Candi Plaosan, Wisata Sejarah Yang Wajib Kamu Kunjungi Ketika di Jogja

  • Whatsapp
Candi Plaosan
Foto: @chitraachiet

Kota Yogyakarta merupakan salah satu destinasi favorit para wisatawan, baik dari Indonesia sendiri maupun dari luar negeri. Jogja terkenal dengan kota yang identik dengan kebudayaan, kesenian, dan juga tempat – tempat menarik. Salah satu wisata yang cukup populer di Jogja adalah wisata candi. Berbagai jenis candi bisa ditemukan dengan mudah di Yogyakarta. Tentu saja yang paling terkenal adalah candi Prambanan. Selain candi Prambanan masih banyak candi lain yang tak kalah indah di Yogyakarta, salah satunya adalah Candi Plaosan.  Berikut ini akan kami sajikan ulasan untuk anda keindahan candi ini serta cara mengaksesnya.

Baca Juga: Candi Borobudur, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Bacaan Lainnya

  • Tentang Candi Plaosan

Plaosan merupakan sebuah kompleks percandian yang berada di area Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan. Lokasi candi ini letaknya tidak jauh dari candi Prambanan. Jadi jika anda berwisata ke Prambanan, bisa sekalian berkunjung ke Plaosan. Candi ini merupakan candi Buddha. Hal ini terlihat dari adanya kemuncak stupa, archa, serta candi perwara atau candi pendamping kecil di komplek tersebut. Diperkirakan komplek candi ini  dibangun pada zaman kerajaan Mataram Kuno oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan (abad ke-9). Candi ini sering juga disebut sebagai candi kembar karena terdapat dua komplek candi, yakni Candi Plaosan Lor dan juga Candi Plaosan Kidul. Menariknya lagi letak candi Plaosan ini berseberangan dengan candi Sewu.

Baca Juga: 46 Rekomendasi Tempat Kuliner di Jogja

  • Hal Menarik/ Daya Tarik

Jika anda berkunjung ke Jogja, maka candi ini sangat layak dikunjungi karena terdapat berbagai hal unik yang dihadirkan oleh candi tersebut. Berikut ini beberapa hal unik dari Candi Plaosan.

  • Perpaduan 2 Agama

Salah satu hal menarik yang dihadirkan oleh candi ini adalah terdapat perpaduan 2 agama pada candi tersebut. walaupun dari segi tampilan candi ini tampak seperti candi Buddha, ternyata pakar arkeolog mengatakan tidak demikian. Nur Kesawa, seorang Arkeolog di Jogja menegaskan bahwa candi ini merupakan perpaduan 2 agama, yakni Hindu dan Budha. Nur Kesawa menjelaskan bahwa Rakai Pikatan yang beragama Hindu membangun candi ini untuk istrinya Pramodhawardani yang beragama Buddha. Oleh karena itu pada candi Plaosan tampak ada stupa dan juga ratna dalam kompleks percandian tersebut.

  • Memiliki Ruang Ujian

Hal unik lainnya dari candi ini adalah terdapat juga ruang ujian dalam komplek candi. Ruang ujian tersebut disebut sebagai Mandapa, dan dulunya digunakan sebagai tempat ujian para murid. Pada jaman dahulu para murid disuruh belajar di Candi, lalu pada ruang ujian tersebut, para murid akan ditanyai oleh guru  mereka (dewa) yang tepat duduk di hadapannya. Ujian ini wajib dilalui oleh setiap murid agar bisa menjadi seorang terpelajar atau cendekia. Para arkeolog menyimpulkan bahwa pada Mandapa tersebut masih terdapat umpak. Hal ini menjadi bukti bahwa dulunya ruang ujian tersebut bentuknya menyerupai sebuah joglo yang memiliki tiang kayu.

  • Memiliki 2 Candi Induk

Keunikan lain yang dihadirkan oleh candi ini adalah terdapat dua candi induk pada kompleks candi tersebut. Biasanya setiap candi hanya memiliki satu induk candi. Pada kompleks plaosan ini terdapat dua candi induk. Hal ini juga lah yang menjadi salah satu alasan mengapa candi Plaosan sering disebut sebagai candi kembar. Letak Candi Plaosan Lor Dan juga Candi Plaosan Kidul sedikit berjarak. Tetapi jika anda berkunjung, anda tetap bisa menjangkaunya dengan jalan kaki saja.

  • Transportasi/Akses ke Wisata

Jika anda ingin berwisata ke candi ini, maka cara aksesnya juga sangat mudah. letak candi ini tidak jauh dari candi Prambanan, karena jalan masuknya sama. Jadi cukup ambil transportasi yang mengarah ke candi Prambanan maka bisa langsung menemukan candi tersebut. Jika anda dari kota Yogyakarta, anda bisa menaiki Trans Jogja yang mengarah ke Prambanan. Dari candi Prambanan sendiri anda bisa naik ojek menuju ke komplek Plaosan tersebut. Untuk saat ini tiket masuk ke Candi masih gratis. Jadi anda bisa berwisata tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Itu lah beberapa hal menarik dari candi Plaosan.

Pos terkait