantai ini cocok buat kalian yang doyan backpacker, sambil buka tenda minum kopi ditambah dengan pemangan pantai peh pulo yang menawan.

  • Obyek Wisata di Blitar Yang Membuat Jantung Kalian Copot
goto:tigoadventure.com
goto:tigoadventure.com

Blitar juga mempunyai tempat tujuan wisata yang membuat kalian merinding, ketir-ketir, dan bisa membuat jantung kalian berasa copot, kalaian bisa rasakan olahrga extream Arum jeram Soko berlokasi di tegalsari masuk kawasan wlingi Kota Blitar. Arum jeram soko dikelola oleh komunitas soko adventure dan melalui dua sungai yaitu sungai tiko dan lekso. Arum jeram tinggal kalian pilih dimana lokasinya sungai tiko atau lekso dan rasakan sensasi masing-masing sungai tersebut.

Menyurusi pantai kota blitar dari perbatsan tulunagung sampai perbatasa kota malang telah selesai saat kita menengok tempat wisata bawah tanah kota blitar, apakah blitar meyimpan keindahan lainya selain pantai, sejarah? yap blitar ternyata mempunyai Goa yang mempesona yaitu Goa Embultuk.

  • Obyek Wisata Goa Embultuk Blitar.

goa embultuk blitar

Berlokasi di Bakung, desa tumpakkepuh. Goa embultuk ini berada di kawasan air sungai jika kalian menyukai tantangan patut kalain coba menyusuri goa embultuk yang ada di blitar ini. Satglati dan Staglamit di goa ini masih hidup dan mempesona, akan tetapi untuk melihat keindahanya kalian kudu ,wajib menyusuri goa Embultuk. Goa embultuk merupakan satu-satunya goa yang ada di Kota Blitar, pada musim liburan goa ini sangat ramai pengunjung baik dari blitar maupun luar daerah.

  • Obyek Wisata Coban Wilis Blitar

Coban Wilis berada di kawasan Gunung kelud yang menjadi perbatasan antara Blitar-Kediri akan tetapi Coban Wilis masuk dalam administarasi Blitar letak coban wilis berada di desa semen, Gandusari.

Coban wilis sendiri berada di kaki gunung kelud dimana akses untuk menuju lokasi sangat membutuhkan tenaga extra, kalian harus naik turun bukit selama -+ 2 jam perjalanan untuk bisa sampai lokasi coba wilis, akan tetapi segala jerih payah kalian akan terbayar oleh indahnya Coba Wilis. dibawah ini adalah sosok coba wilis:

coban wilis blitar

  • Obyek Wisata Coban Sirah Kencong Blitar
air terjun sirah kencong blitar
foto:ikamdjaja.worpress.com

Transpotari Menuju Air Terjun Sirah Kencong:

Arahkan kendaraan kalian ke Gandusari patokan pasar patokan pasar semen jika sudah menemukan pertigaan pastikan kendaraan kalian arahkan ke kawasan perkebunan teh sirah kencong, dari perkebunan sirah kencong silahkan parkir kendaraan kalian di area parkir menuju air terjun sirah kencong dan dilanjutkan menyusuri perkebunan sirah kencong menuju air terjun sirah kencong, untuk tanda menuju lokasi air terjun sudah tersedia hanya mengikuti petunjuk saja untuk bisa sampai lokasi. Air terjun sirah kencong tidak begitu ramai oleh pengunjung baik di musim liburan.

Tiket Masuk Air terjun Sirah Kencong:

Free

  • Obyek Wisata Air Terjun Grenjeng Blitar
foto:journesia.com
foto:journesia.com

Berlokasi di Panggungrejo, desa Balerejo, Blitar. Air terjun grenjeng mempunyai ketinggiaa -+ 10M dengan dikelilingi sendemen warna hitam sekitar air terjun, kalian bisa melakukan aktifitas berenang di air terjun grenjeng ini karena terdapat danau dari kawasan jatuhnya air terjun grenjeng.

Transportasi Menuju Air terjun Grenjeng Blitar:

Blitar-Panggungrejo-Desa Balerejo

Tiket Masuk Air Terjun Grenjeng:

  • Obyek Wisata Air tejrun Bening Blitar

air terjun bening blitar

Wah nama air tejun ini bening apakah sebening namanya air di sini? kalo ingin tahu seberapa bening airnya ia datang langsung ke air terjun bening blitar yang terletak di Puworejo, dusun Sumberdadi, Blitar. Kenapa dinamakan Air Terjun Bening kemungkinan karena air ini berlapis batu yang keras berwarna ke emasan sehingga air terjun seakan memancarkan cahaya makanya warga sekitar memberikan nama air terjun bening. Air terjun bening belum dikelola oleh PEMDA untuk itu tiket masuk belum tersedia.

Transpoatasi Menuju Air terjun Bening Blitar:

Blitar – Puworejo-Sumberdadi (25km dari pusat kota)

Tiket Masuk Air terjun Bening Blitar:

Free

Tempat Wiata di Blitar lain kami rangkup di bawah ini:

  1. Alam Pako Blitar
  2. Pemadian Sumber Udel
  3. Agrowisata Karangsari
  4. Penangkaran Rusa maliran
  5. Monumen Trisula
  6. Taman Wisata Kebunrejo
  7. Alun-Alun Kota Blitar
  8. Kebun Teh Sirah Kencong
  9. Masjid Agung Blitar
  10. Kuliner Khas Blitar

Tertarik berkunjung ke Blitar setelah baca ulasan kami? segerakan menyusun agenda untuk berkunjung ke Kota blitar. Semoga infromasi yang kami berikan memberikan manfaat dan akhir kata selamat berlibur bersama Keluarga, Kerarbat,Sahabat atau kekasih anda bagi yang Jomblo baca saja tidak usah traveling nanti kalo sudah punya pasangan (lalu di lempar rokok sebungkus).

Pos terkait