Bingung Mau Wisata Kemana ? Waduk Sermo Bisa Menjadi Pilihan Akhir Pekan Kamu

  • Whatsapp
waduk sermo
Foto:@sermoglamcamp

Membahas tempat wisata jogja memang tidak pernah habis. Demi menarik pengunjung banyak sekali bermunculan wisata-wisata baru di berbagai daerah bukan hanya di kota jogja saja. Untuk berwisata memang memerlukan perencanaan yang matang. Terkadang kita bingung tempat wisata apa yang akan dijadikan tujuan. Untuk kamu yang sedang berwisata di jogja, kamu perlu mencoba wisata baru yang anti mainstream. Contohnya adalah wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Kamu bisa mengunjungi waduk sermo di kulon progo Yogyakarta.

Baca Juga: Candi Borobudur, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Bacaan Lainnya

  • Informasi Umum Waduk Sermo 

Waduk sermo adalah wisata air berbentuk bendungan yang dirancang oleh infrastruktur irigasi serta PDAM di wilayah kulon progo. Bahkan, bendungan ini di resmikan oleh presiden kedua republic Indonesia yaitu presiden Soeharto pada 20 november 1996. Sampai saat ini juga waduk sermo masih digunakan sebagai sumber air bersih PDAM Untuk mencukupi kebutuhan air warga sekitar. Wisata ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi, pemandangan bukit-bukit yang mengelilingi waduk sermo menjadikan tempat semakin alami. Selain itu, untuk kemudahan para pengunjung, waduk ini terdapat jalan melingkar dimana pengunjung akan lebih mudah untuk menikmati keindahan alam waduk sermo.

Baca Juga: Liburan di Gunung Kidul, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

  • Daya Tarik Waduk Sermo Kulon Progo 

Waduk ini memiliki daya Tarik tersendiri. Banyak orang bilang waduk ini seperti ranu kumbolo yang dimiliki kulon progo. Danau waduk sermo begitu jernih dengan warna yang alami. Keindahan alam yang asri seperti pepohonan yang rimbun serta rumput hijau yang hampir menutupi seluruh permukaan tanah membuat keindahanya semakin nyata.

Waduk ini dibangun di tengah-tengah pegunungan menoreh, maka udara di sana terasa sejuk meskipun matahari sedang terik. Bagi kamu yang tidak suka panas tidak perlu khawatir bila mengunjungi tempat ini. Di sana juga terdapat gazebo-gazebo yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai menikmati pemandangan. Di waduk sermo sebulan sekali akan diadakan pentas seni jathilan. Dengan ini kamu bisa sekaligus berwisata alam dan budaya. Adanya acara tersebut tentu bisa menjadi daya Tarik tersendiri berwisata ke waduk sermo.

  • Kegiatan Yang Bisa Dilakukan di Waduk Sermo 
camping di waduk sermo
Foto:@yedijatiez

Tidak hanya sekedar menikmati pemandangan saja. Di waduk ini kamu bisa melakukan aktivitas alam seperti:

  • Naik Perahu Gethek

Mungkin perahu gethek masih terdengar asing ditelinga kamu. Gethek adalah sejenis perahu tradisional yang terbuat dari bambu di susun rapi dan berukuran kecil. Untuk bisa mengerakkanya harus menggunakan kayuh dan butuh tenaga ekstra.

  • Camping

Waduk ini juga menyediakan lokasi camping yang menyenangkan. Kamu bisa menikmati indahnya sunset di sore hari dan suasana malam di waduk sermo

  • Keliling danau dengan perahu motor

Bila kamu ingin mengelilingi danau tanpa harus mendayung. Kamu bisa menggunakan perahu motor. Kamu hanya tinggal duduk santai sambil menikmati pemandangan alam sekitar.

  • Berfoto

Berfoto sangat umum dilakukan oleh pengunjung. Waduk ini menyediakan spot-spot foto yang sangat unik dan indah seperti taman bambu air, taman munggur, taman puring kuning, bukit pethu, akar liar pulau terapung dan masih banyak lagi. Kamu tinggal memilih spot foto yang ingin kamu coba

  • Harga Tiket Masuk Waduk 

Harga masuk waduk sermo sangat terjangkau jadi kamu tidak perlu khawatir. Kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2000 untuk anak-anak dan Rp. 5000 untuk orang dewasa. Tetapi, biaya ini belum termasuk penyewaan fasilitas. Untuk kamu yang menginginkan sewa perahu cukup Rp. 30.000 saja dan menaiki perahu motor hanya Rp. 6000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir roda dua sebesar Rp. 2000, kendaraan roda empat / bus sebesar Rp. 5000.

  • Rute Untuk Menuju Waduk 

Untuk menuju lokasi waduk sermo kamu bisa menggunakan transportasi umum seperti bus atau kendaraan pribadi dengan jarak tempuh sekitar 1 jam 10 menit dari kota. Rute nya pun cukup mudah, untuk rute pertama dari arah timur dari pusat kota menuju jalan raya wates sesampainya di kota wates lalu ke arah kokap selanjutnya jalan terus sampai waduk. Untuk rute kedua dari arah barat dari jalan raya purworejo wates kamu lewat jalur selatan, setelah sampai di terminal wates belok kiri, sampai di perlintasan rel kereta api belok kiri, lalu jalan lurus ke wates kokap terus ke lokasi waduk.

Pos terkait