Pantai Baron, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Pantai Baron
Foto:@marahuda

Yogyakarta memiliki beberapa destinasi wisata pantai yang menawan. Salah satunya adalah pantai Baron, sebagai salah satu destinasi wisata pantai yang berada di jajaran perbatasan DIY dengan lautan lepas samudra. Wilayah DIY memang selain area pegunungan di sisi Utara juga terdapat wilayah pantai sisi bagian selatannya. Nama pantai Baron adalah salah satu pantai yang telah terkenal sejak dulu  Namun kini terdapat hal baru di destinasi wisata ini.

Baca Juga: Liburan di Gunung Kidul, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Bacaan Lainnya

  • Asal Muasal Nama Pantai Baron

Penamaan pantai Baron ini diawali dengan adanya warga Belanda yang bernama Baron Sekeber ke pantai ini yang lantas menjadikan kawasan tersebut sebagai pelabuhan dan gudang senjata. Hingga pantai dengan  bibir pantai yang menjorok ini pun lantas dikenal sebagai pantai Baron.

Baca Juga: Malioboro, Pusat Belanja dan Kuliner Legendaris di Jogjakarta

  • Hal Menarik di Pantai Baron

Waktu dulu Pantai ini memiliki teluk yang airnya yang membelah kedua daratan yang tidak terlalu luas. Sehingga para wisatawan yang datang ke tempat ini dapat berjalan dan menikmati pemandangan dari karang besar yang ada di sisi sebelah kiri pantai. Namun pada saat ini daratan itu telah seolah terbelah dengan adanya suatu sungai baru yang cukup dalam. Sehingga satu-satunya jalan yang bisa ditempuh guna menuju ke daratan sebelah ialah dengan cara menyeberang menggunakan perahu nelayan, yang bisa disewa seharga 10 ribu Rupiah. Meski sebenarnya pengunjung bisa saja berjalan menyeberangi sungai, namun ketinggian airnya cukup dalam, yakni hingga setinggi kepala orang dewasa, sehingga barang bawaan wisatawan bisa basah saat berenang menyeberangi sungai berair tawar tersebut. Aliran air sungai ini juga cukup deras, dengan memiliki warna kehijauan yang mempesona. Di pantai Baron wisatawan bisa berfoto sepuasnya mengabadikan pemandangan sekitar yang menawan dan mempesona. Terdapat juga mercusuar di kawasan ini, dengan biaya naik sebesar 2 ribu rupiah. Namanya ialah Mercusuar Tanjung Baron. Wisatawan juga bisa memancing dari atas bukit di kawasan ini. Pantai Baron telah terkenal sejak dulu sebagai habitat ikan predator permukaan air, yakni seperti ada ikan tenggiri, dan ikan kuwe gerong, serta ikan barakuda. Selain itu terdapat juga ikan penghuni karang yakni seperti ikan kakap merah serta juga ikan kerapu dan lain sebagainya. Ada juga Baron Techno Park, yakni suatu pembangkit listrik tenaga alam yang lokasinya ialah di tebing bagian sisi barat pantai. Di kawasan tersebut wisatawan dapat menyaksikan berbagai peralatan yakni seperti ada panel surya dan juga jam matahari.

Baca Juga: Mengunjungi Tugu Jogja, Monumen Ikonik di Kota Yogyakarta

Guna menuju Baron Techno Park, maka dapat menyusuri jalur pertigaan menanjak yang ada di dekat pos retribusi pantai. Lalu tinggal mengikuti jalur yang ada sampai akhirnya tiba di lokasinya. Dapat juga ditanyakan  kepada penjaga pos retribusi yang sedang berjaga mengenai lokasi tepatnya. Lalu  bagi yang suka berswafoto maka bisa manfaatkan spot Baron hill yang ada di utara mercusuar Tanjung Baron.

  • Lokasi 

Lokasi pantai ini ada di Rejosari, Kemadang, Tanjungsari, kabupaten Gunung kidul, Yogyakarta.

  • Rute Menuju ke Lokasi 

Terdapat dua cara untuk menuju ke pantai ini. Pertama, ialah bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh sekitar 2 jam dari arah kota Yogyakarta, lalu  cara keduanya ialah bisa dengan menggunakan transportasi umum, karena lokasi ini juga sudah dilewati jalur kendaraan umum. Jika mempergunakan transportasi umum, maka dari terminal bus Giwangan Yogyakarta, bisa naik bus dengan jurusan tujuan ke Terminal Wonosari. Lalu dari terminal wonosari bisa dilanjutkan perjalanan dengan mempergunakan bis tujuan ke Pantai Baron.

  • Harga Tiket Masuk
tiket masuk pantai baron
Foto:@popeye.70

Pantai ini dapat dikunjungi baik pada saat hari kerja atau weekday dari hari Senin hingga Jumat, maupun di hari libur atau weekend pada hari Sabtu dan Ahad serta hari libur tanggal merah. Harga tiket masuk pantai Baron cukup terjangkau yakni hanya perlu 10 ribu Rupiah saja, maka para pengunjung sudah bisa menikmati kawasan ini, ditambah dengan beberapa pantai yang terdapat di sepanjang pantai. Dengan biaya parkir di tiap pantainya  yakni sebesar  3 ribu rupiah bagi kendaraan sepeda motor dan 5 ribu rupiah bagi kendaraan roda empat.

Jangan lewatkan untuk mengunjungi pantai Baron pada saat berkunjung ke Jogja, dan sempatkan juga untuk menaiki mercusuar yang ada di kawasan tersebut, dan mencicipi hidangan kuliner ikan-ikan segarnya.

Pos terkait