Pantai Ngrenehan, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Pantai Ngrenehan
Foto:@roni.najma

Pantai Ngrenehan merupakan sebuah pantai yang menawarkan pesona alam yang memukau.  Penasaran dengan keindahan seperti apakah yang ditawarkan?  Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Liburan di Gunung Kidul, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Bacaan Lainnya
  • Mengenal Sejarah Pantai Ngrenehan

Mitos dan sejarah merupakan hal yang tak bisa dipisahkan dari tempat – tempat yang ada di Indonesia.  Meskipun terkadang terdengar tidak masuk akal,  namun kenyataannya justru hal seperti inilah yang membuat orang banyak tertarik.  Artinya mitos dan sejarah justru merupakan daya tarik tersendiri dalam dunia pariwisata Indonesia.

Baca Juga: Malioboro, Pusat Belanja dan Kuliner Legendaris di Jogjakarta

Pantai Ngrenehan sendiri berawal dari cerita Raden Fatah,  putra dari Kerajaan Demak sedang mencari ayahnya.  Ia bermaksud untuk membujuk ayahnya untuk sama – sama memeluk agama Islam.  Hanya saja ternyata ayahnya tidak mau.

Karena sang ayah tidak mau bertengkar dengan putranya, maka beliau memutuskan untuk pergi ke suatu tempat yang mana lokasinya adalah lokasinya adalah Pantai Ngrenehan ini.  Kemudian Raden Fatah bersama para pengikutnya tiba di suatu tempat.

Disinilah mereka melakukan musyawarah dan menghasilkan sebuah kata ajakan yaitu ” rene “. Kata ini jika didalam bahasa Indonesia bermakna sini. Berasal dari kata inilah akhirnya warga setempat menjadikan kata rene sebagai awalan untuk menamai pantai yaitu Ngrenehan.

  • Daya Tarik Pantai

Setiap tempat wisata pastinya memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri yang membuatnya terlihat menarik.  Entah itu dari segi keindahannya,  kenyamanan maupun yang lainnya. Sama halnya dengan Pantai Ngrenehan ini dimana memiliki keindahan yang tak boleh dilewatkan.

  • Menikmati Pemandangan Alam

Hal pertama yang bisa anda lakukan ketika berada di pantai ini adalah menikmati pemandangan alam. Keindahan alam pantai yang satu ini memang tak boleh diragukan lagi. Paduan air laut yang biru ditambah dengan hamparan pasir putih terlihat sangat menyegarkan mata.

Di Sisi kiri kanan terdapat perbukitan karang yang seolah mengapit pantai ini dan berubah layaknya teluk. Pemandangan ini sangat cocok dijadikan sebagai background foto.

  • Naik Bukit

Di Sisi pantai juga terdapat perbukitan yang bisa didaki atau dinaiki.  Di Atas bukit anda bisa melihat pemandangan sekitar pantai dari atas. Selain itu,  di perbukitan ini juga terdapat cangkang – cangkang kerang laut yang terbawa ke atas akibat proses alam.

  • Bermain Air

Berenang di pantai Ngrenehan tak perlu khawatir dengan ombak besar karena perbukitan karang yang menjepit di kedua sisi pantai membuat ombak besar tak bisa langsung memasuki area pantai.  Tentunya hal ini merupakan hal yang bermanfaat karena aktivitas bermain air menjadi lebih aman. Apalagi beragam fasilitas penunjang yang ditawarkan juga cukup memadai,  seperti toilet,  mushola,  parkir dan tempat makan.

  • Menyaksikan Kebudayaan Lokal

Tak hanya menikmati keindahan alam saja,  di Pantai Ngrenehan anda juga bisa menyaksikan kebudayaan lokal berupa arak – arakan kebudayaan setempat yang kaya akan. Tentunya selalu ada pesan tersendiri dari setiap kebudayaan lokal yang wajib diketahui untuk menambah wawasan.

  • Wisata Kuliner

Berwisata tentunya tak akan lengkap jika belum menikmati kuliner.  Di Kawasan pantai ini terdapat banyak warung makan yang menyajikan aneka kuliner seafood yang ditangkap oleh nelayan setempat.

Dengan banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan,  tentunya pengalaman liburan akan terasa lebih menyenangkan.

  • Lokasi Dan Rute Perjalanan Menuju Pantai

Jika anda memiliki rencana ingin mengunjungi Pantai Ngrenehan maka anda perlu mengetahui lokasi dan juga rute perjalanannya.

Lokasi

Lokasi Pantai Ngrenehan ada di Desa Kanigoro,  Kec.  Saptosari,  Kab. Gunung Kidul,  Yogyakarta.

Rute Perjalanan

Untuk menuju Pantai Ngrenehan,  anda bisa menempuh rute perjalanan sebagai berikut.

Kota Yogyakarta – Jl. Imogiri Barat – Jl.  Panggang,  Wonosari – Paliyan – Ngobaran – Pantai Ngrenehan.

  • Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Mungkin setiap tempat wisata memiliki harga tiket masuk yang berbeda. Begitu pula dengan harga tiket masuk Pantai Ngrenehan ini dimana anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 5 ribu saja. Sedangkan untuk biaya parkirnya adalah :

  • 3 ribu (sepeda motor)
  • 5 ribu (mobil)
  • 15 ribu (mini bus)
  • 20 ribu (big bus)

Dengan kisaran biaya diatas tentunya terbilang sangat murah mengingat beragam keindahan yang ditawarkan oleh Pantai ini.

Untuk jam operasional pantai ini sebenarnya tidak ada jam pasti.  Namun biasanya buka mulai pukul 5 pagi hingga malam hari.  Sehingga bagi anda yang ingin berkunjung ke pantai ini tentu waktunya lebih fleksibel.

Pos terkait