Pesona Wisata Alam Alun Alun Kidul Yogyakarta

  • Whatsapp
alun alun jogja
Foto by @frhnam_

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah salah satu kota yang jaya dengan objek wisatanya, mulai dari wisata alam, hingga wisata budaya. Salah satu destinasi wisata populer di kota ini adalah Wisata Alun-Alun Jogja. Jogja sendiri mempunyai dua alun alun Jogja yaitu Alun-alun Lor atau Alun-alun Utara dan Alun-alun Kidul atau Selatan.

Baca Juga: Malioboro, Pusat Belanja dan Kuliner Legendaris di Jogjakarta

Bacaan Lainnya

Alun-alun kidul adalah salah satu lokasi wisata seru di malam hari selain anda bersantai di Malioboro. Tempat satu ini juga salah satu peninggalan dari Kerajaan Kasultanan Keraton Yogyakarta, dan sekarang sudah dijadikan sebagai tempat wisata umum bagi penduduk lokal dan wisatawan.

Baca Juga: Liburan di Jogja, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Alun-alun Kidul yang sering dikenal dengan sebutan Alkid adalah salah satu dari dua alun-alun yang ada di Jogja dan lokasi berada di sebelah selatan Keraton. Kedua alun-alun juga dimiliki oleh Keraton Yogyakarta dan mempunyai fungsi berbeda. Alun-alun utara biasanya digunakan untuk kegiatan masal, sedangkan alun-alun Kidul menurut kepercayaan kejawen digunakan sebagai tempat singgah para dewa dan dijadikan sebagai tempat untuk menyejukkan hati.

  • Hal menarik yang bisa dilakukan di Alun-alun Jogja

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika Jogja menjadi kota yang menawarkan wisatawan dengan destinasi menarik untuk dikunjungi. Di kota indah satu ini, anda juga bisa menikmati liburan dengan suasana berbeda dari kota besar lainnya yang ada di Indonesia.

Keramahan warga asli Jogja juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi kota wisata satu ini. Terlebih masih banyak penduduk asli jogja yang masih menggunakan pakaian adat mereka seperti kain batik. Kearifan lokal satu ini selalu membawa ketenangan bagi siapa yang menginjakkan kaki di kota indah satu ini.

Nah, jika anda berkunjung ke wisata alun-alun Jogja, anda bisa mencoba beberapa kegiatan menarik di sini. Kegiatan tersebut sangat cocok jika anda ingin menikmati suasana khas Jogja.

  • Menaiki sepeda hias di Alkid

Anda bisa main di sekitaran Alkid di malam hari. Salah satu alasannya adalah anda bisa melihat keindahan dan gemerlap lampu sepeda hias atau odong-odong yang sudah di dekor menjadi sangat cantik dan unik. Menaiki sepeda hias menjadi salah satu aktivitas yang digemari oleh para wisatawan.

  • Nikmati hidangan khas kota Jogja

Kegiatan satu ini memang tidak boleh terlewatkan terlebih saat anda mengunjungi Jogja, jangan sampai anda kelewatan untuk menikmati kuliner khas kota Gudeg ini. Selain terkenal dengan hidangan yang ramah di kantong, makanan khas Jogja juga sangat enak dan membuat anda ingin kembali lagi. Gudek bisa kamu temukan di dekat alun alun Jogja.

Tak hanya tempat wisatanya yang terkenal, Jogja juga sangat terkenal dengan kuliner khasnya yang sangat menggoda dan menggugah selera. Ada banyak sekali menu kuliner khas Jogja yang bisa anda nikmati seperti Kopi Jos, Wedang Ronde, Bakmi Jawa, Gudeg, Oseng Mercon, dan masih banyak lainnya.

Meskipun anda bisa mendapatkan menu khas Jogja di daerah lainnya, namun anda bisa mendapatkan sensai berbeda jika menyantap langsung di daerah asalnya. Anda juga bisa menikmati ragam kuliner khas Jogja saat mengunjungi alun-alun Jogja.

  • Mencoba sebrangi diantara 2 pohon beringin

Terdapat wisata alun-alun Jogja yang tidak biasa, yaitu menyebrangi diantara 2 pohon beringin kembar. Anda bisa menemukannya di Alkid. Permainan satu ini juga dikenal dengan sebutan masangin di mana anda bisa melintasi pohon beringin kembar dengan menggunakan mata tertutup,

Meskipun awalnya terlihat mudah, namun kenyataannya tak semudah yang anda bayangkan. Banyak yang sudah mencobanya dan gagal di percobaan pertama, bahkan banyak yang melintas menuju kearah lainnya.

Di balik kegiatan seru ini, ternyata terdapat mitos yang beredar di masyarakat sekitar. Salah satunya jika ada pasangan yang melewati pohon beringin tersebut gagal, maka bisa mengakibatkan putus cinta.

  • Kunjungi Keraton Jogja

Mengunjungi alun-alun Jogja di malam hari menyuguhkan anda dengan berbagai aktivitas yang bisa anda lakukan. Selain anda bisa menikmati ragam kegiatan seru, anda juga bisa mengunjungi destinasi wisata lainnya di sekitaran Alun-alun.

  • Tiket masuk alun-alun kidul

Alun-alun adalah ruang public masyarakat, jadi anda tidak dikenakan biaya masuk. Namun anda bisa menyewa kain penutup dengan membayar 5 ribu saja, atau menaiki odong-odong berkisar 15 ribu hingga 30 ribu.

Pos terkait