Deretan Tempat Kuliner di Palopo Yang Rekomended

  • Whatsapp

Tempat Makan di Palopo – Tempat menarik di Sulawesi Selatan yang harus kamu cicipi adalah kota Palopo. Di sini, tidak hanya keindahan alam yang menarik untuk dinikmati, melainkan warisan kulinernya pun menggoda untuk dicoba. Ada beberapa tempat kuliner di Palopo yang hanya bisa kamu temui di sini. Jadi, yang sedang menghabiskan liburan bersama keluarga, catat menu-menu tradisional ini ya! Dan kamu bisa mendapatkannya di rumah makan dapoer palopo.

Baca Juga: Lokasi Honeymoon di Indonesia Yang Paling Romantis Yang Patut Kamu Kunjungi

Bacaan Lainnya

  1. Kapurung

Makanan khas yang paling terkenal di Sulawesi Selatan adalah kapurung. Menu ini dianggap sebagai ikon kuliner khas daerah setempat. Bulatan yang terbuat dari sagu ini tentu sangat menggoda mereka yang melihatnya. Dan makanan ini sudah turun temurun dikonsumsi oleh para pemduduk asli. Biasanya kapurung dimakan dengan kuah ikan yang kaya rempah dan sayur segar yang bergizi.

  1. Lawa

Lawa adalah pelengkap dari menu pertama, yakni Kapurung. Tanpa dilengkapi lawa, kapurung akan terasa hambar dan tidak menggugah selera. Lawa ini terbuat dari jantung pisang yang kemudian disangrai bersama kelapa, jeruk nipis dan beberapa bumbu lainnya. Ada juga yang menggunakan ikan mairo sebagai bahan tambahan untuk meningkatkan rasa. Menurut beberapa orang, lawa memiliki kemiripan bentuk dengan sushi dari Jepang.

  1. Pacco

Menu yang satu ini hampir sama dengan Lawa kalau dilihat sekilas. Namun perbedaan yang signifikan adalah pacco terbuat dari ikan segar yang sudah dipisahkan antara kepala dan dagingnya, serta untuk pacco tidak menggunakan kelapa sangrai seperti pada lawa. Hal ini yang kemudian membuat beberapa orang lebih memilih pacco yang nilai gizinya dipercaya lebih tinggi karena ikan diolah dengan cara yang berbeda.

Jika dilihat dari menu-menu yang tadi disampaikan, tentu kita dapat mengambil keseimpulan bahwa begitu banyak kekayaan laut yang dimiliki Palopo. Hal inilah yang kemudian menginspirasi menu-menu makanan yang dikonsumsi oleh para penduduknya. Jadi, jangan lewatkan untuk bisa merasakan sensasi yang bisa saja membuat kamu ketagihan setelah mencobanya, dan suatu ketika ingin kembali lagi ke Palopo ya!

  1. Parede

Satu lagi menu berbahan ikan yang harus kamu tahu, yakni Parede. Parede juga kerap digunakan sebagai pelengkap ketika menikmati kapurung. Parede terbuat dari  potongan ikan yang dipadukan dengan kuah bening yang dipadukan dengan irisan mangga muda yang akan menambah kesegaran yang dimilikinya. Hal inilah yang membuat parade memiliki rasa asam pedas yang bisa meningkatkan selera makan kamu. Apalagi aroma rempahnya yang begitu menggoda lidah untuk bisa mencicipinya.

  1. Dange

Bagi kamu yang ingin mengurangi gula dari nasi, mungkin menu ini bisa dicoba. Namanya dange, yang terbuat dari sagu yang juga merupakan sumber karbohidrat tetapi kandungan gulanya lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi yang biasanya kita konsumsi. Cara membuat dange pun cukup mudah, yakni sagu dibakar atau dipanggang dalam cetakan berbentuk kotak atau juga persegi panjang. Sebagai pelengkap dari dange, kamu bisa memadukan pocca, lawa ataupun kapurung. Rasa yang gurih akan membuat kamu ketagihan untuk mencobanya lagi.

  1. Durian

Memang kalau dilihat dari asal usulnya, kota Palopo bukanlah termasuk ke dalam kota penghasil utama buah kenikmatan ini. Namun, rasa durian Palopo tidak salah kalau bisa bikin ketagihan mereka yang mencicipinya. Memiliki daging yang tebal dan rasa manis yang tak terlalu eneg, membuat beberapa orang akan berburu durian dari kota Palopo ketika musimnya datang.

Baca Juga: Liburan Akhir Tahun di Misool Papua, Nikmati Qtime Anda dengan Keindahannya

Selain beberapa makanan khas palopo yang tersedia di dapoer palopo diatas kamu juga bisa mencoba tempat makan lain di antaranya:

  • Ulu Bale Laut yang berlokasi di Jl. Diponegoro No. 32, Batupasi, Wara Utara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, dengan nomor tlp.0852-9911-5968
  • Lesehan Lela beralamat di Salekoe, Wara Tim., Kota Palopo, Sulawesi Selatan, nomor tlp.0853-5540-6106
  • Rumah Makan Cobek Cobek beralamat di JL Kelapa, No. 27, Lagaligo, Wara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, dengan nomor tlp.0812-4165-1616
  • Rumah Makan Panjalu beralamat di Jl. Manunggal No.57, Luminda, Wara Utara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, dengan nomor tlp.0823-2678-9799
  • Enzyme Eatery beralamat di Tompotikka, Wara, Tompotika, Palopo, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, dengan nomor tlp. 0813-4123-1123

Demikian informasi tentang tempat kuliner di Palopo yang dapat kita berikan, semoga dengan adanya informasi ini kamu yang lagi liburan di Palopo tidak merasa kurang bisa traveling sambil kuliner ria.

Pos terkait