Pulau Pabelokan, Akses dan Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Pulau Pabelokan
Foto:@ld_plz

Pada umumnya setiap pulau yang ada di gugusan Kepulauan Seribu dijadikan sebagai tempat wisata, karena keindahan alam yang dimiliki setiap pulau memang sangat menarik. Ukuran pulau yang tidak terlalu besar membuat liburan terasa lebih menyenangkan. Namun tidak semua pulau yang ada di kawasan Kepulauan Seribu didominasi oleh tempat wisata. Ada juga pulau yang dijadikan sebagai tempat bisnis, salah satunya adalah Pulau Pabelokan.

Baca Juga: Jadwal Kapal dan Harga Tiket Kapal Dishub Dari Muara Angke, Marina Ancol, Muara Kamal dan Tanjung Pasir

Bacaan Lainnya

Pulau Pabelokan merupakan pulau yang ramai penduduk serta ramai pengunjung. Walaupun dijadikan sebagai tempat bisnis, pulau ini juga menyimpan pesona alam yang sangat menarik. Berikut kami rangkum untuk anda info tentang Pulau Pabelokan.

Tentang Pulau Pabelokan

Pulau Pabelokan ini masuk ke dalam kelurahan Pulau Harapan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Pulau ini sendiri didominasi oleh karang. Bahkan pulau ini juga terbentuk dari karang tersebut, yang luasnya mencapai 27 hektar. Pulau ini lebih dikenal sebagai tempat bisnis, karena Pulau Pabelokan merupakan salah satu dari pulau yang  memiliki pusat bisnis gedung perkantoran, pusat tenaga listrik, pemurnian air, dan juga landasan helikopter. Pada tahun 1970 di pulau ini ditemukan sumber minyak lepas pantai, oleh karena itu dibangunlah base camp agar pulau ini mampu memasok minyak setiap harinya. CNOOC SES Ltd merupakan pihak yang mengelola sumber minyak di lepas pantai pulau ini.

Hal Menarik di Pulau Pabelokan

Walaupun disebut sebagai pulau bisnis, bukan berarti pulau ini tidak memiliki tempat wisata. Pantai yang terdapat di pulau ini juga sangat memikat karena keindahannya tidak kalah dengan pulau lain. Pulau ini sendiri sudah ditempati oleh penduduk permanen dan pada umumnya penduduk tersebut merupakan para pekerja. Keindahan pantainya tidak terganggu oleh aktivitas pertambangan minyak tersebut. Oleh karena itu birunya air laut pulau ini masih sangat terjaga, serta keanekaragaman biota lautnya juga sangat indah. Oleh karena itu tidak ada salahnya menjadikan pulau Pabelokan ini menjadi tempat berwisata. Di sepanjang pantai masih banyak terdapat hewan khas pulau seperti kadal di pulau ini. Jadi bisa saja saat anda bermain di pantai akan ada kadal yang berada di dekat anda. Anda tidak perlu khawatir karena kadal tersebut tidak akan mengganggu para pengunjung.

Aktivitas Wisata yang Tersaji Di Pulau Pabelokan

Untuk membuat liburan anda nantinya jadi terasa lebih menyenangkan maka perlu juga diketahui kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di pulau ini. Sebenarnya wisata yang ada di pulau ini tidak jauh berbeda dengan aktivitas wisata di pulau lain dalam gugusan Kepulauan Seribu. Berbagai jenis olahraga air biasa anda lakukan di pulau ini, misalnya seperti snorkeling , diving, berenang di pinggiran pantai, menikmati kuliner, dan yang lainnya. Di tempat ini juga sudah tersedia penginapan jadi anda tidak perlu khawatir saat berkunjung. Karena pulau ini merupakan pusat bisnis, maka pada umumnya kebanyakan wisatawan merupakan orang – orang yang melakukan bisnis ke pulau ini.

Baca Juga: Pulau Tidung, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Jadi jika anda memang sedang memiliki kepentingan untuk berbisnis ke pulau ini maka anda bisa sekalian menikmati keindahan wisata alamnya. Penginapan yang tersedia di pulau ini juga telah dilengkapi fasilitas mewah, jadi anda pasti nyaman nantinya saat berlibur ke pulau ini. Jika anda ingin melihat langsung kilang minyak di pulau ini, maka anda harus memiliki surat izin untuk memasuki area perusahaan.

Cara Akses Pulau Pabelokan

Pulau Pabelokan merupakan pulau bisnis, jadi tidak ada transportasi wisata yang menuju ke pulau ini. Pulau Pabelokan merupakan pulau negara, oleh karena itu untuk bisa mengaksesnya, maka anda harus menggunakan kapal boat. Pulau ini jaraknya sekitar 90 KM dari pantai utara Jakarta. Oleh karena itu jarak tempuh pulau ini menggunakan kapal Boat sekitar 3 jam perjalanan. Jadi anda hanya bisa menyewa kapal boat tersebut agar bisa berkunjung ke pulau ini. untuk masuk ke Pulau Pabelokan, pengunjung tidak dipungut biaya. Hanya saja anda harus memiliki izin agar bisa memasuki pulau. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan baik kartu identitas maupun barang bawaan anda. Jadi persiapkan kartu identitas anda saat masuk ke pulau Pabelokan.

Pos terkait