Wisata Caving Eksotis Alami Goa Kidang Kencana

  • Whatsapp
Goa Kidang Kencana
Foto:@ayunan_langit

Bagi pecinta wisata petualangan menantang, Goa Kidang Kencana bisa menjadi salah satu destinasi wisata. Goa dengan fenomena alam yang indah dan menegangkan ini patut dicoba.

Baca Juga: Liburan di Gunung Kidul, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Bacaan Lainnya

  • Lokasi Pertemuan Penggembala Dengan Rusa

Goa Kidang Kencana memiliki cerita unik. Sebuah kisah antara seorang penggembala dan rusa melatarbelakangi penamaan Goa Kidang kencana. Alkisah pada jaman dulu ada seorang petani bernama Bongsoriyo yang menanam aneka palawija. Selain itu, Bongsor Iyo juga memiliki hewan ternak berupa sapi dan kambing.

Baca Juga: Gua Pindul, Pesona Indahnya Menyusuri Sungai dalam Gua

Suatu ketika, Bongsoriyo sedang menggembalakan ternaknya dan beristirahat di dekat sebuah Goa. Tanpa sadar ia tertidur dan bermimpi hewan ternaknya semakin banyak. Namun, saat didekati hewan ternak tersebut ternyata adalah rusa dan  terlihat dalam mimpi rusa – rusa tersebut berlarian menuju Goa tempat ia tidur. Itulah asal muasal penamaan Goa Kidang Kencana.

Menurut cerita warga sekitar, hingga saat ini masih sering dijumpai dua ekor rusa yang masuk ke dalam Goa Kidang kencana.  Anehnya, rusa tersebut jumlahnya tetap sama dua ekor dan tidak berkurang atau bertambah sejak dulu. Beberapa orang percaya rusa tersebut adalah makhluk halus penghuni goa. Cerita yang melekat inilah yang menambah kesan menegangkan Goa Kidang Kencana.

  • Pesona Stalakmit dan Stalaktit Aktif

Terlepas dari berbagai kisah yang ada pada Goa ini, wisata alam yang satu ini memiliki pesona dan daya tarik sendiri. Pesona fenomena alam yang  ada pada Goa menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata favorit para pecinta petualangan.

Keindahan alam yang tetap dijaga keasliannya menjadi magnet penarik wisatawan. Masuk ke dalam mulut Goa Kidang Kencana, kita akan disuguhi pemandangan stalakmit dan stalaktit aktif. Suara kelelawar berterbangan juga menambah kesan alami dari Goa ini.

  • Suguhan Fenomena Alam Indah Nan Mempesona

Kita tidak akan hentinya dibuat takjub ketika masuk ke dalam Goa Kidang kencana. Pada dinding Goa yang sunyi dan gelap, kita akan melihat berbagai pemandangan indah yang terbentuk secara alami. Pada dinding Goa kita bisa melihat ornamen dan pahatan alami yang terbentuk dengan sendirinya.

Lebih jauh menyusuri perut bumi sepanjang 300 meter ini, kita akan melihat fenomena Ringin Kurung (batuan besar kapur yang membentuk pohon beringin). Kita juga dapat melihat Soko Bentet yaitu tiang Goa yang terbentuk dari stalakmit dan stalaktit yang akan membuat kita tak hentinya berdecak kagum. Ditambah beberapa bebatuan menyerupai Candi Sewu, Langit Kuntoro, Bungkus Angkrem, Pancoran, dan Bulus semakin membuat wisatawan enggan meninggalkan Goa dengan suasana sejuk lembab dan gelap ini.

Terus menyusuri lebih jauh kita akan melihat sungai bawah tanah yang tembus hingga ke Goa Kiskendo. Terdapat juga satu raung lapang dalam Goa untuk beristirahat sambil menikmati suasana yang alami. Gemericik air sungai serta kepakan sayap kelelawar akan menjadi pengiring langkah setiap wisatawan.

  • Harga Tiket Masuk Goa Kidang Kencana

Untuk dapat menikmati pesona alam Goa nan indah ini, kita hanya perlu merogoh kocek sebesar 25 ribu rupiah saja. Juga tersedia pemandu wisata yang akan mendampingi kita. Meski dikelola swadaya oleh masyarakat, namun pengelolaan Goa ini terbilang baik. Juga kealamian Goa ini masih terjaga dengan sangat baik.

Kita bisa juga menyewa helm, sepatu karet, senter dan headlamp untuk menyusuri goa ini. Kita wajib mengenakan peralatan tersebut untuk masuk ke dalam goa. Dasar Goa yang licin dan tidak rata cukup berbahaya sehingga sepatu karet merupakan alas kaki yang sesuai untuk masuk ke dalam Goa. Selain itu, kondisi goa yang lembab dan masih aktif mengharuskan setiap pengunjung menggunakan helm lengkap dengan headlamp serta membawa senter.

  • Akses Masuk Wajib Menggunakan Ojek

Goa Kidang Kencana letaknya berada di bawah Watu Jaran, Kulon Progo, Jogja.  Untuk bisa masuk ke lokasi kita harus menggunakan ojek yang dikelola oleh warga Desa Purwosari dengan tarif 15 ribu. Ini merupakan aturan wajib, tidak boleh menggunakan kendaraan pribadi menuju lokasi goa. Lalu, kita juga wajib menggunakan tour guide dengan tarif sukarela dan membayar parkir sebesar 2 ribu rupiah.

Pos terkait