Hutan Magrove Pancer Cengkrong

  • Whatsapp
Foto: @richodwimukti

Melepaskan penat dengan liburan memang banyak dipilih. Tetapi, tidak semua tempat bisa memberikan ketenangan. Alih – alih ingin suasana tenang, malah ramai karena banyaknya pengunjung. Nah, buat kamu yang ingin menenangkan pikiran boleh mengunjungi Mangrove Cengkrong yang ada di Trenggalek.

Baca Juga: Pantai Prigi Trenggalek, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Muat Lebih

Kegiatan seru di Mangrove Cengkrong

Sama seperti kebanyakan hutan magrove kebanyakan, Mangrove Cangkrong menawarkan keindahan hutan bakau yang menenangkan. Bahkan, hutan bakau ini menghadap langsung ke pesisir Pantai Pasir Putih. Pastinya sebagai tempat yang tepat untuk melepaskan penat dari pekerjaan sehari – hari.

Tempat wisata ini juga merupakan wisata edukasi. Pasalnya, disana tidak hanya ditanam satu jenis pohon bakau saja, tetapi ada beberapa spesies pohon bakau. Tidak hanya mengenal pohon bakau saja, ada beberapa kegiatan seru yang sayang dilewatkan saat berada di sini. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

  1. Jalan – jalan di Jembatan Galau

Keunikan dari hutan bakau ini adalah adanya jembatan kayu dengan nama yang unik, yakni Jembatan Galau. Jembatan kayu tersebut dibangun di atas kawasan mangrove. Jembatan ini dibangun untuk para pengunjung bisa berkeliling dan melihat kawasan yang ada di Mangrove Cangkrong.

  1. Selfie dengan latar belakang pegunungan

Pohon bakau di sini tumbuh di atas tanah berlumpur yang terbawa oleh aliran Sungai Kalisongo. Aliran sungai itulah yang bermuara di Pantai Cengkrong. Jadi cocok untuk kamu yang juga ingin menikmati liburan dengan suasana pantai. Tidak hanya menghadap ke pesisir Pantai Cengkrong saja, mangrove ini juga dikelilingi oleh pegunungan.

Saat cuaca cerah, kamu akan menikmati pemandangan hutan bakau dengan latar pegunungan nan indah. Pastinya bisa menjadi tempat selfie yang lain daripada yang lain.

  1. Bermain dengan burung dara

Di kawasan Mangrove Cangkrong, kamu juga bakal menemui burung dara dan perkutut yang terbang dengan bebasnya. Salah satu kegiatan unik adalah kamu bisa memberi makan langsung dan bermain dengan burung – burung tersebut. Lagipula sudah ada penjual jagung sekitar dengan harga 2000 saja per bungkus.

Tak ketinggalan setelah burung dara pada berkumpul, arahkan kameramu dan tangkap momennya. Dijamin hasilnya akan sangat menarik.

Fasilitas dan tiket masuk 

Untuk fasilitas di Mangrove Cangkrong ini udah sangat memadai. Kamu bisa menemukan mushola, kamar mandi dan warung penjual makanan serta minuman. Tidak ketinggalan pula, sudah disediakan rest area. Jadi tidak khawatir kepanasan dan kelelahan saat berkeliling di kawasan hutan bakau ini.

Kamu juga bisa menemukan persewaan payung dan penjual kacamata serta topi. Untuk yang ingin menikmati kawasan mangrove tanpa khawatir kelelahan bisa menumpang perahu. Hanya dengan 10 ribu saja, kamu sudah mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dan menyenangkan.

Untuk tiket masuk kawasan Mangrove Cangkrong sendiri, cukup dengan 5000 per orang saja. Selain itu, kamu juga perlu mengeluarkan uang parkir hanya 3000 untuk kendaraan roda empat dan 2000 untuk sepeda motor.

Kawasan mangrove ini buka setiap hari dari pukul 7 pagi hingga 5 sore. Jangan lupa catat jadwalnya dan sesekali mampir ke sini.

Rute dan lokasi Mangrove Cengkrong

Hutan bakau di Trenggalek ini menjadi wisata yang cukup dekat dengan Pantai Cengkrong, Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, yakni hanya 500 meter saja. Untuk bisa menuju ke sini, arahkan saja kendaraanmu ke Pantai Cengkrong. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti petunjuk jalan ke Pantai Prigi yang jaraknya sekitar 3 km saja dari Mangrove Cengkrong.

Demikian informasi sedikit tentang hutan mangrove pancer cengkrong yang ada di Trenggalek, Tempat wisata di Trenggalek memang cukup banyak bila kamu ingin liburan dengan nuasa ketenangan ke hutan mangrove pancer cengkrong pilihan tepat.

Pos terkait

Loading...