35 Obyek Wisata di Kota Reog Ponorogo

  • Whatsapp

 

Tempat Wisata di Ponorogo – Jika kalian mendengan Ponorogo pasti indentik dengan kesenian yang namanya Reog, yap betul Ponorogo adalah kota Reog yang sudah diakui Dunia. Ponorogo terletak di Jawa Timur yang masuk Administrasi Walikota Madiun (AE), bagaimana akses ke Kota Ponorogo? jika sobat trip dari timur misalkan Surabaya kalian bisa naik bus jurusan SBY-PO banyak armada bus yang langsung ke Kota Ponorogo dari Surabaya, jika dari sisi barat misalkan Jakarta sobat trip bisa naik bus JKT-PO armada juga sudah tersedia banyak tinggal pilih mau naik armada apa. Ponorogo kota yang mempunyai wisata alam yang banyak karena kota mempunyai banyak Gunung kecil yang mengelilinginya, selaain wisata alam Ponorogo juga menyimpan wisata religi.

Muat Lebih

Tripjalanjalan.com akan memberikan rangkuman tempat wisata yang ada di Kota Ponorogo yang bisa kalian jadikan referensi saat berkunjung ke Ponorogo. Berikut tempat wisata di Kota Ponorogo:

  • Gunung Bedes

Gunung Bedes PonorogoGunung Bedes Ponorogo yang Bumming di media sosial khususnya Instgram dan sekarang sudah banyak yang tahu keberadaan Gunung Bedes ini. Gunung bedes terletak di Dusun Buyut, Ngadirejo, Daerah Soko. Untuk akses kalian bisa baca disini ia sobat trip sudah pernah kita publish Gunung Bedes Ponorogo ini:

Baca disini: Gunung Bedes Ponorogo

  • Gunung Gajah

Gunung Gajah Ponorogo

Gunung Gajah berlokasi Dusun Gajah Kec.Sambit, untuk akses dari kota Ponorogo 1 Jam perjalanan kurang lebih waktu yang dibutuhkan untuk bisa sampai ke Gunung gajah dengan track alun-alun Kota Ponorogo menuju arah Trenggalek Daerah Sambit. Apa yang bisa kalian lakukan di Gunung gajah ini? kalian bisa menikmati pemadangan alam yang menyejukan mata karena jauh dari Kota, kalian juga bisa Camcer di puncak Gunung Gajah sambil menunggu moment krusial dari wisata alam yaitu sunset dan sunrise sebuah Puncak Gunung.

  • Gunung Pringgitan
Puncak Pringgitan
                  Foto: namputovanja.com

Kota Ponorgo menyimpan begtiu banyak Gunung yang mengelilinginya salah satunya yaitu Gunung pringgitan yang berlokasi di desa caluk Kec. Slahung Ponorogo. Akses menuju Gunung pringgitan dari Kota Ponorogo bisa mengambil arah Pacitan jika sudah ketemu Slahung tepatnya pasar Slahung kalian bisa melihat Gunung Pringgitan ini baru kalian bisa bertanya kepada warga sekitar bagaimana akses menuju Gunung Pringgitan.

  • Gunung Bayangkaki
Gunung Bayangkaki ponorogo
        Foto:Bumireogzamzam.blogspot.com

Gunung Bayangkaki berlokasi di desa temon, Kec.Sawo Ponorogo, Gunung ini terkenal dengan cerita legenda Eyang kalipo Kusumo yang bersemdi di Gunung Bayangkaki. Gunung Bayangkaki mempunyai 4 Puncak, puncak pertama dinamakan Puncak Ijo, puncak kedua dinamakan Puncak tuo, untuk yang ketiga dinamakan Puncak Tumpak, dan puncak terkahir dinamamkan puncak Gentong. jadi buat kalian yang berkunjung mendaki Gunung Bayangkaki kalian bisa mendapatkan 4 Puncak sekaligus.

  • Telaga Ngebel
Telaga-Ngebel-Ponorogo jawa timur
Foto:jalankemana.com   

Telaga Ngebel merupakan wisata yang paling populer di Kota Ponorogo jika berkunjung ke Ponorgo tidak kesini berasa tidak ke Ponorgo:D , Akses menuju ke telaga Ngebel sangat muda karena suda ada armada Bus yang menuju telaga Ngebel yaitu dari terminal Seloahi Ponorogo, biaya tiket bus Rp.9000 untuk anak pelajar 4500. Untuk tiket masuk telaga Ngebel sebesar Rp.10.000. Ditelaga Ngebel jika Asura ada larungan seperti yang ada di Telaga Sarangan.

  • Air Terjun Juruk Klenteng
air terjun juruk klenteng ponorogo
Foto: mdya.info

Air terjun juruk klenteng berlokasi di Desa Tumpuk, Kec.Sawoo, Ponorgo, tinggi air terjun kurang lebih 45 M. Dari gambar diatas air terjun juruk klenteng ini bisa jadi spot moto slow speed ia sobat trip karena air terjun langsung jatuh kebawa dan aliran air terjun sangat bagus.Apa saja yang bisa kalian lakukan di Air terjun Juruk klenteng ini, bisa berenang ala putri duyung, bisa selfie, bisa bermain Hammocking.

  • Air Terjun Widodaren

Air terjun Widodaren berlokasi di dusun Bulu, jambon Ponorogo. akses menuju air terjun widodaren bisa mengarahkan kendaraan kalian ke Jambon dari pusat kota membutuhkan 35 menit perjalanan untuk bisa sampai lokasi air terjun ini. Waktu yang tepat berkunjung ke air terjun widodaren adalah musim penghujan karena debit air lumayan banyak dan saat musim kemarau air terjun ini memiliki debit yang kurang baik alias sedikit.

  • Air terjun Pletuk

air terjun pletuk ponorogo

Air terjun Pletuk berlokasi di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Sooko , untuk akses ke Air terjun Pletuk ini kalian bisa mengarahakan kendaraan kalian menuju Sooko, dari pusat kota berjarak sekitar 30 km. Tinggi air terjun ini kurang lebih 30m. Apa yang bisa kalian lakukan disini? mandi di grojokan , hammocking disekitar Air terjun Pletuk.

  • Air Terjun Sunggah
air terjun sunggah ngrayun ponorogo
foto:ngadem.com

Air terjun sunggah memiliki ketinggian kurang lebih 40 M, air terjun sunggah berlokasi di Selur, kec.ngrayun, Ponorogo jawa timur. Untuk bisa kesana kalian bisa mengarahkan kendaraan kalian menuju Ngrayun yang bisa ditempu kurang lebih 45menit perjalanan dari Pusat Kota Ponorogo.Air terjun ini memiliki debit air besar walu musim kemarau juga memilki debit yang lumayan besar karena lokasi air terjun ini berada di kawasan pengunungan sekiata kawasan airterjun sunggah.

  • Air Terjun Toyomerto
air terjun toyomerto ponorogo
foto:wedustraveler

Air terjun ini berlokasi di Ngebel Desa toyomerto dusun pupus, jika berkunjung ke Telaga ngebel ini paketnya jaraknya dari telaga ngebel kurang lebih 5km tidak terlalu jauh dari telaga ngebel.Ketinggian air terjun ini mencapai 25m.

  • Air Terjun lawe

air terjun lawe ponorogoAir terjun lawe atau yang terkenal dengan Coban Lawe berlokasi di Kresik kec.pundak Ponorogo. akses menuju lokasi bisa mengarahkan kendaraan kalian menuju ke Dusun Kresik yang bisa ditempuh dengan perjalan kurang lebih 40 menit dari pusat Kota ponorogo. Air terjun ini airnya sangat dingin dan jernih karena berasal dari Gunung wilis.

  • Goa Lowo
goa lowo ponorogo
foto:tempatwisatakita.com

Lokasi Goa lowo ini berada di Sampung, untuk akses menuju Goa ini kalian harus berjalan kaki dari hutan Sampung berjarak kurang lebih 1km dari jalan raya.Kenapa di namakan Goa Lowo karena di dalamnya terdapat banyak sekali kelelawar yang bersemnyam jadi dinamakan Goa lowo oleh penduduk sekita. Apa yang bisa kalian lakukan di Goa lowo bisa belajar mengenai Goa bagaimana proses bisa terjadi Goa dan apa itu Staglati dan stalagmit biar kita tahu jadi pulang dari sini jadi pintar :D, kalian juga bisa main hammock di Hutan jati Sampung, kalo malem jangan kwatir di pinggi jalan hutan ini banyak warung kopi:D tapi masuk wilayah Kota Magetan ia :D, mau tahu kopinya seperti apa silahkan rasakan ngeheeeeeee.

  • Goa Maria Fatima

goa maria fatimah ponorogoGoa Maria Fatimah berlokasi di Desa Klepu, Sooko, Ponogoro berjarak 30km dari pusat kota. Sejarah mengenai Goa maria di Kota ponorogo berawal dari sumber yang dibuat oleh keluarga bapak Tamiran, tempat ini diangggap tempat angker oleh warga sekitar lambat tahu tempat ini di jadikan tempat ziarah oleh para umat katolik sekitar seperti Goa maria yang ada di jawa tengah yaitu sendangsono. pada tanggal 27 mei 1988 tempat ini diresmikan menjadi Sendang Waluyonungsih.

  • Wartu Semaur

Watu semaur terletak di selur kec.Ngrayun ponorogo, jika kalian melewati jalan raya ngrayun-jajar kalian akan menemui Watu Semaur ini.

  • Bukti Pare
Buat kamu yang suka camping, coba deh ke Bukit Pare di desa Cepoko. Camping Ground asyik di Kota Ponorogo!
foto:setenpo.com

Berlokasi di Pare, Cempoko untuk akses menuju lokasi Bukit pare kalian bisa mengarahkan kendaraan kalian ke arah cempoko patokan kec. Ngrayun kurang lebih membutuhkan waktu 20menit dari sini untuk bisa tiba dilokasi.Bagi yang demen Camping disini adalah tempat yang cocok buat buka tenda. kalian bisa menikmati luasnya padang savana di Bukit Pare ponorogo ini seperti di foto nyantai seperti di pantai.

  • Hutan Wisata Kucur

Lokasi di Badegan, akses menuju lokasi hutan wisata kucur badegan ponorgo ini bisa mengarhkan kendaraan kalian menuju sisi barat ponorogo , waktu tempuh 45menit yang berjarak kurang lebih 25km dari pusat kota ponroogo. Hutan wisata kucur ini dijadikan taman nasional oleh pemda disini juga tempat berkemah jika musim agustusan .

  • Tanah Goyang Pundak
taman goyang pundak ponorogo
foto:infoponorogo.blogspot.com

Berlokasi di Pundak wetan kec.pundak, Ponorogo. Kenapa dinamakan tanah goyang? karena saat kalian berkunjung kesini dan menginjak tanah di beberapa bagian/lokasi disini kalian akan merasa bergoyang makanya lokasi ini dinamakan tanah goyang pundak. Sejarah dari tanah goyang pundak ini adalah seekor naga ingin membuat tlaga karena naga mendengar kokok ayam naga terlambat membuat tlaga dan jadilah tanah goyang pundak.

  • Kitamani Waterpark

Lokasi di Siman, luas waterpark kitamni ini sekitar 1,8 hektar. Falisitas di waterpark kitanmi ini terdapat 2 kolam renang untuk anak-anak, terdapat juga kolam untuk Dewasa, ada outbond juga. Untuk tiket masuk hari biasa Rp.5000 untuk wekend Rp.10.000.

  • Gita Waterpark

Lokasi di Krajan kec.pulung pnoogoro. apa saja fasilitas yang ada di Waterpark Gita ? ada kolam bertingkat dimana untuk bagian atas dituntukan bagi anak-anak sedangkan bagian bawah ditunukkan bagi dewasa, tiket masuk Gita waterpark Rp.5000 untuk hari biasa dan wekend Rp.8000, sedangkan untuk hari libur nasional Rp.10.000.

  • Taman Wisata ngembak

Berlokasi di Jl.Yos Sudarso, Siman, Ponorogo, fasilitas Taman Ngembak Kolam renang, flying fox, perahu bebek, ayunan, kebun binatang mini dll

  • Air Panas Tirto

Berlokasi di Dusun Puncak, Wagir, Ponorogo, air pans tirto ini sebenarnya satu paket dengan telaga ngebel karena berada di kawasan telaga ngebel.

  • Kedung Kenthus

Berlokasi di jenengan, Sampung, Ponogoro, tempat ini merupakan wisata alam yang kekinian yang lagi buming di sosial media wujud dari kedung kenthus seperti di bawah ini:

kedung kenthus

  • Alun-alun Kota Ponorogo

Jika berkunjung ke Ponorogo tidak lengkap rasanya kalo tidak berkunjung ke alun-alunya, waktu yang pas berkunjung ke alun-alun ponorogo adalah malam hari.

  • Pengrajin Reog di Sumoroto

Yang demen reog dan ingin tahu bagaimana pembuatnnya kalian bisa berkunjung ke sumoroto tepatnya desa carat untuk mengethaui proses bagaimana pembuatan sebuah kesenian reog.

  • Wisata Kopi

Demen Kopi? rasakan kenikmatan rasa kopi tanah ponorogo dengan harga super murah. Bisa kalian temukan sepanjang jalan disekitar kawasan alun-alun.

  • Wisata Reog

Ponorogo identik dengan reog maka harus tahu waktu yang tepat panggelaran Reog di Ponorogo. Waktu penggelaran reog ponorogo yaitu waktu asura dimana semua reog keluar dari desa perwakilan masing-masing.

 

Demikian rangkuman Tempat Wisata Kota Ponorogo atau disebut Kota Reog yang kita berikan, semoga bermanfaat dan bagikan kepada kerabat kalian jika informasi ini sekiranya bermanfaat buat kalian. Untuk wisata lain yang belum kita ulas monggo bisa koment ia karena judulnya 30 Tempat Wisata di Kota Ponorogo akan tetapi belum sampai ternyata heee.

 

 

Pos terkait

Loading...