Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Karang Hawu Sukabumi Terbaru

  • Whatsapp
Foto : @hyukaze7

Pantai Karang Hawu adalah salah satu pantai yang ada di Sukabumi di antara banyak pantai lainnya yang dimiliki oleh kabupaten yang terletak di Jawa Barat bagian selatan ini. Nama Hawu diambil dari Bahasa Sunda yang berarti tungku sehingga pantai ini juga kerap disebut dengan nama Pantai Tungku Karang. Dibandingkan dengan pantai selatan lain di Sukabumi, Pantai Karang Hawu memiliki keunikan tersendiri yaitu adanya tebing karang yang menjorok ke laut.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi

Muat Lebih

Karena lokasinya yang berada di pantai selatan, Karang Hawu memiliki ombak yang tidak kalah besarnya dengan Pantai Pelabuhan Ratu. Karena ombak yang besar serta lokasinya yang dekat dengan Pelabuhan Ratu, Karang Hawu pun juga menyimpan mitos mengenai Nyi Roro Kidul. Simak ulasan berikut jika Anda tertarik untuk berlibur ke Pantai Karang Hawu.

Lokasi dan cara menuju ke Karang Hawu

Pantai Karang Hawu berada di Desa Caringin, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat jaraknya sekitar 70an km dari pusat kota Sukabumi. Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi untuk jurusan Pelabuhan Ratu karena letak Karang Hawu tidak jauh dari pantai yang lebih terkenal tersebut. Jika berangkat dari Jawa Tengah bisa menggunakan Tol Cipali atau lewat Pantura namun tentu lebih cepat jika lewat jalan tol. Sedangkan jika datang dari Jabodetabek bisa menggunakan Tol Jagorawi, sedangkan pengunjung dari Banten bisa menggunakan jalan Pantura atau Tol Merak.

Baca juga: Wisata Alam Level Internasional Geopark Ciletuh Sukabumi

Berikut Foto – Foto Pantai Karang Hawu:

Foto : @hyukaze7
Foto: @hilmann27
Foto: @ezaa_ar

Aktivitas yang bisa dilakukan di Karang Hawu

Ombak di Pantai Karang Hawu terbilang cukup besar, oleh karena itu tidak disarankan bagi pengunjung untuk berenang atau mandi di air laut. Ombak yang besar akan lebih cocok untuk dinikmati deburannya saja atau bermain-main di pinggir pantai namun tetap harus waspada karena tidak sedikit korban yang terseret air laut karena tidak awas dengan ombak yang besar. Kadang ombak yang besar dimanfaatkan oleh orang untuk berselancar.

Pemandangan dan suasana di Pantai Karang Hawu disebut-sebut seperti Pantai Kuta di Bali, tentu minus keramaian dan para turis yang berjemur di pantai dengan pakaian minim. Karena itu pengunjung yang main ke pantai ini biasanya melakukan aktivitas foto-foto. Spot favorit untuk foto biasanya berdiri di atas tebing karang yang agak menjorok ke laut sambil agak basah-basahan karena terciprat ombak kencang yang menabrak tebing. Pengunjung juga biasanya datang di sore hari untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang bisa dilihat di hampir sepanjang pantai selatan.

Tebing karang  yang menjorok tidak hanya jadi spot foto yang populer namun juga ada cerita mistis di baliknya. Konon, tebing tersebut merupakan singgasana Ratu Pantai Selatan atau Nyi Roro Kidul ketika datang ke Karang Hawu. Hal ini karena di bagian tengah tebing terdapat lubang yang mirip dengan tungku. Katanya, orang yang mandi atau membasuh muka menggunakan air di lubang tersebut maka akan mendapatkan berkah.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Kuliner di Sukabumi Yang Wajib Kamu Coba

Harga tiket masuk di Pantai Karang Hawu

Untuk bisa masuk ke Pantai Karang Hawu pengunjung hanya dikenakan tarif Rp 2.500 per orang belum termasuk biaya parkir kendaraan. Lingkungan pantai sudah ditata dengan rapi sehinga kebersihan dan ketertiban wajib dijaga oleh pengunjung agar tidak merusak pemandangan. Pantai Karang Hawu juga sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap termasuk berbagai macam restoran dan warung makan di mana pengunjung bisa menikmati hidangan makanan laut dengan bahan yang segar.

Pos terkait

Loading...