Akses dan Harga Tiket Masuk Pantai Pangumbahan Sukabumi

  • Whatsapp

Bosan dengan kegiatan main di pantai yang begitu-begitu saja? Ada aktivitas yang cukup menyenangkan sekaligus bisa meningkatkan awareness  mengenai pentingnya untuk terlibat dalam usaha pelestarian lingkungan hidup di Pantai Pangumbahan. Pantai Pangumbahan merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di antara sekian banyak pantai yang ada di Sukabumi. Terkenal dengan pemandangannya yang bagus, pasir pantai yang putih kecoklatan, ditambah dengan adanya pusat penangkaran penyu hijau menjadikan Pantai Pangumbahan merupakan tempat wisata yang cukup spesial di Sukabumi. Ingin tahu spesialnya Pantai Pangumbahan seperti apa? Ini dia ulasannya.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi

Muat Lebih

Lokasi dan akses menuju ke Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan ada di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Sukabumi. Anda bisa sampai ke Pantai Pangumbahan dengan mengikuti jalan ke Ujung Genteng. Untuk yang berangkat dari Jakarta misalnya maka rute yang diambil adalah Ciawi – Cicurug – Cibadak – Jampang – Surade – Ujung Genteng. Sedangkan jika Anda berangkat dari Bandung maka rute yang bisa diambil adalah Cianjur – Sukabumi – Jampang – Surade – Ujung Genteng. Ada kendaraan umum yang bisa sampai ke Ujung Genteng dengan menggunakan bus kemudian disambung dengan angkutan antar desa. Tapi akan jauh lebih praktis dan mudah jika Anda menggunakan kendaraan pribadi apalagi jika sudah malam akan sulit untuk mencari kendaraan umum kecuali jika menginap di penginapan sekitar pantai.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Kuliner di Sukabumi Yang Wajib Kamu Coba

Pesona Pantai Pangumbahan yang jadi favorit

Pantai Pangumbahan merupakan tempat wisata di Sukabumi yang cukup difavoritkan karena pemandangannya yang indah, serta akses jalannya yang sudah cukup bagus sehingga tidak sulit untuk dicapai apalagi untuk wisata yang santai. Daya tarik utama yang membedakannya dibandingkan dengan pantai Sukabumi yang lainnya memang penangkaran penyunya. Pusat penangkaran penyu hijau yang terancam punah ini merupakan bagian dari kawasan Geopark Ciletuh. Salah satu kegiatan yang jadi favorit bagi pengunjung adalah pelepasan bayi-bayi penyu hijau atau tukik ke laut dengan harapan penyu-penyu tersebut bisa bertahan hidup dan tumbuh dewasa untuk menambah populasi penyu hijau yang makin menyusut. Di dalam tempat konservasi, pengunjung juga bisa melihat telur-telur tukik yang belum menetas.

Baca Juga: Wisata Alam Level Internasional Geopark Ciletuh Sukabumi

Pantai Pangumbahan memiliki garis pantai yang cukup panjang dan lebar sehingga memberikan ruang yang cukup luas bagi pengunjung untuk menikmati pemandangan pantai tanpa terlalu ramai. Pantai ini memiliki karakter pantai yang putih dan halus dan juga bersih. Jenis pasir yang ada di pantai ini merupakan pasir silika yang biasanya digunakan untuk bahan baku membuat kaca dan keramik. Pesona lain yang tidak kalah menjadi favorit di Pantai Pangumbahan adalah pemandangan matahari terbenamnya. Matahari terbenam di Pangumbahan terkenal dengan kesan romantisnya sehingga tidak jarang jadi objek latar belakang foto yang diburu oleh para pemburu foto.

Berikut Foto – Foto Pantai Pangumbahan:

Sudut Pantai Pangumbahan via @aditia.putra.21

 

Harga tiket masuk dan fasilitas di Pantai Pangumbahan

Untuk masuk ke Pantai Pangumbahan per orang dikenakan biaya Rp 5.000 ditambah dengan biaya parkir kendaraan. Kemudian jika ingin masuk ke tempat penangkaran penyu setiap pengunjung juga akan dikenai biaya masuk Rp 5.000, cukup murah bukan? Fasilitas yang disediakan cukup standar seperti kamar mandi dan toilet, tempat untuk sholat, area parkir, dan juga beberapa pedagang makanan dan minuman. Kadang, pengunjung juga ada yang berkemah untuk bermalam di sekitar pantai sambil membuat api unggun. Jika Anda juga ingin berkemah pastikan kebersihan dan keamanannya dijaga karena jika malam hari belum ada penerangan di sekitar pantai.

Pos terkait

Loading...