Kebun Teh Nglinggo Tempat Piknik Terbaik di Jogja

  • Whatsapp
Kebun Teh Nglinggo
Foto:@emiwdrodze

Jogja selalu menawarkan hal istimewa, tak ketinggalan dalam hal tempat wisatanya. Begitu banyak tempat wisata baru yang bisa ditemukan di Jogja, termasuk wisata alam. Salah satu daerah di Jogja yang memiliki keindahan alam tiada tara adalah daerah Kulon Progo. Di Kabupaten Kulon Progo ada sebuah tempat wisata yang sangat cocok dijadikan tempat piknik, namanya adalah Kebuh Teh Nglinggo. Berikut kami rangkum keindahan kebun teh ini untuk anda.

Baca Juga: Liburan di Jogja, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Bacaan Lainnya

  • Sekilas Tentang Kebun Teh Nglinggo

Kebun teh Nglinggo ini terletak di desa Wisata Nglinggo, Kabupaten Kulon Progo. Nama desa tersebut menurut kabarnya diambil dari salah satu pahlawan pada masa penjajahan tersebut. pahlawan tersebut adalah Ki Linggo Manik. Ki Linggo Manik ini merupakan salah satu dari prajurit Pangeran Diponegoro yang menumpas pasukan penjajah. Ki Linggo Manik ini menyusun strategi di sekitar wilayah yang kini menjadi desa Nglinggo tersebut. Sebagai penghormatan atas jasanya, maka masyarakat setempat menjadikan nama desa menjadi desa Nglinggo. Hal utama yang ditawarkan dari desa wisata ini adalah kebun tehnya yang begitu memikat dan memanjakan mata.

Baca Juga: Malioboro, Pusat Belanja dan Kuliner Legendaris di Jogjakarta

Saat pagi hari tiba, tepatnya ketika kebun belum hilang, pemandangan hijau dari kebun teh ini akan membuat siapa saja jatuh cinta saat memandangnya. Udara sejuk khas pegunungan akan menambah suasana pagi yang begitu indah. Kebun Teh Nglinggo ini merupakan satu – satu nya kebun teh di Yogyakarta, oleh karena itu anda harus mengunjungi saat berlibur ke Jogja.

  • Daya Tarik Kebun Teh Nglinggo

Tentu saja daya tarik utama yang ditawarkan oleh kebun teh ini adalah pemandangan kebun teh yang begitu hijau dan memanjakan mata. Dulunya kebun teh ini hanya sebagai tempat mata pencarian penduduk setempat. Tetapi karena lokasinya yang berada di area perbukitan, serta menawarkan pemandangan yang menakjubkan, warga setempat akhirnya menjadikan kebun ini sebagai tempat wisata.

Baca Juga: Pantai Baron, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Kebun teh ini tempatnya berada di perbukitan Menoreh. Jadi jika anda ingin menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, harus rela mendaki bukit menoreh terlebih dahulu. Perjalanan ke bukit menoreh tentu saja menanjak. Medan yang harus dilalui juga relatif sulit, karena sebagian jalurnya merupakan tanah liat. Tetapi walaupun pendakiannya membutuhkan usaha, sampai di puncak nanti semuanya terbayarkan. Anda akan disuguhkan pemandangan kebun teh yang sangat hijau. Selain itu dari bukit ini juga bisa dilihat depan gunug besar di pulau Jawa, termasuk juga Candi Borobudur. Jika anda penggemar Sunset dan Sunrise, dari kebun teh Nglinggo ini sangat cocok untuk menikmatinya.

  • Kegiatan yang Bisa dilakukan Di Kebun Teh Nglinggo

Berbagai kegiatan menarik bisa anda lakukan di kebun teh ini, salah satunya adalah berfoto ria. Pemandangan indah yang disajikan sangat sayang bila dilewatkan, oleh karena itu anda harus mengambil beberapa gambar dengan background menarik. Disediakan juga beberapa spot foro menarik di sini, sehingga foto anda semakin instagramable nantinya. Di tempat wisata ini juga ada penginapan, jadi anda bisa menghabiskan malam dan berkemah di sini. Untuk anda yang mencari tempat pikinik, maka penginapan tersebut sangat cocok, karena harga yang ditawarkan juga relatif murah.  Di sekitaran kebun teh disediakan juga kedai yang menyajikan makanan dan minuman khas daerah setempat. Jadi setelah lelah berkeliling kebun teh, anda bisa menikmati manisnya teh asli dari kebun Nglinggo tersebut.

  • Harga Tiket Masuk Kebun Teh Nglinggo
tiket masuk kebun teh nglinggo
Foto:@kebunteh.nglinggo.official

Menikmati keindahan alam di kebun teh Nglinggo tidak perlu biaya mahal. untuk tiket masuk daerah wisata tersebut cukup sebesar Rp 5000,- saja per orangnya. Untuk tiket parkirannya sendiri juga murah, yakni Rp 2.000,- untuk tiket motor, dan Rp 5.000,- untuk tiket pakir mobil.

  • Rute Menujut Kebun Teh Nglinggo

Jika anda berangkat dari bandar baru Kulon Progo, maka sangat mudah menggapai kebun teh ini karena jaraknya sangat dekat. Namun jika anda datang dari Kota Jogja, maka harus menuju ke Godean terlebih dahulu. Dari Godean, bawa kendaraan menuju Pasar Plono. Nantinya dari pasar ini akan ada petunjuk arah ke Kebun Teh Nglinggo tersebut.

Pos terkait