Pantai Sadranan, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Pantai Sadranan
Foto:@PantaiSadranan

Bagi Anda yang ini menikmati keindahan pantai di Jogja, maka sekarang ini ada destinasi baru lagi yaitu Pantai Sadranan yang berada di Gunung kidul Yogyakarta. Nah berikut ini adalah beberapa informasi lengkap seputar Pantai Sadranan yang bisa Anda ketahui.

Baca Juga: Liburan di Gunung Kidul, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Bacaan Lainnya
  • Sejarah Pantai Sadranan

Sebelum masuk ke beberapa informasi mengenai Pantai ini, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu sejarah dari pantai ini. Nama Sadranan sebenarnya diambil dari kata Nyadran. Nah Nyadran ini adalah sebuah ritual sedekah laut yang juga biasa dilakukan oleh warga sekitar di pantai ini, ritual atau tradisi ini biasa dilaksanakan setelah selesai masa panen.

  • Lokasi dan rute untuk menuju Wisata

Rute menuju ke Pantai sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya saja karena pantai ini masih baru dan belum banyak dikenal oleh banyak orang, membuat jalan yang harus Anda lalui untuk menuju ke pantai ini juga tidak sebaik dan semulus pantai di gunung kidul lainnya. Sedangkan untuk lokasi Pantai Sadranan ini terletak di Desa Sidoharjo, Yogyakarta.

Baca Juga: Pantai Baron, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Untuk menuju ke Pantai Sadranan, sebenarnya perjalanan yang perlu Anda tempuh hanya sekitar 2 jam dari pusat kota Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta Anda hanya perlu menuju ke daerah Gunung kidul melewati dua jalur yaitu jalan Imogiri – Panggang dan jalan Wonosari. Nah setelah Anda sampai di kota Wonosari maka Anda langsung saja mengambil jalur untuk menuju ke pantai Baron, lalu setelah sampai ke pantai Baron jalan lagi ke timur sampai Anda melihat papan nama untuk menuju ke lokasi Pantai Sadranan.

  • Tiket masuk dan biaya parkir di Pantai Sadranan 
tiket masuk Pantai Sadranan
Foto:@risma.setyaningsih

Selanjutnya untuk tiket masuk dan biaya parkir di Pantai Sadranan ini dapat dikatakan lumayan murah, jika dibandingkan dengan pemandangan yang nanti akan Anda dapatkan di Pantai Sadranan ini. Untuk tiket masuk Anda harus membayar biaya sebesar 10 ribu rupiah saja per orang, selain itu untuk biaya parkir kendaraan roda dua sebesar 2 ribu rupiah dan untuk kendaraan roda empat sebesar 5 ribu rupiah. Selanjutnya untuk jam buka, Pantai Sadranan ini buka 24 jam non stop. Jadi bagi Anda yang ingin berwisata malam hari di Pantai Sadranan juga pastinya bisa dilakukan dengan mudah, terlebih lagi dengan adanya fasilitas penginapan di pantai ini.

  • Fasilitas

Sebenarnya fasilitas yang ada di Pantai ini cukup lengkap seperti adanya beberapa penginapan dan juga restoran. Nah penginapan dan restoran di sekitar Pantai Sadranan ini kebanyakan dikelola langsung oleh masyarakat sekitar, sehingga tidak perlu khawatir lagi tentang kenyamanan yang diberikan. Untuk harga sewa penginapan sendiripun sebenarnya tidak terlalu mahal yaitu berkisar antara 200 ribu rupiah per malam.

Lalu selain fasilitas penginapan di Pantai ini ada juga fasilitas penyewaan tenda, jadi selain bisa menginap di penginapan Anda juga bisa menginap di tenda yang Anda sewa. Anda bisa mendirikan tenda di pinggir pantai atau di atas bukit yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola. Untuk harga sewa tenda pastinya lebih murah dari harga sewa penginapan, jadi bagi Anda yang memiliki budget pas – pasan tetap bisa menginap di Pantai ini.

  • Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai

Nah untuk aktifitas yang bisa dilakukan di Pantai ini cukup banyak dan juga seru, yaitu seperti berikut ini :

– Naik perahu kano

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan di Pantai Sadranan adalah menaiki perahu kano. Jadi untuk bisa merasakan naik perahu kano Anda tidak perlu lagi jauh – jauh pergi ke Lombok dan Bali. Nah untuk bisa menaiki dan mendayung perahu kano ini Anda harus membayar sekitar 50 ribu rupiah untuk per jamnya.

– Snorkeling

Aktivitas kedua yang juga tak kalah seru dari naik perahu kano adalah snorkling. Nah Anda juga bisa melakukan snorkling di Pantai ini, karena memang pemandangan bawah laut di pantai ini yang sangat sayang untuk dilewatkan. Untuk bisa snorkeling Anda harus menyiapkan uang sekitar 50 rupiah saja.

Pos terkait