Liburan di Makassar, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

  • Whatsapp
Foto: @okamah

Ketika musim liburan tiba atau saat long weekend tentu akan sangat menyenangkan jika menghabiskan waktu untuk melakukan kegiatan wisata. Liburan tentu sangat dibutuhkan untuk menghilangkan rasa stres dan lelah bekerja tujuannya agar pikiran menjadi fresh kembali. Makasar merupakan salah satu kota yang paling sering dikunjungi karena sangat terkenal dengan kulinernya khas seperti coto dan pisang epe. Tidak hanya kulinernya saja ada banyak tempat liburan di Makasar yang bisa anda kunjungi seperti Pantai Losari yang sangat terkenal.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Tempat Kuliner di Makassar

Muat Lebih

Tidak hanya Pantai Losari masih ada banyak lagi tempat wisata keren di Makassar yang wajib anda kunjungi. Apa saja? Yuk ikuti infonya dibawah ini.

  • Tanjung Bira
Foto: @@kenkyo1121

Salah satu tempat yang keren dan wajib anda kunjungi saat berlibur ke Makassar adalah Tanjung Bira. Lokasinya tepat berada di Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan ini terkenal dengan pasir yang sangat lembut. Saking lembutnya bahkan disebut pasirnya seperti bedak bayi dan air lautnya yang sangat cantik serta jernih. Untuk sampai ke Tanjung Bira anda bisa menggunakan transportasi seperti kendaraan pribadi untuk sampai ke lokasi wisata ini.

Baca Juga: Akses dan Harga Tiket Masuk Taman Nasional Taka Bone Rate Terbaru

Banyak aktivitas yang bisa pengunjung lakukan di tempat ini seperti berenang, snorkeling, atau hanya sekedar bersantai untuk menikmati matahari terbit dan sunset di senja hari. Harga tiket masuk ke Tanjung Bira sangat murah yakni hanya 5 ribu rupiah saja per orang. Bagi pengunjung yang ingin melakukan aktivitas snorkelling dan tidak bawa alatnya disini ada juga jasa penyewaan perlengkapan snorkelling dengan harga sekitar 30 ribu rupiah.

  • Trans Studio Makassar
Foto: @ritadrw__

Ikon wisata modern kota Makassar ialah Trans Studio yang sudah buka sejak tahun 2009 silam. Tempat ini berdiri di lahan dengan luas 2.7 hektar dan didalamnya terdapat sekitar 21 wahana bermain serta 4 zona permainan seperti Studio Central, Magic Corner, Lost City, dan Cartoon City. Lokasinya tepat berada di Jl. Metro Tanjung Bunga, Maccini Sombala, Tamalate Maccini Sombala, Tamalate, Kota Makassar. Trans Studio ini tidak sulit untuk anda temui karena keberadaannya yang dekat dengan jalan utama kota Makassar.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Bugis Waterpark Makassar

Harga tiket masuk ke Trans Studio Makassar ini sebesar 100 ribu rupiah untuk hari biasa dan 175 ribu rupiah saat akhir pekan. Bahkan saat ada event-event tertentu tiket masuknya bisa mencapai 200 ribu rupiah. Tempat liburan di Makasar ini buka setiap hari mulai dari pukul 10 pagi hingga pukul 7 malam. Pengecualian saat akhir pekan dan hari libur nasional Trans Studio Makassar ini buka hingga pukul 9 malam.

  • Benteng Rotterdam
Foto: @nuralamsyahsyah

Nama lainnya yakni Fort Rotterdam ini lokasinya sangat dekat dengan kawasan Pantai Losari. Lokasi tepatnya berada di Jl. Ujung Pandang, Bulogading, Ujung Pandang, Kota Makassar. Aksesnya tidak sulit dan sangat mudah karena berada dekat pusat kota. Benteng Rotterdam merupakan salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Gowa-Tallo, benteng sejarah ini dibangun pada tahun 1545 oleh raja ke-9. Awalnya benteng ini dibangun menggunakan putih telur dan tanah liat hingga kemudian disempurnakan pembangunannya oleh raja ke-14.

Uniknya saat anda lihat bangunan ini dari atas akan tampak menyerupai penyu yang sedang mengarah ke laut. Kenapa Penyu? Karena Penyu merupakan hewan yang bisa hidup di air dan darat dan hal tersebut cocok dengan Kerajaan Gowa-Tallo yang jaya di lautan ataupun daratan. Dalam kompleks Benteng Rotterdam ada 13 bangunan dan terdapat 5 menara. Ada 1 menara di pintu masuk dan 4 menara lainnya ada pada setiap sudut benteng.

Tidak hanya itu dalam Benteng ini juga ada sebuah museum yang disebut Museum La Galigo yang isinya adalah benda peninggalan kerajaan. Satu hal lagi anda juga sebuah ruangan yang disebut-sebut sebagai tempat pengasingan Pangeran Diponegoro. Benteng Rotterdam ini buka setiap hari mulai dari pukul 8 pagi sampai dengan pukul 6 sore dan tidak ada tiket masuk alias gratis. Namun untuk masuk museum anda memang harus membayar 7.500 rupiah per orang. Untuk Museum La Galigo buka setiap Selasa – Minggu dari pukul 8 sampai dengan 1 siang.

Penginapan terdekat dengan Benteng Rotterdam dan kawasan Losari ada banyak sekali seperti Losari Beach Hotel, Quality Plaza Hotel, dan Pod House Losari serta banyak lagi pilihan hotel lainnya. Range harganya juga menarik mulai dari 250 ribuan per malam.

Pos terkait

Loading...