Akses dan Harga Tiket Masuk Curug Batu Tapak Cidahu, Sukabumi

  • Whatsapp

Curug atau air terjun biasa menjadi lokasi wisata keluarga di musim kemarau. Kesejukan air terjun yang mengalir deras menjadi pemandangan yang nyaman dan menyegarkan. Salah satu objek wisata air terjun di sekitar Sukabumi adalah Curuk Batu Tapak. Pesona keindahan air terjun berpadu dengan alam pegunungan yang dirimbuni hutan pinus menjadi panorama menyenangkan yang sayang untuk tidak dinikmati.  Air terjun di kaki Gunung Salak ini terletak di daerah Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat. Sudah sejak lama kawasan ini dikenal sebagai kawasan perkemahan yang sejuk dan asri. Selain itu, sangat cocok untuk berbagai kegiatan outdoor.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi

Muat Lebih

Bagi anda yang suka berkemah atau menikmati tinggal sehari di alam, kawasan curug ini menawarkan berbagai “perlengkapan” hidup di alam seperti air yang segar serta area camping yang cukup luas. Di kawasan air terjun setinggi 900 meter ini juga tersedia berbagai permainan outdoor, panjat tebing, tracking, serta outbond. Umumnya pada akhir pekan kawasan ini dipenuhi rombongan kelompok kemah seperti pramuka atau kelompok fun gathering yang bermalam di sini.

Baca Juga: Wisata Alam Level Internasional Geopark Ciletuh Sukabumi

Bagi anda yang ingin berkemah di kawasan Batu Tapak, anda tidak perlu repot-repot membawa peralatan dari rumah. Pihak pengelola menyediakan pos yang menyewakan peralatan-peralatan camping seperti tenda baik untuk kelompok kecil maupun besar, kantong tidur, lampu tenda, terpal, hingga matras dan kasur busa. Segala kebutuhan kemah anda dapat terpenuhi di sini. Bahkan untuk urusan konsumsi, anda bisa memesan catering untuk kebutuhan kelompok besar maupun kecil. Segala fasilitas lengkap tersedia tanpa perlu repot anda siapkan dari rumah.  Bagi yang sekedar berkunjung atau bermain-main , ada pula kantin yang buka 24 jam. Sarana lain yang tersedia di sini adalah kamar mandi, toilet, dan tempat ibadah yang bersih dan terawat.

Foto Curug Batu Tapak:

Foto:@fm.fajarmulia

Perjalanan Menuju Batu Tapak

Karena merupakan kawasan yang sudah umum dikunjungi, anda dapat dengan mudah menuju ke lokasi Curug Batu Tapak.  Anda bisa menggunakan kendaraan umum dari Cicurug menuju Cidahu. Kendaraan pribadi juga dapat anda gunakan hingga lokasi parkir. Jarak antara Cicurug menuju Cidahu sekitar 15 Km.  Dari area parkir anda bisa berjalan kaki menuju curug, atau bagi rombongan besar dapat menyewa truk yang disediakan oleh pengelola.

Bagi anda yang hendak bermalam di kawasan Batu Tapak akan dikenakan biaya 10 ribu rupiah per-malam.  Wisatawan yang berasal dari luar kota, anda bisa memanfaatkan berbagai alternatif perjalanan darat seperti bus maupun kendaraan pribadi untuk menuju ke Sukabumi. Kemudian tinggal mengikuti arah menuju kawasan Cidahu.

Batu Tapak juga merupakan salah satu gerbang masuk pendakian Gunung Salak yang cukup ramai. Untuk mencapai puncak Manik melalui Cidahu, pendaki harus menempuh jalur sepanjang 9 kilometer dengan medan yang cukup ekstrim dengan  banyaknya tebing-tebing terjal dengan kemiringan hingga 90o. Untuk mencapai puncak gunung Salak yang tingginya hanya 2.211 mdpl, setidaknya membutuhkan waktu perjalanan 9 jam dari Batu tapak. Hal ini setimpal dengan tingkat kesulitan trek yang harus dilalui oleh pendaki.

Baca Juga: 31 Air Terjun di Bogor Yang Siap Kamu Explore!

Selain puncak Manik yang menjadi titik tertinggi di Gunung Salak, Kawah Ratu menjadi objek favorit pendaki yang naik dari Batu Tapak. Di Kawah Ratu anda bisa menyaksikan jurang bekas kawah Gunung Salak yang luas. Anda tidak perlu khawatir tersesat karena pada jalur ini anda bisa menemukan papan petunjuk arah setiap 100 meter. Namun anda perlu berhati-hati karena trek ini cukup berbahaya, terlebih di musim hujan. Jadi pastikan anda menyiapkan perlengkapan keselamatan yang cukup mumpuni untuk melalui medan yang menantang ini. Bagi yang ingin mendaki Gunung Salak akan dikenai biaya masuk sebesar 22 ribu Rupiah.

Pos terkait

Loading...