Pulau Kotok, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Pulau Kotok
Foto:@chomaby

Pulau Kotok adalah salah satu bagian dari Kepulauan Seribu yang ada di DKI Jakarta. Pulau ini dikenal dengan nama lain yaitu Pulau Kulkul, ia juga dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata menarik yang tentunya tidak boleh Anda lewatkan. Hal ini berkaitan dengan konsep resort indah yang ditawarkannya.

Baca Juga: 17 Pulau-Pulau Indah di Kawasan Pulau Seribu

Bacaan Lainnya

Pulau ini dikenal dengan kondisi air lautnya yang masih jernih, sehingga beragam keindahan bawah laut pun dapat Anda nikmati dengan mudah. Selain itu, pulau ini juga digunakan sebagai tempat konservasi dari burung Elang Bondol yang dikenal sebagai maskot dari DKI Jakarta itu sendiri.

Baca Juga: Jadwal Kapal dan Harga Tiket Kapal Dishub Dari Muara Angke, Marina Ancol, Muara Kamal dan Tanjung Pasir

Bagi Anda yang ingin tahu poin penting apa saja yang ditawarkan oleh pulau yang satu ini, maka simaklah penjelasannya berikut ini :

  • Pesona Alam Pulau Kotok

Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi pulau yang satu ini, patut untuk Anda ketahui bahwa pulau tersebut dibagi menjadi dua bagian. Ada Pulau Kotok Barat dan Timur. Namun untuk bagian timur dari pantai tersebut telah ditutup bagi umum. Meski demikian, Anda dapat menikmati keindahan pantai bagian barat dengan lebih memuaskan. Hal ini terjadi karena di pulau tersebut tidak banyak dilakukan pemugaran atau renovasi, sehingga tingkat kealamiahan dan keasriannya dapat terjaga dengan baik. Tidak hanya itu, pulau ini juga hadir dengan hamparan pasir yang putih dan bersih, sehingga membuat para pengunjung merasa betah untuk berlama-lama di dalamnya. Tidak heran jika kemudian lokasi pulau ini seringkali digunakan sebagai tempat untuk menenangkan diri dari padatnya aktivitas harian.

  • Tempat yang cocok untuk camping 

Selain melepaskan penat dengan pemandangan alam yang indah. Anda yang mengunjungi pulau tersebut juga dapat melakukan kegiatan camping di pulau yang satu ini. Suasana camping di pulau ini terasa lebih nyaman karena kondisinya yang masih asli dan alami. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir dengan beragam fasilitas yang Anda butuhkan. Pasalnya pulau tersebut menyediakan beragam jenis fasilitas yang Anda butuhkan. Bahkan fasilitas tersebut pun tersedia selama 24 jam non stop.

Bagi Anda yang tidak ingin direpotkan dengan kegiatan camping, juga tetap dapat menikmati malam yang indah di pulau tersebut dengan cara lain. Hal ini berkaitan dengan banyaknya fasilitas berupa tempat menginap yang telah disediakan dan dapat Anda pilih serta gunakan dengan lebih mudah. Namun jika Anda ingin mendapatkan pengalaman yang lebih seru tentunya camping menjadi aktivitas terbaik yang dapat Anda lakukan.

  • Keindahan bawah laut 

Selain beberapa poin penting di bagian atas tadi, hal menarik selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan dari Pulau Kotok adalah keindahan bawah laut yang dimilikinya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa air laut di pulau ini sangat jernih. Namun bukan hanya dilihat dari bagian permukaan saja. Anda yang memiliki hobi watersport pun juga dapat menikmati olahraga diving dengan lebih mudah.

Ketika melakukan aktivitas diving Anda akan menemukan beragam keindahan bawah laut yang luar biasa. Pasalnya ada beragam jenis biota laut yang dapat Anda temukan dengan mudah di dalamnya. Tidak hanya itu saja, pulau ini juga dikenal sebagai lokasi pelestarian dari beragam jenis flora serta fauna, sehingga suasana yang alami pun terasa dengan begitu kental. Hal ini juga dibuktikan dengan larangan keras untuk merusak lingkungan dan beragam fasilitas yang ada di sekitarnya yang telah dilakukan oleh pihak pengelola pulau. Dalam hal ini pihak pengelola tidak pernah segan untuk memberikan sanksi terhadap para pelanggarnya.

Selain keindahan bawah laut, Anda juga dapat menemukan beragam jenis biawak di lokasi pulau tersebut dengan mudah. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena biawak tersebut telah dijinakkan dan tentunya tidak berbahaya. Kemudian di Pulau Kotok ini juga terdapat beragam jenis burung yang berkeliaran dengan bebas dan dapat Anda lihat dengan lebih mudah.

  • Rute perjalanan dan tiket masuk 

Bagi Anda yang hendak mengunjungi Pulau Kotok, maka Anda dapat memulai perjalanan dengan mengunjungi pelabuhan sebagai tempat menaiki kapal terlebih dahulu. Ada beberapa pelabuhan yang memiliki rute perjalanan menuju Pulau Kotok. Dimulai dari Pelabuhan Muara Angke, Pelabuhan Muara Kumal serta Pelabuhan Marina Ancol. Sedangkan untuk harga tiket masuknya umumnya berkisar pada angka Rp. 35.000. Biaya tersebut sudah termasuk izin untuk mendirikan tenda camping yang dapat Anda gunakan.

Pos terkait