Gua Pindul, Pesona Indahnya Menyusuri Sungai dalam Gua

  • Whatsapp
Goa pindul
Foto:@guapindul_

Gua Pindul merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Jika Anda bertanya-tanya apa istimewanya sebuah gua sebagai destinasi wisata, tentu saja Gua Pindul memiliki keistimewaanya sendiri yang menjadi magnet bagi wisatawan. Destinasi wisata yang satu ini merupakan destinasi wisata alam yang lain dari biasanya.

Baca Juga: Liburan di Jogja, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Bacaan Lainnya

  • Goa Pindul, Wisata Unik Di Jogja

Gua Pindul terkenal sebagai destinasi wisata yang dapat membawa Anda menyusuri aliran sungai tanah yang mengalir sepanjang lorong gua. Sembari menyusuri sungai Anda akan disuguhkan dengan pemandangan spektakuler berupa stalagmit dan stalaktit yang mengagumkan dari Gua Pindul.

Baca Juga: Malioboro, Pusat Belanja dan Kuliner Legendaris di Jogjakarta

Penyusuran sungai tanah yang ada di dalam Gua Pindul dilakukan dengan menggunakan ban. Aktivitas ini mirip dengan rafting hanya saja bedanya dilakukan di dalam sungai yang mengalir di dalam lorong gua dan menggunakan ban bukan perahu. Aktivitas penyusuran sungai dengan ban ini juga disebut dengan cave tubing. Anda bisa melakukannya dengan beramai-ramai bersama keluarga atau teman-teman.

  • Aktivitas Wisata di Goa Pindul

Selain cave tubing yang menjadi aktivitas wisata utama, masih ada beberpa aktivitas wisata lain yang bisa dinikmati bagi pengunjung Gua Pindul. Beberapa aktivitas wisata yang dapat dinikmati pengunjung saat berkunjung ke Gua Pindul seperti:

  1. Cave tubing

Mungkin Anda baru pertama mendengarnya. Cave tubing adalah kegiatan penyusuran sungai bawah tanah yang mengalir sepanjang lorong gua dengan menggunakan ban. Cave tubing ini biasanya dilakukan dengan berkelompok, mirip dengan rafting. Ban-ban yang saling dikaitkan bisa dinaiki oleh orang-orang yang ingin melakukan penyusuran sungai.

Biasanya dalam setiap kelompok ini juga terdapat satu orang pemandu yang akan membantu pengunjung dalam melakukan penyusuran. Penyusuran biasanya dilakukan di sepanjang zona penyusuran.

Ada tiga zona yang menjadi zona penyusuran bagi pengunjung Gua Pindul. Dengan panjang zona penyusuran sekitar 350 meter dan lebar sekitar 5 meter, tiga zona penyusuran tersebut dapat diselesaikan dalam waktu 45 menit hingga satu jam.

Tiga zona tersebut meliputi zona terang, zona remang dan zona gelap. Pada zona terang juga bisa berenang. Aliran air yang ada di sungai bawah tanah Gua pindul sangat jernih dan segar sehingga sangat cocok untuk berenang. Pengunjung juga bisa meloncati tebing-tebing dalam gua sebelum menceburkan diri dalam air jenih di dalam Gua. Tentunya dengan peralatan keamanan karena kedalaman zona-zona ini berkisar antara 5 -12 meter.

Selama penyusuran atau melakukan cave tubing, pengunjung akan disuguhkan pemandangan berupa stalagmit dan stalaktit, yaitu bebatuan yang muncul dari lantai dan langit-langit gua. Uniknya, stalagmit dan stalaktit di Gua Pindul saling menyatu, dengan ukurannya yang sangat besar menjadikannya seperti pilar-pilar gua.

Selain bisa menikmati pemandangan berupa stalagmit dan stalaktit, pengunjung juga bisa menyaksikan sumur terbalik. Disebut demikian karena memang penampakannya seperti sumur terbalik. Sumur terbalik ini merupakan sebuah lubang, di mana cahaya matahari dapat memasuki gua melalui bagain ini. Biasanya tim SAR menjadikan lokasi ini untuk masuk dan melakukan latihan penyelamatan.

  1. River tubing di sungai Oyo

Tidak jauh dari lokasi Gua Pindul, masih dalam satu kawasan terdapat sungai atau Kali Oyo. Bagi pengunjung yang belum puas dengan cave tubing di Gua Pindul bisa mencoba river tubing di kali Oyo. Masih sama dengan menggunakan ban, pengunjung bisa menyusuri Sungai Oyo yang memiliki panjang sekitar 1.500 meter.

Selama melakukan penyusuran di Kali Oyo, pengunjung akan disuguhkan pemandangan berupa tebing-tebing indah di samping kanan-kiri sungai. Kedalaman Kali Oyo sendiri berkisar 7 – 11 meter. Untuk dapat melakukan river tubing ini, pengunjung juga diharuskan menggunakan pelampung dan peralatan keamanan lainnya.

  • Rute dan Harga Tiket Masuk Ke Goa Pindul
tiket masuk goa pindul
Foto:@egagoapindul

Gua Pindul terletak di Desa Balirejo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, untuk bisa menuju ke Goa Pindul tersebut, Anda bisa melewati beberapa rute. Rute pertama adalah dengan melalui Jalan Wonosari ke arah Bukit Bintang, Hutan Tleseh, Pertigaan Gading, kemudian pilih jalan ke arah Kota Wonosari. Di Tugu Batas Anda akan melihat Bunderan Siyono, di sini ada ojek yang akan mengantarkan Anda ke lokasi Gua Pindul. Atau Anda bisa bertanya lokasinya di tempat tersebut.

Rute yang kedua dengan melewati Ring Road Wonosari. Dari Ring Road Wonosari, ada perempatan PKU, menuju ke Perempatan Budegan, lurus menuju Perempatan Gregol, ke kiri melewati pedesaan hingga sampai di lokasi Goa Pindul. Tapi jika Anda kesulitan mengikuti rute tersebut Anda bisa mengikuti rute yang ada di Google Maps untuk menuju ke Goa Pindul.

Tiket masuk ke kawasan Goa Pindul sendiri hanya Rp. 10.000 saja. sedangkan untuk masuk ke Gua Pindulnya tiketnya Rp. 35.000 saja. Tapi perlu diingat tiket ini belum termasuk penyewaan peralatan penyusuran dan peralatan keselamatan serta perlengkapan lain.

Pos terkait