Akses dan Harga Tiket Masuk Goa Lalay Pelabuhan Ratu, Sukabumi

  • Whatsapp

Butuh wisata alam yang asyik tapi tidak begitu jauh dari Jakarta? Jika ya, maka Goa Lalay Pelabuhan Ratu bisa jadi pilihan terbaik.

Tentang Goa Lalay Pelabuhan Ratu

Muat Lebih

Goa Lalay Pelabuhan Ratu adalah sebuah gua yang lokasinya dekat dengan banyak pantai. Hal ini memberikannya keuntungan tersendiri. Nama Lalay dari Goa Lalay Pelabuhan Ratu berasal dari bahasa Sunda yang artinya kelelawar. Nama ini disematkan pada Goa Lalay Pelabuhan Ratu ini karena goa ini merupakan salah satu goa yang sangat populer dengan banyaknya kelelawar yang tinggal di dalamnya. Jumlah dari kelelawar yang tinggal di dalam goa ini bahkan bisa sampai jutaan.

Baca Juga: Akses dan Harga Tiket Masuk Pantai Ujung Genteng Sukabumi Terbaru

Banyaknya jumlah kelelawar yang tinggal di Gua Lalay Pelabuhan Ratu ini merupakan salah satu hal yang menyebabkan goa ini menjadi gua yang sangat menarik. Bisa dikatakan bahwa wisata utama dari tempat wisata Goa Lalay Pelabuhan Ratu ini memang merupakan wisata untuk melihat aktivitas kelelawar tersebut.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi

Diperkirakan, kedalaman dari Goa Lalay Pelabuhan Ratu ini adalah sekitar 10 km hingga 15 km. Akan tetapi untuk penjelajahannya hanya diperbolehkan menjelajah sekitar 100 meter hingga 250 meter saja. hal ini salah satunya disebabkan karena bagian dalam goa yang tergenang dengan air. genangan air yang ada di dalam gua ini bahkan disebutkan bisa mencapai betis orang dewasa di bagian mulut gua. Konon katanya, air yang menggenangi Goa Lalay Pelabuhan Ratu ini merupakan air dari sumber mata air purba dan telah menghasilkan hiasan stalaktit dan stalagmit di dalam gua.

Foto Goa Lalay:

Lokasi dari Goa Lalay Pelabuhan Ratu

Untuk lokasinya, Goa Lalay Pelabuhan Ratu ini berlokasi di Jalan Pelita – Cipatuguran, Citarik, Pelabuhan Ratu, Citarik, Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Untuk anda yang penasaran dengan indahnya gua ini, anda bisa datang ke gua dari jam 08.00 hingga 17.00 setiap hari dari Senin hingga Minggu. Untuk masuk ke dalam gua ini anda bisa tidak perlu membayar biaya masuk hanya saja anda akan membayar biaya untuk parkir kendara jika anda menggunakan kendaraan pribadi.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Kuliner di Sukabumi Yang Wajib Kamu Coba

Transportasi ke Goa Lalay Pelabuhan Ratu

Jika anda datang ke Goa Lalay Pelabuhan Ratu ini anda bisa menggunakan 2 jalur transportasi yaitu jalur transportasi pribadi dan juga umum.

  • Kendaraan pribadi

Jika menggunakan alur transportasi pribadi. anda bisa memulai perjalanan dari Bogor lalu ke Ciawi, ke Cicurug, ke Parungkuda lalu ke Cikidang dan akhirnya ke Sukabumi. Sudah sampai ke Sukabumi, maka anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan ratu, Cisolok lalu ke daerah Bayah. Biasanya perjalanan dari ini akan memakan waktu 7 jam hingga 8 jam. Akan tetapi anda tidak perlu ragu karena dalam perjalanan anda akan ditemani dengan pemandangan gunung dan hutan yang sangat indah.

  • Kendaraan umum

Jika kendaraan umum anda gunakan, maka sebaiknya pilih kendaraan berupa kereta api. Kereta api bisa anda ambil dari kota mana saja asalkan tujuan utamanya adalah ke stasiun Bogor. Dari stasiun Bogor anda langsung menuju ke terminal Baranangsiang dengan angkot. Sampai ke terminal, maka anda bisa cari bus ke Pelabuhan Ratu. Sesampainya di pelabuhan ratu, maka anda bisa naik kendaraan ELF ke Goa Lalay Pelabuhan Ratu ini.

Aktivitas di Goa Lalay Pelabuhan Ratu

Selain melakukan telusur gua dan mengamati kehidupan dari kelelawar, kegiatan lain yang bisa dilakukan di Goa Lalay Pelabuhan Ratu ini adalah menikmati keindahan sunset di pantai pelabuhan ratu karena lokasinya memang tidak begitu jauh.

Pos terkait

Loading...