Museum Sonobudoyo, Wisata Edukasi dan Sejarah di Yogyakarta

  • Whatsapp
Museum Sonobudoyo
Foto:@malioboro_insta

Museum Sonobudoyo merupakan tempat yang menyimpan berbagai artefak, benda-benda ilmiah, Budaya, sejarah, relik, artistik dan hal-hal yang bersejarah.  Museum merupakan salah satu tempat yang penting karena memiliki fungsi dan juga tanggung jawab dalam melestarikan, membina dan mengembangkan sejarah dan budaya. Museum menjadi tempat edukasi bagi masyarakat.

Baca Juga: Liburan di Jogja, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Bacaan Lainnya
  • Sejarah Singkat Museum Sonobudoyo

Untuk ulasan berikut ini kita akan membahas salah satu museum yaitu Museum Sonobudoyo.  Pada tahun 1919 museum Sonobudoyo dahulu merupakan yayasan yang bergerak di bidang Kebudayaan Jawa, Bali, Madura dan Lombok. Dan Pada tahun 1924 Java institut mendirikan sebuah museum di Daerah Yogyakarta. Peresmian dilakukan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VIII tahun 1866 . Tepat pada akhir tahun 1974 Museum Sonobudoyo diserahkan kepada Pemerintah pusat. Dan Museum Sonobudoyo memiliki tugas untuk mengelola, mengembangka koleksi, mendokumentasi, bimbingan edukatif, dan juga mempublikasikan benda-benda koleksi museum yang memiliki nilai  budaya dan ilmiah.

Baca Juga: Malioboro, Pusat Belanja dan Kuliner Legendaris di Jogjakarta

Museum Sonobudoyo terletak di Jalan Wijilan No. 27D, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta.

10 Jenis Koleksi Di Museum 

  1. Jenis Koleksi Teknologika
  2. Jenis Koleksi Geologika
  3. Jenis Koleksi Seni Rupa
  4. Jenis Koleksi Historika
  5. Jenis Koleksi Biologikal
  6. Jenis Koleksi Arkeologi
  7. Jenis Koleksi Etnografika
  8. Jenis koleksi Seni Rupa
  9. Jenis Koleksi Keramologika
  10. Jenis Koleksi Filologika

Dan Untuk koleksi yang berada di luar gedung adalah benda-benda yang terbuat dari bahan material yang tahan cuaca panas dan hujan. Seperti koleksi Patung, Candi, Arca dan hiasan Candi. Dan benda-benda ini didapatkan pada Zaman Kerajaan Budha dan Hindu yang terletak di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Sedangkan  koleksi yang terdapat didalam ruangan terbuat dari bahan yang sangat rentan pada cuaca, polusi kotoran dan debu. Maka setiap koleksi yang ada di ruangan menggunakan etalase untuk menghindari terjadinya kerusakan pada koleksi yang ada di Museum Sonobudoyo akibat terjatuh ataupun terkena kotoran.

Waktu Kunjungan 

  • Senin – Kamis 08.00 – 15.30 WIB
  • Jum’at              08.00 – 14.00 WIB
  • Sabtu & Minggu 08.00 – 15.30 WIB

Harga Tiket Masuk

  • Dewasa      Rp. 3.000
  • Dewasa Rombongan Rp. 2.500
  • Anak-anak Rp. 2.500
  • Anak-anak Rombongan Rp. 2.000
  • Wisata Asing Rp. 10.000
  • Pagelaran Wayang Rp. 20.000

Museum Sonobudoyo menyimpan koleksi budaya, keramik zaman Neolitik dan Patung perunggu. Bahkan juga terdapat beberapa macam bentuk wayang kulit, berbagai senjata kuno, topeng Jawa. Berbagai karya seni dari bambu, bermacam jenis batik, dan berbagai patung dari emas.

Terdapat dua unit Museum Sonobudoyo yaitu yang pertama ada di Jalan Trikora No. 6 Yogyakarta. Bangunannya menyerupai rumah Joglo yang bergaya Masjid Keraton Kasepuhan Cirebon. Dan unit kedua ada di Dalem Condrokiranan, wijilan, yaitu di sebelah Timur Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta.

Museum ini Rutin mengadakan pertunjukan wayang kulit khas kota Jogja. Pertunjukan wayang kulit disajikan untuk  memanjakan mata para wisatawan dalam negeri hingga para wisatawan luar negeri. Wayang Kulit berceritakan berbagai macam hal dan biasanya dilaksanakan sehari penuh.

  • Transportasi menuju Museum 

Untuk anda yang ingin berkunjung ke Museum ini, maka terdapat beberapa Transportasi yang bisa anda gunakan untuk sampai ditempat tujuan :

  1. Becak

Anda bisa menggunakan Becak atau andong untuk berkunjung ke Museum Sonobudoyo dan ini merupakan transportasi tradisional yang sangat mudah anda temui.

  1. SiThole

Merupakan miniBus yang memiliki warna hijau yang bisa anda temui di dalam beteng Kraton Yogyakarta. Mini Bus bisa anda gunakan untuk menuju ke berbagai tempat wisata di Jogja seperti Keraton, Museum Sonobudoyo dan Taman sari.

  1. Trans Jogja

Anda bisa memanfaatkan Trans Jogja untuk menuju ke Museum. Namun anda harus berjalan kaki untuk menuju ke Halte terdekat menuju ke Area Museum. Dengan jarak kurang 5 menit.

Untuk anda yang sedang berlibur kota Jogja, tidak ada salahnya jika berkunjung ke Museum Sonobudoyo. Museum yang menyimpan berbagai peninggalan sejarah yang bisa menjadi wawasan untuk anda. Dengan harga tiket yang sangat terjangkau, dan dilengkapi dengan Transportasi yang mudah ditemui untuk bisa menuju ke Museum ini.

Pos terkait