Gunung Gede Pangrango, Jalur dan Estimasi Biaya Pendakian

  • Whatsapp
gunung gede pangrango
Foto:@ariasuryajaya

Aktifitas liburan kini bergama macamnya dari mulai ngepantai, ngegunung, ngemall, ngepulau bahkan ada yang susur Goa. Beragamnya kategori liburan zaman now tentu membuka siklus perekonomian yang baik untuk wilayah sekitar. Misalnya aktifitas pendakian yang kini kian booming, buat kamu yang suka mendaki bisa mencoba hiking ke gunung gede pangrango.

Baca Juga: 31 Air Terjun di Bogor Yang Siap Kamu Explore!

Bacaan Lainnya

Gunung gede pangrango menjadi salah satu wisata gunung yang paling populer di Jawa Barat. Secara administratif gunung ini masuk dalam kawasan Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Ketinggian gunung 2.958 Mdpl dapat di daki dari 3 jalur yaitu jalur pendakian via Cibodas, Jalur pendakian Gunung Putri dan Jalur pendakian via Selabintana.

Baca Juga: 41 Rekomendasi Tempat Kuliner di Bogor

Bagaimana Transportasi menuju ke Gunung Gede  Pangrango

Bagi sobat Triper yang mau mencoba mendaki gunung gede, begini cara menuju basecamp disetiap pos pendakian. Untuk yang tinggal di Jakarta misalnya kamu bisa bawa mobil sendiri atau berkendara dengan sepeda motor dengan durasi perjalanan kurang lebih 2-3 jam tergantung area puncak ia dengan jalur sbb: Jakarta – Cibinong – Bogor – Puncak – Cianjur (Via Cibodas). Bagi yang memilih armada bus dengan biaya tiket antara 30k-60k patokan nanti turunnya depan alfa Cibodas abangnya pasti sudah tahu dari sini nanti naik angkot lagi ke area parkir bayar angkot 5k, usahakan sampai sana jangan malam banget takut angkot gak ada tapi ojek banyak sih namun kamu harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal dari biaya naik angkot. Untuk yang mau naik dari Gunung Putri kamu bisa turun di pasar cipanas dan lanjut naik angkot menuju basecamp gunung putri kurang lebih 30 menit perjalanan dengan ongkos angkot 5k-10k. Selain kamu naik dari jalur Cibodas dan Gunung Putri kamu juga bisa lewat Selabintana namun jalur ini sepi karena traknya panjang dan cukup banyak pajet sehingga para pendaki enggan lewat jalur ini. Eh tapi bagi sobat Triper mau mencoba boleh saja,, kamu harus naik bus ke SMI dulu bisa turun di alun alun kemudian lanjut naik angkot ke Selabintana cukup dekat jaraknya cuma 6km ongkos 7k. Alternatif ke SMI kamu juga bisa naik kereta namun jadwal hanya tertentu sih, St. kereta juga tidak jauh dari alun alun.

Baca Juga: Liburan di Bogor, Berikut Tempat Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Setelah kamu tahu bagaimana cara menuju lokasi Basecamp pendakian gunung gede pangrango, langkah selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah jalur pendakiannya, sudah kita singgung diatas tadi bahwa gunung ini memiliki 3 jalur resmi. Berikut jalur pendakian gunung gede pangrango:

  • Jalur pendakian Gunung Gede  Pangrango via Cibodas
jalur pendakian gunung gede pangrango via cibodas
Foto:@deeradewi

Jalur pertama adalah mendaki via Ciobodas, ini jalur paling ramai karena lokasinya yang strtegis disampaing pendakian ada air terjun Ciberem dan perkemahan cibodas sendiri makanya ini tidak ada matinya alias 24 jam nonstop. Jalur ini cocok buat kamu yang baru pertama melakukan pendakian ke gunung gede. Sebagai gambarang sebelum kamu melakukan pendakian tentu kamu harus daftar dulu atau sering disebut dengan simaksi, biaya simaksi gunung gede pangrango bisa kamu lihat dibawah ini ia Sobat Triper:

Pos terkait