Wisata Keluarga Asik dan Menarik di Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta!

  • Whatsapp
kebun binatang gembira loka

Kota Yogyakarta selain terkenal dengan wisata alam dan situs bersejarahnya juga terkenal dengan kebun binatangnya, yaitu Gembira Loka. Kebun binatang yang sering dijadikan destinasi wisata keluarga atau bersama pasangan. Selain sebagai tempat hiburan, tempat ini juga cocok sekali untuk wisata belajar dan bermain untuk anak, sehingga belajar menjadi kegiatan yang menyenangkan. Kebun binatang Gembira Loka dibangun dari keinginan Sultan Hamengkubuwono ke VIII untuk memiliki tempat hiburan, kemudian keinginan tersebut bisa direalisasikan oleh Sultan Hamengkubuwono ke IX.

Baca Juga: Liburan di Gunung Kidul, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Bacaan Lainnya

  • Aneka satwa di Gembira Loka

Koleksi satwa di Gembira Loka cukup lengkap seperti dari golongan

  1. Mamalia, atau binatang menyusui contohnya orang utan, harimau, gajah, babi, beruang, lutung, macan, berang-berang, rusa dan masih banyak lagi.
  2. Reptile, berbagai jenis biawak, kadal, ular, kura-kura dan buaya.
  3. Burung, seperti burung hantu, nuri, elang, kakak tua, penguin dan masih banyak lagi.
  4. Ikan, berbagai jenis ikan yang bisa kamu temukan di Gembira Loka adalah ikan hantu, piranha, tomang, dan lain-lain.

Baca Juga: Candi Borobudur, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Dengan berbagai koleksi macam-macam binatang ini, bisa menjadi media belajar atau mengenalkan aneka hewan dari berbagai daerah kepada anak, bahkan untuk Kamu yang belum pernah melihat hewan-hewan tersebut sebelumnya, jalan-jalan di kebun binatang Gembira Loka bisa membuka pikiran dan menambah pengetahuan Anda. Jika Kamu cukup senang dengan binatang, jalan-jalan  di kebun binatang pasti memiliki daya Tarik tersendiri.

  • Hiburan di Gembira Loka 

Liburan Kamu tidak akan monoton dengan berkunjung di kebun binatang, karena di Gembira Loka terdapat aneka hiburan dari hewan yang bisa Kamu nikmati, apa sajakah itu?

  1. Onta tunggang

Bagi kamu yang penasaran gimana rasanya naik onta, kamu bisa mencoba hiburan dari Gembira Loka ini. Pengunjung bisa menikmati naik di punggung onta sambil jalan-jalan di sekitarnya. Asik sekali ya

  1. Berinteraksi dengan hewan

Hewan ini sudah dijamin jinak dan ramah sehingga pengunjung diperbolehkan berinteraksi dengan hewan secara langsung namun tetap ada pagar pelindung.

  1. Zoo express

Yaitu hiburan kereta yang berjalan mengelilingi kebun binatang. Kereta ini terdiri dari dua gerbong yang bisa menampung 8 orang dewasa atau 12 anak.

Selain aneka hiburan di atas, jenis hiburan lain yang tak kalah seru adalah kolam sentuh, kolam tangkap, terapi ikan dan perahu kayuh.

  • Fasilitas di Gembira Loka

Bermain di Gembira Loka kamu bisa mendapatkan fasilitas yang telah disediakan pihak kebun binatang tersebut, seperti

  1. Toilet
  2. Masjid
  3. Stroller bayi, ini bisa kamu pinjam kepada petugas. Jadi mencari hiburan tetap asik sambil membawa buah hati.
  4. Food court
  5. Akses wifi
  6. Kursi roda, Gembira Loka cukup perhatian dengan pengunjung yang mengalami keterbatasan fisik atau disabilitas, oleh karena itu fasilitas kursi roda disediakan.
  7. Mushola
  • Jam operasional dan tiket harga masuk 

 Kebun binatang Gembira Loka beroperasi setiap hari dari senin sampai kamis dan sabtu – minggu, bahkan saat hari liburpun kebun binatang ini tetap buka untuk pengunjung. Khusus anak dibawah 3 tahun tidak dikenai tiket masuk alias gratis. Harga tiket masuknya adalah

  1. Senin sampai kamis Rp. 60.000
  2. Sabtu Minggu atau hari libur nasional Rp. 75.000
  3. Hari jumat tutup untuk pengunjung
  • Lokasi dan rute 

Kebun binatang Gembira Loka berada di Jl. Kebun Raya No. 2, Rejowinangun, Yogyakarta. Rute yang bisa kamu lewati menuju kebun binatan Gembira Loka adalah

  • Menggunakan transportasi umum, trans jogja yaitu kamu bisa ke Terminal Giwangan kemudian naik trans jogja dengan tujuan kebun binatang Gembira Loka, estimasi waktunya adalah 20 menit.
  • Kendaraan pribadi, dari Malioboro, kamu tinggal lurus belok kiri ke arah pos Indonesia kemudian lurus sekitar 6KM, Gembira Loka ada di kanan jalan.
  • Kendaraan pribadi, kamu bisa melewati ring road timur menuju arah barat kemudian bertemu jalan Wonocatur, kemudian melewati jembatan maka akan bertemu kebun binatang Gembira Loka.
  • Menggunakan akses ojek atau taxi online. Pasti sudah disediakan maps untuk ke tujuan. Hal ini akan memudahkanmu mengunjungi Gembira Loka.

Selain hal yang telah disebutkan di atas, informasi mengenai Gembira Loka dapat kamu akses melalui website resmi Gembira Loka, disana tertulis informasi lengkap tentang tiket dan segala hal yang terkait.

Pos terkait