Gunung Nglanggeran, Wisata Alam di Yogyakarta yang Tidak Boleh Dilewatkan

  • Whatsapp
Gunung Nglanggeran
Foto:@fingki_syaputra

Salah satu rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta yang tidak boleh anda lewatkan adalah wisata Gunung Nglanggeran. Tempat wisata yang satu ini menawarkan keindahan alam yang unik dan menarik. Disamping itu, ada banyak hal yang bisa anda lakukan ketika berwisata kesini.

Baca Juga: Liburan di Gunung Kidul, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Bacaan Lainnya

  • Informasi umum wisata Gunung Nglanggeran Yogyakarta 

Gunung Api Purba Nglanggeran ini adalah sebuah gunung api yang dulu pernah aktif, namun gunung ini sekarang sudah tidak aktif, karena gunung api ini aktif sekitar 60-70 juta tahun Lalu. Nah, karena hal tersebutlah mengapa gunung Nglanggeran ini disebut dengan gunung api purba. Ketika anda berwisata ke simi, jangan harap anda akan menemukan bentuk gunung api pada umumnya yang mana biasanya berbentuk kerucut dan memiliki kawah. Akan tetapi, gunung api purba Nglanggeran ini berbentuk seperti gugusan bebatuan seperti raksasa yang menjulang tinggi dan juga ditumbuhi berbagai macam flora serta dihuni beragam fauna. Gunung api Nglanggeran cocok sekali bagi anda yang ingin berwisata ke tempat yang menawarkan sesuatu yang berbeda dari tempat wisata lainnya. Tepatnya, gunung api Nglanggeran ini terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Baca Juga: Malioboro, Pusat Belanja dan Kuliner Legendaris di Jogjakarta

  • Daya Tarik

Karena gunung api Nglanggeran adalah wisata alam jadi daya tarik utama dari tempat wisata yang satu ini adalah keindahan alamnya yang unik. Dimana terdapat gunung api purba yang terbentuk sejak pilihan juta tahun yang Lalu. Selain itu, gunung api purba juga menawarkan panorama alam yang cantik dibarengi dengan area pertanian dan persawahan yang menyejukkan mata. Selain itu, ada juga kawasan embung atau waduk mini yang berlokasi di atas bukit dengan Lucas sekitar 0,34 Ha yang digunakan untuk pengairan kebun buah dengan luas sekitar 20 Ha yang disertai dengan pemandangan yang indah. Disamping itu, ada banyak daya tarik lain yang membuat pengunjung menyukai tempat wisata yang satu ini seperti wahana permainan outbound, flying fox, serta ada juga paket pendidikan di alam yang bisa anda coba seperti bertani, budidaya kakao dan lain-lain.

  • Kegiatan yang bisa dilakukan di Gunung Api Nglanggeran

Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di Gunung ini. Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah panjat tebing. Gunung Nglanggeran cocok dijadikan sebagai tempat panjat tebing karena tebing di Gunung Nglanggeran ini adalah tebing yang terbentuk dari batu andesite yang terjadi karena aktivitas gunung api purba yang membentuk bongkahan-bongkahan tebing yang cantik dan unik. Tidak salah apabila tebing gunung Nglanggeran ini sering dijadikan tempat berlatih bagi para penggemar olahraga panjat tebing. Ada beberapa rute pemanjatan yang bisa dipilih disini, mulai dari yang tingkatannya ringan hingga tinggi yang biasanya digunakan oleh pemanjat professional. Jalur-jalur tersebut diantaranya adalah jalur silvana dan jalur nyingnying.

Baca Juga: Mengunjungi Tugu Jogja, Monumen Ikonik di Kota Yogyakarta

Kegiatan lain yang bisa anda lakukan disini adalah berkemah. Ada dua area perkemahan yang bisa dipilih. Area pertama berlokasi di tengah perjalanan saat menuju puncak gunung api. Disini para pengunjung hugs bisa menggunakan fasilitas yang telah disediakan yaitu pendopo yang dibangun di sekitar area perkemahan. Nah, spot kedua berlokasi di puncak gunung api Nglanggeran. Selain berkemah, anda dan rombongan juga bisa piknik disini. Lokasi untuk piknik ini terletak tidak jauh dari lokasi perkemahan. Pengunjung juga dapat melakukan kegiatan outbound di tempat wisata ini. Pengunjung bisa mempersiapkan permainan yang selanjutnya diadakan di area tanah lapang yang ada di sekitar perkemahan. Bagi anda yang suka menantang adrenalin, anda juga bisa mencoba wahana permainan flying fox yang ada disini. Nah, hal yang tak boleh anda lewatkan ketika berwisata disini adalah melihat pemandangan kota Yogyakarta dari puncak gunung api purba. Pemandangannya sangat indah sekali, terlebih lagi ketika pagi hari saat kabut menyelimuti puncak gunung, suasananya pun berubah menjadi lebih romantis.

  • Harga tiket masuk 

Untuk bisa menikmati wisata alam yang menakjubkan di Gunung Api ini, anda tidak perlu merogoh kocek anda dalam-dalam. Harga tiket masuknya dibedakan menjadi dua yaitu Rp. 20.000 pada malam hari dan Rp. 15.000 pada siang hari untuk wisatawan lokal. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara harga tiket nya Rp. 30.000 untuk siang hari dan malam harinya pun juga sama yaitu Rp. 30.000. Nah, untuk biaya parkirnya juga murah sekali yaitu Rp. 3.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

  • Rute menuju Gunung Api Nglanggeran

Rute menuju Gunung Api Nglanggeran dibedakan menjadi dua yaitu dari Wonosari dan dari Yogyakarta.

Dari Yogyakarta

Ketika anda berada di Yogyakarta maka anda harus mengambil jalan yang menuju ke arah Wonosari, setelah itu anda harus menuju ke Piyungan sampai akhirnya kamu tiba di Bukit Bintang. Lanjutkan perjalan hingga kamu tiba di perempatan timur Radio GCD FM Patuk. Sesampainya disini anda harus belok kiri dan ambil arah menuju Desa Ngoro-oro. Lanjutkan perjalanan hingga anda bertemu dengan pertigaan setelah UPT Puskesmas Patuk II. Kemudian belok kanan menuju Desa Nglanggeran. Nanti ada petunjuk jalan yang akan membimbing anda hingga ke tempat wisata Gunung api Nglanggeran.

Dari Wonosari 

Dari Wonosari anda hanya perlu belok kanan ketika kamu sampai di Bunderan Sambi Pitu kemudian ambilah arah kiri menuju Desa Bobung. Dari Desa Bobung ini anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 3 km untuk bisa sampai di Desa Nglanggeran.

Pos terkait