Bumi Perkemahan Cibubur, Berpetualang di Pinggiran Kota Jakarta

              147 Views

Buperta Cibubur salah satu tempat perkemahan yang cukup terkenal di DKI Jakarta yang berlokasi di sisi timur Jakarta, nama lain lokasi ini adalah Jambore Nasional Pramuka, tempat camping di Jakarta salah satunya adalah Buperta ini selain Bumi Perkemahan Ragunan dan dua tempat ini memang menjadi icon tempat Camping di Jakarta.

Baca Juga: 47 Rekomendasi Tempat Kuliner di Jakarta

Banyak acara yang dilakukan dikawasan Buperta Cibubur apalagi sedang ada masa perkemahan pramuka dipastikan Buperta bakal penuh setiap bloknya. Untuk kamu yang suka camping dan sudah kebelet banget pengen camping dan kebetulan tinggal di area Jakarta bisa datang ke Buperta untuk melepas kangen camping kamu. Untuk harga tiket masuk atau camping di Buperta cukup bersahabat hanya mengeluarkan 20k sudah bisa camping di kawasan Buperta Cibubur.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk SnowBay TMII Terbaru

Jakarta yang terkenal dengan padat merayap hampir tidak ada ruang terbuka hijau namun tak disangka memiliki Buperta ini dengan luas kurang lebih 210 ha.Untuk bisa sampai di kawasan Buperta sangat gampang tinggalkan naik angkot menuju Juction CIbubur dengan jurusan Kranggan atau Mekarsari Jonggol.

Foto-Foto Buperta Cibubur:

Sumber Foto:@bupertacibubur

Seiiring berjalannya waktu, kawasan Buperta tak lepas dari sentuhan renovasi yang semakin memudahkan pengunjung hingga sekarang. Kemudian mantan Presiden Soeharto meresmikan kawasan Buperta pada tahun 1981. Lahirnya Buperta karena peran besar Pramuka di Indonesia. Awalnya, lahan bumi perkemahan ini seluas 230 Ha dan menyatu dengan Taman Bunga Wildatika Cibubur. Namun, karena proyek tol Jagorawi lahan terpangkas menjadi 210 Ha dan berpisah dengan taman bunga itu.

Baca Juga: Daftar Kolam Renang di Jakarta Buat Kamu Yang Doyan Renang

Buperta tak berdiri sendiri, mereka di bawah naungan Kwarnas dan bekerjasama dengan TNI Angkatan Darat sampai TNI Angkatan Udara. Dari semua itu bertujuan untuk mendukung kegiatan Buperta. Di dalam wilayah bumi perkemahan ini juga terdapat lapangan terbang untuk olahraga kedirgantaraan yang memiliki landasan pacu dengan panjang sekitar 1.000 m. Lahan Buperta terbagi atas beberapa bagian yaitu areal perkemahan di hamparan rumput yang bebas seluas 80 Ha. Di area tersebut masih terbagi 2 bagian yaitu Kemah Putra (Kempa) dan Kemah Putri (Kempi) yang mampu menampung hingga 20.000 orang.

Baca Juga: Lokasi Honeymoon di Indonesia Yang Paling Romantis Yang Patut Kamu Kunjungi

Fasilitas lain yang ditawarkan berupa lapangan utama, aula serbaguna, cafetaria, kolam renang, hutan wisata, danau, sarana peribadatan 5 agama dan toilet. Buperta menyediakan lokasi berkemah bagi siapa saja yang datang. Kegiatan yang bisa Anda lakukan di sana bermacam-macam, seperti berkemah, outbound, bermain sepeda air di danau atau sekedar jalan-jalan.

Sewa lokasi untuk berkemah juga sangat terjangkau sekitar Rp 20.000 per malam. Jangan kuatir jika Anda tak bawa perlengkapan kemah sendiri, Buperta menyediakan tenda berbagai ukuran dengan harga kisaran Rp 50.000 sampai Rp 300.000. Ada persyaratan jika Anda ingin berkemah di sana. Pengunjung tidak boleh membawa tenda milik sendiri lebih dari 2, karena Anda tetap dikenakan pajak sebesar 20% dari harga sewa tenda yang sudah disediakan. Jika Anda tidak ingin berkemah, di sana juga tersedia penginapan berupa wisma yang nyaman.

Tags:
author

Author: