Mengunjungi Tugu Jogja, Monumen Ikonik di Kota Yogyakarta

  • Whatsapp
tugu jogja
Foto:@tugu.jogjakarta

Tugu Jogja adalah salah satu ikon populer di Kota Jogja yang mempunyai nilai historis, dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan saat malam hari. Jogja seakan menjadi surge wisata bagi setiap pengunjung yang menginginkan keramah-tamahan dan destinasi wisata eksotis. Tak heran jika setiap tahunnya, daerah satu ini mampu menarik hingga jutaan wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Kota Pelajar satu ini memang mempunyai beberapa tempat wisata yang seakan menjadi ikon tersendiri. Salah satunya adalah Tugu Jogja yang ramai dikunjungi saat malam tiba.

Baca Juga: Liburan di Jogja, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Bacaan Lainnya

Tugu Jogja menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika berada di kota satu ini. Bahkan seperti ada peraturan tidak tertulis yang menganggap orang belum berkunjung ke Jogja jika belum mengunjungi Tugu yang mempunyai nilai sejarah tersendiri. Seperti tempat wisata lainnya di Jogja, Tugu juga mempunyai sejarah panjang yang berlokasi di tengah-tengah jantung Kota Jogja.

Baca Juga: Malioboro, Pusat Belanja dan Kuliner Legendaris di Jogjakarta

  • Lokasi Tugu Jogja

Secara administratif, tugu satu ini berada di tengah perempatan jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Pangeran Diponegoro, dan Jalan AM Sangaji, Anda bisa menempuh jarak sekitar 5 km atau melakukan perjalanan sekitar 15 menit untuk sampai ke titik 0 Kota Jogja.

Untuk menuju lokasi satu ini sangat mudah, anda bisa gunakan kendaraan pribadi, seperti mobil, sepeda, ataupun motor. Ada juga transportasi umum yang bisa anda gunakan seperti transjogja, angkot, ojek, becak, dll.

  • Sejarah Singkat Tugu Jogja

Pembangunan Tugu Jogja sudah dilakukan pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Pemilikan lokasi menitik beratjan pada sebuah garis imajiner yang jika diteliti lagi berada di garis lurus dengan Keraton Yogyakarta, Gunung Merapi, dan Pantai Parangtritis.

Dibangunnya tugu ikonik satu ini juga mempunyai banyak makan dengan fungsi yang tersirat. Salah satu filosofi yang terkenal adalah Manunggaling Kawula Gusti yang artinya persatuan antara rakyat dan pemimpin, serta semangat juang untuk mengusir para penjajah dari bumi ibu pertiwi. Tugu Jogja juga mempunyai beberapa fungsi lainnya, salah satunya sebagai batas utara kota tua di Jogja.

  • Pesona Keindahan Tugu Jogja

Tugu yang sudah menjadi salah satu landmark dari kota satu ini memang seperti mempunyai magnet tersendiri sehingga mampu menarik banyak pengunjung lokal hingga asing. Selain mempunyai historisnya sendiri, tugu menawarkan pengunjung dengan keindahan yang dipermak dari waktu ke waktu. Gemerlap lampu warna-warni juga tak mau kalah dalam memancarkan keindahan tugu satu ini.

Saat malam hari tiba, lokasi wisata ini akan semakin ramai dikunjungi oleh warga dan mahasiswa yang tengah menuntut ilmu di Jogja. Bahkan banyak juga wisatawan dari luar kota Jogja yang sekedar mampir untuk melihat tugu Jogja yang berdiri kokoh.

Tugu Jogja memang mempunyai pesona yang sulit dihindari. Ketika malam datang, banyak wisatawan yang nongkrong di sekitar lokasi tugu sambil menikmati keindahan kota Jogja. Gemerlap lampu dan lalu lalang kendaraan juga selalu menjadi teman setia bagi para wisatawan yang duduk santai di sekitaran jalan. Banyak juga musisi jalanan yang melantunkan lagu yang membuat suasana malam di Jogja menjadi lebih romantis.

  • Nikmati Keindahan Tugu Jogja

Waktu terbaik untuk menikmati keindahan tugu Jogja adalah saat pagi hari dan lokasi masih sangat sepi atau bisa juga di malam hari. Saat malam hari, suasana menjadi lebih spesial, anda bisa melihat gagahnya struktur Tugu yang sudah berusia 250 tahun dan menjadi salah satu ikon kebanggaan warga Jogja. Gemerlap lampu juga menjadi penerang tugu dan memperindah pesona monumen satu ini.

Menikmati tugu Jogja sangat cocok dilakukan saat anda duduk santai di pinggir jalan sambil bercengkrama dengan teman-teman. Merasakan hawa suasana malam di Jogja dengan orang terdekat dapat menciptakan momen yang tak terlupakan. Bahkan anda juga bisa ajak pasangan,u di sini untuk menghabiskan waktu bersama.

Tugu Jogja adalah ruang publik yang memang ditujukkan untuk masyarakat, jadi tidak akan dikenakan biaya tiket masuk untuk merasakan keindahan Tugu Jogja.

Pos terkait