Air Terjun Penantian, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Foto:@rahmat_ronaldo

Di setiap daerah yang ada di Indonesia rasanya Anda tidak akan kehabisan tempat wisata untuk Anda kunjungi, salah satunya Anda bisa mengunjungi Air Terjun Penantian dan menikmati pesona alam yang disuguhkan air terjun yang berada di daerah Lampung yang satu ini.

Baca Juga: Pulau Pahawang, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Bacaan Lainnya

Lokasi Dan Rute Menuju Ke Air Terjun Penantian

Mungkin banyak diantara Anda yang baru pertama kali mendengar tentang Air Terjun Penantian ini, tepatnya air terjun ini berada di Desa Way Papak yang ada di Kecamatan Padang Cermin. Atau lebih tepatnya lagi Air Terjun ini berada di Dusun Kumbang Badak. Untuk Anda yang hendak berwisata ke Air Terjun ini maka Anda harus bersiap dengan rutenya yang cukup jauh dan membutuhkan tenaga, Anda harus melakukan trekking lumayan lama melewati Tahura Wan Abdul Rachman yang masih rapat ditutupi pepohonan hijau dan merupakan kawasan yang amat asri. Namun demikian cukup banyak wisatawan yang merasa tertantang dan tetap melakukan perjalanan dengan berjalan kaki menuju Air Terjun  ini karena penasaran dengan keindahan alam yang sering disebut-sebut begitu menarik untuk dilihat. Anda sebaiknya menggunakan pakaian yang nyaman dan membawa barang-barang secukupnya untuk melakukan trekking ke Air Terjun ini agar tidak kelelahan serta kerepotan di perjalanan.

Baca Juga: 121 Tempat Wisata di Lampung Yang Populer dan Hits

Tiket Masuk Ke Air Terjun Penantian

tiket masuk air terjun penantian
Foto:@rahmat_ronaldo

Dengan jalur trekking yang sulit tersebut maka sudah bisa disimpulkan bahwa saat ini Air Terjun ini belum dikelola dengan baik oleh pemerintah, sehingga akses masuk dan rute menuju ke sana pun masih sulit serta membutuhkan perjuangan untuk bisa sampai ke sana. Sampai saat inipun Air Terjun ini masih sepi pengunjung dan belum banyak yang mengetahui keberadaannya, sehingga dengan demikian sampai saat ini belum ada tiket masuk yang perlu dibayarkan saat Anda berwisata ke Air Terjun Penantian, karena memang tidak ada pengelola yang berjaga di sekitar Air Terjun ini. Anda bisa menikmati keindahan alam ini dengan gratis, namun tentunya Anda senantiasa menjaga keasrian dan kebersihan yang ada di sana.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Penantian

Air Terjun ini awalnya bernama Air Terjun Pencarian, namun saat ini penduduk setempat setuju untuk menamainya dengan nama Air Terjun Penantian. Daya tarik dari Air Terjun ini adalah adanya 5 tingkatan air terjun yang tingginya bervariasi dan rata-rata ketinggian air terjun di sana adalah 30 meter. Pada saat air terjunnya mengalir maka dari cipratan air terjun itu akan menciptakan embun pada bebatuan dan pepohonan besar yang ada di sekitarnya sehingga menciptakan pemandangan yang sangat indah. Saat Anda berada di kawasan Air Terjun Penantian ini pasti akan sangat membuat Anda merasa betah berada di sana dengan pemandangan dan kesejukan yang ada. Lelah yang Anda rasakan selama trekking menuju ke sana akan langsung sirna dengan keindahan alam yang ada di sana. Meski cukup tinggi, namun Air Terjun  ini termasuk aman asalkan Anda terus berhati-hati dengan permukaan bebatuannya yang licin. Maka dari itu sebenarnya sangat disayangkan karena belum ada publikasi mengenai Air Terjun ini, padahal air terjun ini bisa menjadi daya tarik wisata yang bagus dan potensial untuk dikembangkan.

Fasilitas Di Air Terjun Penantian

Sudah dibahas sebelumnya bahwa Air Terjun ini belum dikelola dengan baik oleh pemerintah sehingga jalur masuk menuju ke air terjun ini pun masih alami dan susah untuk ditempuh. Alhasil tidak ada fasilitas apapun yang bisa Anda gunakan di Air Terjun tersebut. Anda harus membawa sendiri berbagai keperluan yang Anda butuhkan selama berwisata, apalagi jika Anda membawa keluarga menuju ke sana, maka Anda sebaiknya membawa bekal untuk dimakan setibanya di Air Terjun ini. Menikmati alam sembari makan bersama keluarga tentunya bisa menjadi sebuah waktu yang sangat menyenangkan, juga bisa menjadi pengalaman yang amat berharga. Para wisatawan yang datang ke sana hendaknya juga selalu membersihkan sisa makanan selepas berwisata di Air Terjun Penantian agar tidak mengotori alam sekitarnya.

Pos terkait