Biaya Pendakian Gunung Prau [+] 8 Jalur Yang Bisa Kamu Lewati

              1839 Views


Gunung Prau memang menjadi primadona bagi para pendaki dengan biaya mendaki ke gunung prau yang cukup bersahabat maka tidak heran kalo weekend gunung ini begitu ramai oleh aktifitas para pendaki untuk menikmati indahnya pemandangan puncak gunung prau.

Pendakian kali ini akan mencoba salah satu gunung yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Selain terkenal dengan trek pendakian Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, Jawa Tengah masih memiliki sejumlah trek pendakian yang wajib kamu coba terutama bagi para pendaki gunung sejati.

Gunung Prau atau Gunung Prahu adalah salah satu gunung yang ada di Provinsi Jawa Tengah yang mana terletak di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo, Batang dan Kendal. Jika dilihat dari ketinggian gunung yang mencapi 2.565m dpl, gunung ini masih tergolong biasa dibandingkan dengan gunung berapi lainnya. Namun, jangan salah sepanjang trek terjal bebatuan dan berpasir dengan kemiringan ekstra akan menantang nyalimu selama melakukan pendakian di sana.

Kini bagi kamu yang ingin mencoba menjajakan kaki untuk mencapai ketinggian Puncak Prau, berikut ada estimasi biaya mendaki Gunung Prau yang bisa kamu gunakan. Estimasi biaya di sini bisa menjadi perkiraan akan budget yang kamu butuhkan. Mulai dari awal keberangkatan, selama proses pendakian hingga perjalanan pulang kembali.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Prau

Sebagai salah satu lintas pendakian alam yang diburu oleh para pendaki, Gunung Prau memang memiliki sejumlah pesona yang begitu luas biasa. Puncak Gunung Prau yang merupakan padang rumput dengan pemandangan bukit dan sabana uang luas, menjadikan lokasi pendakian ini selalu menarik untuk dicoba. Tak heran jika banyak pendaki rela meluangkan waktunya demi mencapai Puncak Gunung Prau.

Jika ingin melakukan pendakian ke Gunung Prau, setidaknya ada 6 jalur utama yang bisa kamu gunakan untuk mencapai Puncak Prau. Jalur pendakian tersebut meliputi, jalur via dieng wetan, dieng kulon, Patak Benteng, kali lembu, Campurejo dan dieng water.

Dari keenam jalur tersebut, jalur Patak Banteng via Wonosobo menjadi salah satu jalur yang paling sering digunakan dan lebih ramai dibandingkan jalur lainnya. Kini bagi kamu yang ingin mendaki Gunung Prau dalam waktu dekat ini. Maka berikut rincian daftar estimasi mendaki di Gunung Prau yang bisa kamu persiapkan.

Biaya Mendaki Ke Gunung Prau

Seperti biasa untuk bisa sampai ke lokasi pendakian Gunung Prau, kamu bisa menggunakan berbagai transportasi baik umum maupun pribadi. Namun kali ini kami lebih memilih untuk menggunakan alat transportasi umum dengan alasan lebih menghemat biaya. Perjalanan dimulai dari Pusat Ibukota Jakarta dengan menggunakan bus antar Provinsi dengan jurusan Jakarta – Wonosobo. Kamu bisa menggunakan bus Sinar Jaya dari terminal bandar gebang dengan tarif ekonomi sekitar Rp 80.000, harga bus menyesuaikan armada dan tentunya fasilitas yang telah disediakan oleh operator.

Setelah sampai di terminal Mendolo, Wonosobo perjalanan harus kamu lanjutkan dengan menggunakan mini bus menuju Patak Banteng. Untuk tarifnya sendiri sekitar Rp 20.000 – Rp 30.000. Setelah itu untuk mencapai basecamp 1 atau gerbang jalur Patak Banteng. Kamu bisa menggunakan jasa ojek setempat dengan tarif rata-rata sekitar Rp 15.000. Tergantung negosiasi yang kamu lakukan dengan Bapak tukang ojeknya.

Selanjutnya kamu bisa langsung bergegas untuk melakukan pendaftaran Simaksi. Biaya pendaftarannya sendiri sekitar Rp 15.000/pendaki. Para pendaki wajib melakukan pendaftaran ini guna menjaga keamanan serta keselataman saat pendakian berlangsung.Setelah semua selesai kamu bisa melakukan pendakian ke gunung prau ada banyak jalur pendakian yang bisa kamu pilih, dari 8 jalur pendakian gunung prau 2 diantaranya adalah jalur konservasi jadi 6 jalur sudah resmi. Berikut jalur pendakian gunung prau yang bisa kamu pilih saat mendaki gunung prau:

  • Jalur Pendakian Gunung Prau via Dieng Wetan

Jalur ini adalah jalur paketan, bila kamu berwisata di Dieang dan ingin mendaki prau bisa lewat sini sob.

  • Jalur Pendakian Gunung Prau via Dieng Kulon

Jalur dieng kulon sudah masuk kawasan Banjarnegara bukan lagi Wonosobo bila kamu tertarik mendaki gunung prau via dieng kulon bisa langsung menuju bascame dieng kulo yang berada di Desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara dengan kontak person 081325755521.

  • Jalur Pendakian Gunung Prau via Dieng Patak Banteng

Kebanyakan pendaki bila ingin melakukan pendakian gunung prau via sini hampir 80% pendaki, karena akses menuju pos pendakian patak banteng sangat mudah yang mana dari pusat kota Wosobo tinggal naik angkot menuju Patak Banteng, Kejajar. Waktu tempuh dari patak Banteng yang cukup cepat yang menjadikan jalur ini menjadi favorit bagi para pendaki.

  • Jalur Pendakian Gunung Prau via Dieng Kali Lembu

Jalur pendakian Kali lembu searah sama patak banteng hanya lokasi desanya saja lebih tinggi, untuk kamu yang mau ke prau via sini bisa menghubungi ke nomor 085225152221.

  • Jalur Pendakian Gunung Prau via Dieng Campurejo

Jalur ini adalah jalur baru yang mana masuk daerah Temanggung bila kamu ingin mencoba mendaki prau bia Campurejo bisa kontak nomor berikut ini 086726495918.

  • Jalur Pendakian Gunung Prau via Dieng Wates

Jalur yang terakhir adalah via wates yanga mana track wates untuk bisa sampai ke area camp gunung cukup aman tidak terjal sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 100 menit untuk bisa sampai ke puncak prau dari bascame Wates. jalur pendakin via wates berlokasi di Desa Wates, Wonoboyo, Temanggung.

Dengan daftar estimasi mendaki ke Gunung Prau di atas serta jalur pendakianya, maka kamu bisa mempersiapkannya mulai dari sekarang. Tidak perlu takut akan budget yang terlalu tinggi. Karena dengan budget minimal pun kamu bisa mencoba melakukan pendakian ke Gunung Prau.

Tags:
author

Author: