Eloknya 20 Tempat Wisata di Kota Tahu “Kediri”

  • Whatsapp
Foto:hargatiketwisata.blogspot.com

Mendengar Kota Kediri identic dengan Gudang Garam, memang betul Gudang Garam tumbuh kembang di Kediri akan tetapi selain gudang garam Kediri merupakan kota penghasil gula terbesar se jawa bahkan Indonesia, tidak heran jika Kediri merupakan penghasil gula terbesar karena Kediri berada di kaki bukit gunung yang aktif yaitu gunung kelud sehingga tanah di Kediri sangat subur. Kota Kediri sendiri merupakan kota terbesar ketiga di jawa setelah Surabaya dan Malang. Tahu tidak kalian bahwa kediri sebenarnya punya sebutan yaitu “Kota Tahu”

Kediri yanga terkenal dengan penghasil Gula juga mempunyai makanan khas antara lain:

Muat Lebih

1Soto Kediri
2Sate Bekicot
3Stik Tahu
4Tahu Takwa
5Krengsengan
6Nasi Goreng Arang
7Sate Emprit

 

Di atas adalah makanan khas kota Kediri yang harus dan wajib kalian coba saat berkunjung ke Kota Kediri, kota Kediri sendiri berada di tengah-tengah pulau jawa dimana berbatasan langsung dengan pare, Mojokerto disisi timur, sebelah selatan dengan kota Blitar dan Tulungagung, Sebelah barat dengan Nganjuk, sebelah Utara dengan Bojonegoro.

Kediri selain terkenal dengan Kota Tahu, Kediri yang terdiri dari daratan dan Gunung menyimpan pesona alam yang tidak kalah dengan kota lain bahkan Kediri disebut juga dengan kota grojokan karena berada di kaki gunung wilis , dan Gunung kelud makanya di Kediri banyak grojokan.

Berikut kami rangkum Tempat Wisata di Kediri yang mungkin belum kalian kunjungi akan kami berikan ulasanatempat apa saja yang ada di Kediri agar kalian saat berkunjung ke Kediri bisa berwisata dengan lengkap.

Pertama- tama bagaimana akses menuju kota Kediri?

Trasnportasi menuju Kediri:

Via Udara:

Turun di Juanda atau di Raden Rahmat Malang kemudian di lanjut dengan naik bus.

Via Darat dengan armada Bus Kota

Surabaya-Mojokerto-Kediri

Jakarta-Semarang-Madiun-Kediri

Via Darat armada kereta api

Jkt-Kediri

Surabaya-Kediri

Via Laut

Bisa naik kapal menuju pelabuhan tanjung perak Surabaya di lanjut dengan bus kota jurusan Kediri.

Akses ke Kediri baik via udara,darat, laut sudah, saatnya kita berikan informasi 30 Tempat Wisata di Kota Kediri dengan sebutan “Kota Tahu”.

  • Obyek Wisata Gunung Kelud Yang Fenomenal di Kediri
Foto:hargatiketwisata.blogspot.com
Foto:hargatiketwisata.blogspot.com

Berbicara dengan Kota Kediri pasti tidak jauh yang namanya Gunung Kelud karena Gunung Kelud yang masih aktif sering meletupkan abu vulkanik, jika kalian tinggal di Jawa timur khususnya pasti pernah merasakan hujan abu disebabkan karena gunung kelud berkatifitas aktif , dimana gunung kelud meletus terakhir pada tahun 2014 tepatnya bulan februari.

Gunung Kelud merupakan tempat favorit bagi warga penduduk Kediri khsusunya akan tetapi tidak mendampik bahwasanya gunung kelud banyak di incar oleh para wisatawan dari luar Kediri. Wisatawan yang datang ke Gunung Kelud tidak semua Pendaki sobat trip banyak dari kaula muda, bahkan lansia datang untuk menikmati indahna panrorama Gunung Kelud ini, karena akses menuju lokasi wisata ini sangat mudah bahkan di kawasan Gunung kelud sendiri sudah tersedia anak tangga yang siap mengarahkan kalian ke lokasi atau spot Gunung Kelud.

OBYEK WISATA DI KEDIRI

  • Jalan-Jalan Seru Ke Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Jika di Jakarta ada namanya Budaran HI di Kediri juga punya tempat asik nongkrong di pusat Kota yaitu Monumen Simpang Lima Gumul. Simpang Lima Gumul di bangun pada tahun 2008 dimana mempertemukan daerah akses menuju gampangrejo,pagu,pare,pesantren dan plosklaten. Simpang lima gumul sangat ramai jika pada sore sampai malem karena para muda-mudi bahkan yang bersitri bercengkrama sambil makan roti untuk menghabiskan waktu malam hari di simpang lima Gumul Kediri.

  • Suka Main Air Yuk Wisata Seru di Gumul paradies Island Kediri

Gumul Paradies Island adalah wahana air yang paling popular di Kediri dimana mempunyai seluncur air yang keren, jadi jika berkunjung ke Kediri mampir kesini dan rasakan wahana apa saja yang ada di gumul paradies island Kediri.

Loaksi Gumul Paradies Island Kediri:

Desa Tugurejo, Kec.Gampengrejo, Kediri, Jawa Timur, Indonesia.

  • Jalan Jalan Seru di Kediri Bermain Air Terjun Dolo

Demen main air? Satu lagi ini tempat ngehit di Kediri yang saying kamu tinggalkan yaitu air Terju Dolo.

Lokasi Air terjun Dolo Keidiri:

Dusun Besuki, Jugo, Kec.Mojo, Kota Kediri, Jawa Timur, Indonesia Itu Kaya Wisata.

Air terjun Dolo mempunyai ketinggian -+ 120m dimana berada di ketinggian 1.800 mdpl sehingga jika kalian berkunjung ke sini kalia akan menghirup udara yang sejuk merona seperti berada di surge :D, fasilitas air terjun dolo sangat lengkap dari musola, kamar mandi, toilet tersedia disini bahkan buat kalian yang sudah punya pasangan di sekitar kawasan air terjun tersedia penginapa denga harga terjangkau, ingat ia pasangan yang sah secara hokum jangan pasangan sah di mata kalian 😀 .

  • Jalan Jalan Seru ke Obyek Wisata Alam Sumber Ubalan Kediri

Sumber Ubalan adalah sumber air yang ada di Desa Kalasan, Kec.Plosoklaten berjarak sekitar 15km dari pusat Kota Kediri. Sumber Ubulan memiliki falisitas didalamnya untuk menunjang ketertarikan wisatawas telah tersedia taman bermain , kolam renang juga tersedia di sumber ubulan, kamar mandi, toilet, warteg dll, jika kalian datang ke sumber umbulan jangan kwatir akan kelaparan dan lesek karena sudah tersedia berbagai fasilitas didalamnya. Tunggu apa lagi segerakan datang ke sumber umbulan ajak kelaurga tercinta atau sahabat kalian untuk berlibur di sumber umbulan.

  • Berwisata ke Goa Selomagleng siapa takut

Goa Selomagekng punya cerita tersendiri bagi warga Kota Kediri dimana dari sejarah legenda zaman dahulu bahwasanya Goa Selomagleng adalah tempat persembuyian  Dewi Kilisuci putri dari Raja Erlangga, kenapa Dewi Kilisuci sembunyi di Goa Selomagleng? Karena Dewi Kilisuci meolak merima tahta yang diberikan oleh Ayahanda yaitu Raja Airlangga, maka dari itu Goa Selomageleng ini menjadi bukti sejarah peradapan zama kerajaan Airlangga kala itu.

Lokasi Goa Selomagleng Kediri:

Desa Waung, Mojoroto, Kediri, Jawa Timur, Indonesia itu Indah Bro.

  • Ngaku Anak Pendaki Yuk Intip Gunung Yang Ada di Kediri Yaitu Gunung Klothok

Lokasi Gunung Klothok sebenarnya masih satu kawasan dengan Goa Selomageng, jika kalian beriwsata ke Goa Selomageleng dan kalian pendaki Gunung Klothok patut kalian coba untuk daki.

  • Berwisata Ke Gunung Maskumambang Kediri

Gunung Maskumambang masih sejajar dengan Gunung Klotoh habis dari Gunung Klothok kalian bisa tektok ke Gunung Maskumambang karena lokasi masih satu daerah saying kalo kalian tinggalkan kesempatan ini.

  • Berwisata Sejarah ke Museum Airlangga Kota Kediri

Ingin tahu sejarah Kerajaan Airlangga berkunjung ke museum Airlangga yang ada di Mojoroto, Kediri kalian bisa belajar mengenai peradapa zama kerajaan Airlangga di museum ini.

  • Mengetest Ilmu Berbahasa Ingris Kalian Dengan Berwisata di Kampung Ingris

Tahu kampong Ingris dimana? Yap kampong ingris ternyata ada di Kediri tepatnya di Pare berbatsan dengan Kota tentangga Mojokerto, kalian bisa berwisata sambil belajar berbhasa ingris di kampong ingris Kediri ini. Kampung ingris sangat ramai jika waktu liburan karena banyak penduduk warga Kediri yang ingin belajara bahasa ingris bahkan dari luar daerah datang untuk menimba ilmu di kampong ingris.

Kampung ingris mempunyai 146 lembaga kursus sehingga kalian yang dari luar kota tidak usah kuwatir jika tidak dapat tempat kursus karena di kampong ingris mempunyai lembaga kursus yang banyak.

Fenomena di kampong ingris dimana warga sekitar kampong ingris menggunakan bahasa ingris saat melakukan komunikasi sesame warga,jangan heran jika tukang ayam bisa bahasa ingris disini heee.

  • Jalan –Jalan Seru ke Candi Surawana Kediri

Suka belajar sejarah mengenai peradapan kerjaan tempo dulu, peninggalan kerajaan, arca, artepak yuk berwisata ke Candi Surawana yang berlokasi di Cangu, Pare, Kota Kediri.

Candi Surawana masih dalam satu daerah dengan ampung  ingris jika kalian selesai kursus bahasa ingris main ke candi surawana untuk melihat eksotisnya peninggalan prasejarah zaman dulu.

Candi Surawana di bangun pada abad 14 dengan ukuran -+ 8×8 meter. Candi ini dengar cerita dari warga sekitar bahwasanya dipersembahkan untuk Kerajaan Wengker kala itu. Raja Wengker yang bernama Bhre Wengker yang meninggal pad tahun 1388 masehi, sehingga candi ini adalah bukti sejarah bahwasanya zama dahulu kerajaan Wenker Berjaya.

  • Tempat Wisata Tjoe kiong di Kediri

Tjoe Kiong adalah kuil yang ada di Kota Kediri, jika kalian berkunjung ke kuil ini setiap bulan mei dan juni ada pertujukan wajang, jadi buat kalian yang ke Kediri dan berkunjung ke kuil Tjoe Kiong waktu yang tepat adalah bulan Mei dan Juni agar bisa menyasikkan pertujukan wayang secara live di kuil Tjoe Kiong.

  • Jalan-Jalan Seru ke Candi Tegowangi Kediri

Vandi tegowangi berbeda dengan candi surawana yang ada di pare, candi ini mempunyai relief yang menceritakan kehidupan masa lampau di dingding candi, jika kalian arkleogi wajib datang ke sini untuk mempelajari bagaimana sejarah di bangunya candi tegowangi.

  • Jalan-Jalan Seru di Air Terjun Irenggolo Kediri

Air terjun irenggolo mempunyai ketinggian kurang lebih 10m dari dasar tanah berkarakter batu disepajang aliran air terjun, jadi air yang mengalir dari atas tidak langsung jatuh ke dasar akan tetapi mengalir menerpa bebatuan hingga ke dasar air terjun.

Transpotasi Menuju iar Terjun irenggolo Kediri:

Kediri-Besuki-Irenggolo

Jarak air terjun dari pusat kota Kediri sekitar-+ 20km, jika kalian memacu kendaraan dengan kecepatan 60km/jam tidak akan menghabiskan 15menit bisa sampai lokasi air terju irenggolo. Di kawasan air terjun irenggolo terdapat area camp, jogging track, serta taman bermain.

  • Obyek Wisata Gereja Puh Serang di Kediri

Mendengar kata serang kok seperti kota yang ada di barat pulau jawa 😀 , di Kediri ada sebuah gereja yang unik yaitu gereja puh serang di bangun oleh ir.heendricus Masclaine pada tahun 1931 dengan gaya arsitektur eropa berbalut dengan era Majapahit.

Lokasi Gereja Puh Serang Kediri:

Desa Puhserang, Semen, Kediri, Indonesia.

  • Obyek Wisata Goa maria Puhserang di Kediri

Goa maria ini berlokasi satu daerah dengan Gereja puhserang jadi jika ingin berwisata ke tempat beribadat kalian juga bisa berkunjung ke Goa maria Puhserang.

Goa Maria Puhserang punya keunikan tersendiri karena di depan mulut goa terdapat patung bunda maria.

  • Berwisata Menguji Adrenalin Rasakan Kegansan Sungai Konto Dengan Bermain Rafting

Bagi yang demen uji adrenalin kalian wajib mencoba rafting di sungai Konto, Siman, Kediri. Rafting di sungai konto yang mempunyai karakteristik aliran yang penuh dengan bebatusan sehingga menggugah adrenali saat bermain rafting ditambang dengan panang litasan -+ 12km membuat jantung kalian berdeatak lebih cepat saat rafting di sungai konto Kediri.

Trasnpotasi Menuju Rafting Konto Kediri:

Arahkan kendaraan kalian ke timur laut menuju desa Siman dengan jarak 45km dari pusatk kota Kediri.

Lokasi rafting Konto di Kediri:

Desa Siman, Kepung, Kediri.

  • Jalan-Jalan Seru Bersama Keluarga di Pagora Kediri

Suka berenang silahkan datang ke kolam renang Pagoda Kediri , selain kolam renang Pagora Kediri juga memberikan bebebrapa fasilitas tambahan seperti kebun binatang mini, pemancingan, taman bermain, pulau buatan dll. Jika kalian datang ke Pagora Kediri sangat cocok ajak keluarga kalian karena fasilitas yang ada di pagora sangat lengkap kalian bisa memilih mau merasakan wana wisata yang mana.

Lokasi Pagora Kediri:

Depan Stadion Brawijaya

Transpotasi Menuju Pagora Kediri:

Naik angkot kota turun depan Pagora.

  • Menikmati Indahnya Sore Hari di Stadion Brawijaya Kediri

Setelah berwisata di kota Kediri alangkah baiknya kita sejenak merasakan indahnya kota Kediri dengan menghabiskan waktu di Stadion brawijaya Kediri dengan diteminin makanan khas ala Kediri.

  • Obyek Wisata Keluarga Waterpark Kediri Tempatnya.

Obyek wisata satu ini sangat terkenal se Jawa karena wahana waterpark Kediri adalah satu-satunya yang mempunyai seancar air terpanjang bahkan selancar air yang ada di waterpark Kediri adalah yang terpanjang se-Asia wow.. wow. Fantastic, jadi kalo kalian ke Kediri tidak kesini dan merasakan seluncur airnya rugi besar.

Dalam Kawasan Waterpark Kediri dilengkapi dengan kereta yang mengiatari waterpark dan beroperasi kala malam hari agar pengujung bisa menikmati indahnya waterpark Kediri dari atas kereta monorel.

Transpotasi Menuju Waterpark Kediri:

Kediri-Semen-Desa Pagung

Harga Tiket Masuk Waterpark Kediri:

Weekday : Rp.50.000

Wekend dan Libur Nasional : Rp.70.000

Jam Operasi Waterpark Kediri:

10.00 -21.00

  • Obyek Wisata Petilisan Sri Aji Jayabaya di Kediri

Petilisan Sri Jayabaya ini adalah peninggalan dari Adji Djojobojo. Jika kalian pernah mendengar cerita weayangan Pandawa masih ada sangkut pautnya dengan petilsan ini, karena masih ada sisilah atau keturunan dari pandowo.

 

  • Bermain di Kota Kediri Dengan Minum Kopi di alun-alun Kediri

Sehabis mengelana di tempat wisata baik alam, sejarah, religi kebanyakan traveler yang terkahir berkunjung ia mampir di alun-alun kota dengan menikmati segelas kopi atau bahkan merasakan enaknya kulinar khas kota agar liburan kita terasa lengkap denga mencoba berbagia makan khas kota tersebut.

Demikian rangkuman mengenai Tempat Wisata di Kediri , semoga bisa memberikan manfaat buat kalian para traveler yang ingin pergi ke Kediri.

 

Pos terkait

Loading...