Taman Sungai Mudal Wisata Asri Yang Menawan

  • Whatsapp
Taman Sungai Mudal
Foto:@dalfajarramdan

Yogyakarta menjadi salah satu kota yang banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan asing maupun lokal. Jogja menawarkan destinasi wisata yang unik dan tidak membosankan. Kebanyakan wisatawan pasti akan mengunjungi tempat yang sudah sangat terkenal seperti candi prambanan atau malioboro. Padahal wisata jogja tidak sekedar itu saja, masih banyak tempat yang wajib untuk dikunjungi. Untuk kamu yang suka wisata alam yang asri, kamu bisa mengunjungi taman sungai mudal yang ada di kulon progo.

Baca Juga: Liburan di Jogja, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Bacaan Lainnya

  • Informasi Umum 

Mudal sebenarnya adalah sumber mata air yang selalu memancarkan air sepanjang tahun yang dijadikan tempat wisata asri dan menawan yang dikelola oleh warga sekitar. Aliran air sungai yang jernih serta terdapat air terjun akan membuat kamu merasa nyaman. Tidak hanya untuk tempat wisata saja, taman sungai mudal juga dapat mencukupi pasokan air warga sekitar yang dialirkan melalui pipa-pipa. Bagi kamu yang suka dengan wisata alam yang asri, pemandangan alam, wisata air, tempat ini wajib untuk kamu kunjungi.

Baca Juga: Candi Borobudur, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Daya Tarik Dari Taman 

Taman sungai mudal memiliki daya Tarik tersendiri. Kamu akan dimanjakan dengan keindahan air terjun tiga tingkat yang diberi nama air terjun mudal, air terjun kembang soka dan air terjun kedung pedut yang letaknya sedikit rendah. Kolam air yang tenang dan  jernih serta terdapat tanaman hias yang ditanam di bantaran sungai menambah keindahan sungai. Tidak hanya itu, ada hal yang menarik dan berbeda dari tempat wisata lain. Kamu bisa membawa tanaman atau bunga untuk di sumbangkan sebagai upaya program Trees Of Hope yang dijalankan oleh taman sungai mudal sebagai pelestarian alam. Mungkin yang satu ini adalah hal yang paling menarik dari taman sungai mudal. Pengunjung bisa mengakses wifi gratis yang disediakan oleh pengelola taman.

  • Kegiatan Yang Bisa Dilakukan di Taman 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Taman sungai mudal adalah wisata air yang asri, maka kamu bisa melakukan aktivitas seperti berenang, berendam, bermain air, bersantai menikmati alam, ataupun berfoto. Kamu tidak perlu khawatir bila kamu tidak bisa berenang. Disana sudah disediakan pelampung yang bisa untuk di sewa. Kolam untuk berenang juga dibedakan berdasarkan kedalaman kolam. Untuk anak-anak kolam dengan kedalaman 1,5 meter dengan luas 7×11 meter persegi. Sedangkan untuk dewasa kolam dengan kedalaman 2 meter dengan luas 7×11 meter persegi.  Tidak hanya itu saja, di taman sungai mudal kamu juga bisa hiking dan camping Bersama teman-teman.  Adanya fasilitas berkemah, flying fox, dan river tubing sangat cocok untuk kamu yang hobi kegiatan alam.

Baca Juga: Candi Prambanan, Akses dan Tiket Masuk Terbaru

  • Harga Tiket Masuk Ke Taman 
tiket masuk taman sungai mudal
Foto:@millati_kamaliah

Untuk memasuki wisata taman sungai mudal, harga tiket yang ditawarkan cukup terjangkau. Pengunjung akan dikenakan biaya Rp. 6000 saja perorang. Harga tersebut belum termasuk untuk penyewaan fasilitas. Penyewaan pelampung dikenakan tarif Rp. 5000 dan flying fox hanya Rp. 15.000 sangat murah bukan. Bila kamu membawa kendaraan roda dua untuk biaya parkir Rp. 2000 sedangkan untuk roda empat Rp. 3000.

  • Rute Untuk Menuju Taman 

Lokasi taman  terdapat di desa Banyunganti, Jatimulyo Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Memang untuk jarak dari pusat kota yogyakarta cukup jauh yaitu sekitar 33,2 kilometer atau memerlukan waktu tempuh 1 jam 6 menit dari kota jogja menggunakan transportasi motor atau mobil. Rute untuk menuju ke taman sangat mudah di jangkau. Kamu bisa melewati rute dari jalan KH. Ahmad dahlan lalu melanjutkan perjalanan melewati jalan wates. Setelah itu terdapat pertigaan ke arah selatan melewati jalan ringroad barat selanjutnya, terdapat perempatan belok ke arah barat menuju jalan godean. Lalu jalan lurus melewati jalan raya kaligesing ikuti terus sampai akhirnya ke taman sungai mudal. Kamu tinggal mengikuti papan petunjuk yang sudah dibuat.

Itulah sedikit ulasan mengenai wisata alam taman sungai mudal yang ada di kulon progo Yogyakarta. Ternyata di jogja banyak sekali wisata alam yang wajib untuk dikunjungi. Semoga informasi tersebut bisa menjadi referensi tempat wisata kamu.

 

Pos terkait