30 Tempat Wisata di Tulungagung Yang Patut Kalian Sambangi

  • Whatsapp
foto:acc.co.id

Tulungagung adalah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur , lokasi kota tulungagung yang berada di sisi selatan pulau jawa membuat kota ini banyak menyimpan wisata alam yang mempesona khususnya pantai. Sejarah mengenai penamaan Tulungagung, dimana tulungagung terdiri dari dua suku kata yaitu tulung yang berarti sumber besar dan agung artinya besar, dalam bahasa jawa tulungagung berarti sumber air yang besar dimana masa dulu tulungagung mempunyai banyak sumber air sampai-sampai tuluagung setiap kawasan tergenang air makanya dinamakan Tulungagung.

Tulungagung juga terkenal dengan penghasil marmer terbesar di Indonesia yang berada di sisi selatan kota Tulungagung tepatnya di Kec.Campurdarat. Bagi yang mau bangun rumah silahkan order langsung marmer dari tulungagung 😀 , marmer tulungagung sudah menembus pasa internasional jadi jangan diragukan lagi kwalitas dari mamrmer tuluagung.

Bacaan Lainnya

Sudah memberikan gambaran sedikit mengenai kota Tulungagung mari kita ulas mengenai Tempat Wisata di Tulungagung Yang Patut Kalian Sambangi , Berikut tempat wisata yang ada di Tulungagung:

foto:islahagus.blogspot.com
foto:islahagus.blogspot.com

Kedung tumpang ini pernah kita bahas di sini Wisata Hits di Tulungagung “Kedung Tumpang”, kedung tumpang berlokasi di Pucanglaban, Tulungagung akses menuju kedung tumpang arahkan kendaraan kalian ke arah selatan kota tulungagung sekitar 35km dari pusat kota menuju pantai molang jika sudah ketemu pantai molang kalian bertanya ke warga mengenai lokasi kedung tumpang.

foto:infowisatatulunagung.blogspot.com
foto:infowisatatulunagung.blogspot.com

Pantai pathok gebang masih asri karena lokasinya yang sulit untuk dicapai kalian harus berjalan kaki untuk bisa sampai ke lokasi pantainya, pantai pathok gebang berlokasi di jenglungharjo, tanggung gunung, tulungagung satu paket dengan pantai sanggar akan tetapi pantai pathok gebang kalian harus mendaki bukit untuk bisa sampai di bibir pantainya, lama perjalan dari rumah warga untuk mendaki bukit dan sampai di bibir pantai membutuhkan waktu -+ 45menit. Akses menuju pantai pathok gebang sobat trip arahkan kendaraan ke selatan berjarak sekitar 30km dari pusat kota menhabiskan waktu perjalanan -+ 40menit untuk bisa sampai kawasan pantai pathok gebang.

foto:betifulbeach.blogspot.com
foto:betifulbeach.blogspot.com

Pantai sanggar masih dalam satu kawasan dengan pantai pathok gebang, jika pantai pathok gebang menaiki bukit untuk bisa menikmati pantainya lain hal dengan pantai sanggar yang sudah terkenal lebih dulu dan lokasi masih enak untuk dicapai karena infrastrukturnya sudah memadai karena berada tidak jauh dari rumah warga yang ada di desa jenglungharjo akan tetapi pantai ini juga belum dikelola oleh PEMDA untuk tiket masuk pantai ini tidak ada retribusi kalian hanya membayar parkir saja kepada penduduk sekitar.

foto:acc.co.id
foto:acc.co.id

Pantai popoh ini merupakan icon tulungagung karena pantai ini adalah pantai yang paling ramai dikunjungi dan terkenal di jawa timur, lokasi pantai sendiri berada di Besuki, akses untuk menuju pantai popoh dari pusat kota berjarak 30km kalian arahkan kendaraan kalian ke arah selatan tulungagung untuk menuju pantai popoh, perkiraan lama perjalanan -+ 40menit perjalanan kalian bisa sampai di pantai popoh.

Tiket Masuk Pantai Popoh Tulungagung:

Rp.3.000

foto:webtempatwisata.com
foto:webtempatwisata.com

Brlokasi di di recosewu, Besuki, Tulungagung pantai coro masih satu deretan dengan pantai popoh hanya sekitar 4km saja dari pantai popoh lokasi pantai coro ini. Pantai coro yang mempunyai pasir putih menawan sangat cocok buat kalian penghoby pantai untuk bermain air maupun ayunan 😀 , pantai coro jadi alternatif jika pantai popoh lagi ramai.

foto:bloggertulungagung.blogspot.com
foto:bloggertulungagung.blogspot.com

Pantai sine berlokasi di Kalidawir, desa kalibatur, tulungagung, akse menuju lokasi pantai sine bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dengan mengarahkan kendaraan ke arah selatan dari pusat kota berjarak -+35km. Pantai sine berkarakter obyak besar dan memiliki pasir yang agak kecoklatan. Pantai sine terkenal dengan sebutan pantai matahari terbit jika sobat trip pemburu sunrise sangat tepat untuk datang ke pantai sine.

foto:wikipedia
foto:wikipedia

Berlokasi Pucanglaban pantai ini masih satu deretan dengan kedung tumpang yang ngehit itu, pantai lumbung ini punya ciri khas dimana dibibir pantai terdapat karang yang menjulan seperti pantai papuma, pantai lumbung tidak bisa dinikmati dari dekat karena berada di berada dibawah bukit belum ada akses turun kepantai ini.

foto:islahagus
foto:islahagus

Pantai molang masih satu deretan dengan pantai lumbung berada di daerah pucanglaban, jika pantai lumbang susah aksesnya untuk bisa sampai di bibir pantai beda hal dengan pantai molang ini kalian bisa langsung main air di bibir pantai karena lokasiny mudah di akses.

Pantai Klatak tulungagung

Berlokasi Besuki, desa keboireng, Tulungagung, akses menuju pantai klatak dari pusat kota bisa mengarahkan kendaraan kalian ke arah selatan agak ke timur ke daerah besuki berjarak -+ 40km dari pusat kota. Pantai klatak memiliki kostur berkarakal tidak berpasir putih jadi ini pantai cocok buat kalian yang ingin memancing.

foto:ilhamridwan
foto:ilhamridwan

Berlokasi di jenglungharjo, pantai ini masih satu deretan dengan pantai sanggar. Pantai ini rekomen buat bersantai karena lokasi di ampit oleh bukit sekitar jadi ombak yang ada di pantai ini tidak terlalu besar cocok buat kaian yang demen santai.Kalian juga bisa membuka tenda di pantai ini untuk melengkap santai kalian bersama teman seperjalanan.

foto:berliburyuk.blogspot.com
foto:berliburyuk.blogspot.com

Berlokasi di Tangunggunung, desa ngrejo, akses menuju pantai brumbun bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua melalui track pusat kota yang berjarak -+ 25km untuk bisa sampai di lokasi. Pantai brumbun punya ombak ang tidak besar cocok untuk liburan keluarga.

foto:dellaseptiani.blogspot.com
foto:dellaseptiani.blogspot.com

Berlokasi di Besuki, pantai ini masuk satu deret dengan pantai popoh hanya karang dan bukit kecil yang memisahkan pantai popoh dan pantai sidem ini oleh karena ini pantai sidem ini merupakan pantai yang cukup ramai di kunjungi.

air terjun pandan wangi tulungagung

Air terjun pandan wangi berlokasi di Sendang, desa ngelurup, akses menuju air terjun pandan wangi arahkan kendaraan kalian ke arah selatan dan barat kota tulungagung ke Ngelurup jika sudah sampai ngelurup kalian parkir kendaraan kalian di pelataran rumah warga dan dilanjutkna denga jalan kaki -+ 50 menit perjlanan.

foto:idnusantara.com
foto:idnusantara.com

Berlokasi di Sedang, desa Geger, tulungagung. Akses menuju air terjun lawean dari pusat kota arahkan kendaraan kalian ke arah barat daya kota tulungagung yang berjarak 30km untuk bisa sampai di desa geger dilanjut dengan berjalan kaki untuk bisa sampai lokasi air terjun lawean. Air terjun lawean adalah air terjun yang berada di kaki gunung wilis, tinggi air terjun -+ 30m.

goa gembyang tulungagung

Berlokasi di Pacet. desa kuripansari, tulungagung, goa ini bisa kalian kunjungi dengan mengarahkan kendaraan kalian ke arah pacet yang berjarak -+15km dari pusat kota goa ini leatknya tidak jauh dari jalan raya ada papan yang akan menuntun kalian bisa sampai ke lokasi. Goa Gembyang konon adalah tempat semedi Raja Majapahit yaitu Raden Wijaya.Dalam goa gemyang sebelah kanan ada yang menyebutnya Goa Putri, jika sebelah kiri disebut Goa Maling yang konon lubang di goa maling ini tembus sampai sumur upas trowolan Mojokerto.

goa selomagelng tulunagung

Goa Selomangleng mempunyai arti dimana selo artinya  batu dan magleng yang berarti miring kalo di gabung menjadi batu miring. Goa selomagleng dibuat di batu dengan cara dipahat sehingga membentuk lubang. Goa selomagleng ada 2 dimana salah satunya di Tulungagung yang dibangun pada masa majapahit untuk selomagleng kedua ada di kediri yang dibangun pada masa airlangga.Goa selomagleng berlokadi di desa sangrahan.

foto:tulungagung.go.id
foto:tulungagung.go.id

Berlokasi di sumbergempol, desa junjung, goa pasir sangat populer di tulungagung goa ini sangat ramai jika musim liburan tiba karena lokasinya yang sejuk cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan diseikitar goa pasir juga terdapat makam tua yang dikeamtkan oleh penduduk sekitar yaitu makam mbah bodho.

goa tan tek sue tulungagung

Goa Tan Tek Sue adalah goa yang ramai di kunjungi oleh umat konghuchu pada hari besar.  disekitar goa tumbuh durian yang sangat terkenal di tulungagung yaitu durian bajul jika kalian berkunjung ke goa ten tek sue jangan lupa merasakn buah durian khas tulungagung yang satu ini.

candi dadi tulungagung

Berlokasi di Wajak kidul, desa mojo, Tulungagung. Candi dadi di bangun di atas bukit jika kalian ingin ke candi dadi harus siapkan fisik yang matang akan tidak capai saat melakukan tracking ke candi dadi.

foto: by galih
foto: by galih

Berlokasi di Wajak geger, desa turi, Tulungagung. Candi penampilang berada di area perkebunan lereng wilis tidak jauh dari kec.sendang hanya berjarak 8km jika dari kec.sendang lokasi candi penampilan.

candi boyolangu tulungagung

Berlokasi di Boyolangu, desa boyolangu, Tulungagung. Candi boyolangu ditemukan pada 1914. Dalam kawasan candi ada satu candi induk dan ada dua candi parwara . DI candi induk ada arca gayatri, dimana gayatri adalah nenek dari hayamwuruk.

foto:taexplore.blogspot.com
foto:taexplore.blogspot.com

Berlokasi di Rejotangan yang berbtasan langsung dengan kota tetangga yaitu Blitar, dibukit ini kalian bisa hunting foto karena ada bekas pabrik peninggalan belanda. akses menuju bukit cemenong arahkan kendaraan kalian menuju perbtasan kota ke desa rejotangan.

foto:ga;ihprihan
foto:ga;ihprihan

Berlokasi di Besuki, tebing banyu mulok adalah tebing yang kekinian yang ada satu lokasi dengan pantai Coro, jika kalian ke pantai coro sempatkan ke tebing banyu mulok ini untuk melepas leleah dan memadang indahnya samudra hindia dari tebing banyu mulok.

jamboland waterpark tulungagung

Demen main air datang ke jamboolang waterpark yang berlokasi di jl.srabah no.1, Tulungagung Jawa Timur. Jambolan waterpark adalah wahan air yang paling populer di tulungagung. Jambolang menyediakan wahana air yang begitu lengakap dari kolam anak-anak, dewasa, seluncuran, kolam bak air dll. Tempat ini sangat cocok buat liburan akhir pekan bersama keluarga.

Tiket Masuk Jambooland Waterpark Tulungagung

Rp.35.000

foto:azizhadi.com
foto:azizhadi.com

Nah ini untuk para pendaki kalian harus mencoba gunung yang ada di tulungagung yaitu gunung budhek yang mempunyai ketinggai -+623mdpl berlokasi di Boyolangu satu kawasan dengan candi boyolangu. Sejarah gunung budhek ada seorang laki-laki yang bernama Joko Budhek yang jatuh cinta kepada seorang wanita yang bernama rorokembang sore dimana wanita ini keturunan dari kalangan tajir masa itu dan joko budhek suka kepadnya, niat seorang lelaki untuk mendapatkan cinta gadis pujaan terus meraung di benak joko budhek. Joko budhek terus berusaha untuk mendapatkan cinta gadis pujaan yaitu rorokembang sore, dan kahirnya hati rorokembang sore luluh oleh kegigihan usaha yang di lakukan oleh joko budhek . Pada suatu hari rorokembang sore memberikan persyaratan kepada joko budhek jika ingin meminang, rorokemnang sore menyruh joko budhek untuk bertapa di salah satu bukit di Tulungagung selama 40 hari, akan tetapi dalam 1 hari saja rorokembang sore merindukan joko budek dan mengahpiri ke bukit tempat dia tapa, rorokembang sore memanggil joko budek akan tetapi joko budek diam saja, pada saat itu juga kejadian terjaadi joko budhek menjadi batu, nah dari cerita legenda ini gunung budhek dinamakan.

Demikian rangkuman mengenai tempat wisata yang ada di Tulungagung semoga memberikan manfaat buat pembaca setia tripjalanjalan.com, ingat saat mengexplore suatu tempat jangan melakukan hal yang merusak alam dan tanamkan kesadaran pada diri kita selalu buang sampah pada tempatnya.

 

Pos terkait

Loading...